BAKTI NUSA: Marching for Boundary

393

BAKTI NUSA Beastudi Indonesia kembali melaksanakan program pengembangan diri bagi para penerima manfaatnya. Mereka yang notabene merupakan aktivis di masing-masing kampus diikutsertakan dalam kegiatan magang yang bertajuk Marching for Boundary. Sesuai dengan namanya, magang kali ini cukup istimewa, karena mereka ditempatkan di daerah perbatasan dan pedalaman di Indonesia yang dimulai dari tanggal 23 November  hingga 15 Desember 2012.

Dalam melaksanakan kegiatan Bakti Nusa Marching for Boundary, Beastudi Indonesia bekerjasama dengan Makmal Pendidikan, yang merupakan jejaring divisi pendidikan Dompet Dhuafa yang mendampingi sekolah dasar di puluhan kota di Indonesia.  Sebelum diberangkatkan, Makmal Pendidikan dan Beastudi Indonesia  melakukan pembekalan selama tiga hari kepada para peserta tentang perencanaan program, implementasi, dan evaluasi, serta mendapatkan motivasi tentang semangat peduli dan kontribusi bagi masyarakat.

BAKTI NUSA Marching for Boundary adalahsalahsatu program pengembangan diri bagi penerima manfaat Beasiswa Aktivis Nusantara Dompet Dhuafa, yang secara spesifik diperuntukkan bagi penerima manfaat yang telah memasuki tahun kedua. Program Marching for Boundary menitik tekankan pada aspek literasi dan lingkungan. Pada titik tekan “literasi”, dihadirkan program Sekolah Cerdas Literasi yang mengedepankan pada kemampuan baca, tulis, bicara dan kecakapan berkomunikasi. Sedangkan titik tekan “lingkungan”, dihadirkan program Green School demi terciptanya model pendidikan yang ramah lingkungan.

Daerah yang disasar sebagai pilot project BAKTI NUSA Marching for Boundary antara lain Jayapura, Timika, KepulauanTalaut, dan Padang Panjang. Daerah-daerah tersebut merupakan wilayah yang secara langsung berbatasan dengan negeri seberang dan berada di pedalaman.

BAKTI NUSA Marching for Boundary kali ini diikuti oleh mahasiswa dari kampus UI, UGM, IPB dan STEI SEBI yang berjumlah tujuh orang. Adapun tujuan BAKTI NUSA Marching for Boundary adalah menghadirkan jiwa tanggung jawab, kepedulian dan kontributif bagi penerima manfaat Beasiswa Aktivis Nusantara Dompet Dhuafa yang notabene para aktivis atau pemimpin di kampus masing-masing.


***


Donasi Pendidikan
Mari bantu anak-anak Indonesia agar merdeka dari kemiskinan dan kebodohan melalui :

Yys Dompet Dhuafa Republika
Rekening BNI Syariah 2880 2880 13

Kantor:
Bumi Pengembangan Insani Jl. Raya Parung Bogor KM, 42 Ds. Jampang Kec. Kemang Kab. Bogor Jawa Barat 16310

Telp:
(0251) 8610817, 861818, 8612044
SHARE