Anak Sehat, Anak Cerdas di Kaki Gunung

328

“Kebersihan adalah sebagian dari iman” dan “Mens Sana In Corpore Sano”, adalah pesan yang ingin menyampaikan betapa pentingnya perilaku hidup sehat. Pesan pertama, jelas bahwa keimanan seseorang dapat terlihat dari sisi fisik berhubungan dengan kebersihan mereka. Pesan kedua, sering diartikan dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat. Kedua pesan ini menitikberatkan pada tujuan non-material atau bisa dikatakan sebagai bagian dari kerohanian dan intelektual. Pentingnya kesehatan merupakan titik awal untuk melaksanakan segala pekerjaan dengan harapan mencapai hasil yang optimal.

Pendidikan perilaku hidup sehat telah ditanamkan kepada anak sejak usia dini melalui PAUD. Walaupun demikian, dalam implementasi pembelajarannya masih terdapat tahapan yang hilang. Pembelajaran selama ini masih cenderung berorientasi pada aspek teoritis, hanya sekedar di balik buku. Anak didik mungkin mengetahui gambaran dari teori yang mereka terima, tetapi mayoritas dari mereka tidak pernah melaksanakan pola hidup sehat tersebut. Salah satu contoh perilaku hidup sehat dan bersih adalah kebiasaan mencuci tangan sebelum makan. Setiap siswa memahami ini, tetapi mereka tidak terbiasa sehingga kebiasaan ini hanya berhenti pada tataran text book.

Mahasiswa ITB Bandung penerima beastudi Etos Besastudi Indonesia Dompet Dhuafa memulai kembali kegiatan Sekolah Desa Produktif (SDP) di SDN Pasir Ipis Desa Jayagiri, Lembang dengan mengadakan program bertajuk “Anak Cerdas, Anak Sehat” pada tanggal 5 Mei 2012. Kegiatan ini bekerja sama dengan mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjajaran. Sasaran dari kegiatan ini adalah seluruh anak didik di SDN Pasir Ipis dari kelas I hingga kelas VI sebanyak hampir 130 siswa, walaupun waktu mendekati UN tetapi siswa kelas VI masih tetap semangat dan antusias yang tinggi.

Tujuan dilaksanakan program ini tidak lepas dari latar belakang susbtansial, dimana diharapkan mampu mengenalkan anak dengan budaya cuci tangan dan gosok gigi. Langkah awal ini memberikan pembelajaran riil implementasi pola hidup bersih. Melalui program ini anak diajarkan bagaimana cara menyikat gigi yang benar sehingga mendapatkan kebersihan yang maksimal. Begitu pula, praktek mencuci tangan dengan sabun memberikan pengetahuan anak seberapa penting menjaga kebersihan, terutama sebelum makan. Agenda kegiatan diawali dengan penjelasan mengenai tata cara menyikat gigi dengan benar dan pembagian sikat beserta pasta giginya. Gosok gigi dilakukan secara bersama seluruh siswa dengan dipandu Etoser dan mahasiswa FKG Unpad. Agenda ditutup dengan praktek cuci tangan bersama yang ditandai dengan cap tangan siswa.

Kegiatan alternatif sangat membangkitkan antusiasme siswa untuk beraktivitas di lingkungan sekolah sehingga menjadikan persepsi sekolah menjadi lebih menyenangkan. Hal ini tidak terlepas dari kondisi infrastruktur sekolah yang terbatas, begitu pula dengan keadaan sosial sekitarnya. SDN Pasir Ipis merupakan sekolah yang berada di lereng Gunung Tangkubanparahu, sekitar 20-30 menit berjalan kaki dari Pasar Lembang dengan keadaan jalan yang berbukit. Masyarakat sekitar memiliki keadaan sosial menengah ke bawah dengan mayoritas sebagai buruh tani. Kondisi sosial masyarakat dan sekolah ini berkaitan dalam proses pembelajaran siswa didik dalam menginternalisasi materi pendidikan di sekolah. Pola pembelajaran sekolah tidak cukup menanamkan nilai implementatif, sehingga diperlukan dukungan dari lingkungan keluarga dan masyarakat untuk menjaga adopsi pengetahuan secara efektif.

Hadirnya program SDP di SDN Pasir Ipis berusaha menjadi penyeimbang antara teori dan praktek bagi anak didik. Kegiatan alternatif menjadi salah satu instrumen guna memberikan pembelajaran praksis sehingga anak-anak nantinya akan memiliki budaya hidup bersih. Melalui pengalaman ini, siswa didik diajarkan cara menjaga kebersihan pribadi, memotivasi dan belajar dengan ceria.

 


***


Donasi Pendidikan
Mari bantu anak-anak Indonesia agar merdeka dari kemiskinan dan kebodohan melalui :

Yys Dompet Dhuafa Republika
Rekening BNI Syariah 2880 2880 13

Kantor:
Bumi Pengembangan Insani Jl. Raya Parung Bogor KM, 42 Ds. Jampang Kec. Kemang Kab. Bogor Jawa Barat 16310

Telp:
(0251) 8610817, 861818, 8612044
SHARE