Bangga Menjadi Indonesia, Terutama Menjadi Masyarakat Sumsel

0
877

Oleh: Erwin Pratama, BA 5 UNSRI.

Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam dan sumber daya manusia yang berlimpah ruah. Negeri yang makmur akan segala apa yang dimilikinya, dari berbagai sumber dan potensi masyarakatnya, penduduknya, kekayaan budayanya, keanekaragaman hayati dan rumpun bahasa yang begitu heterogen. Hal inilah yang menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara yang maju dan berkembang. Negara yang banyak dikunjungi masyarakat luar akan keindahan alam dan segala apa yang dimilikinya. Pegunungan yang banyak, laut yang luas, kemudian hutan serta alam yang masih terjaga, dan pertanian menjadi potensi lapangan kerja bagi masyarakat. Industri-industri banyak berkembang di negara ini bahkan masing-masing wilayah sudah mampu menunjukkan hasil sumber daya alam daerahnya masing-masing. Mulai dari yang paling utuh kekayaannya sampai yang beragam suku, ras dan budayanya.

Salah satu wilayah yang bisa dikatakan maju dan berkembang adalah Provinsi Sumatera Selatan. Sumatera Selatan merupakan provinsi yang kaya akan sumber daya alam dimulai dari bidang pertanian, perkebunan, batubara, maupun hasil minyak bumi yang ada. Kemudian terdiri dari kurang lebih 17 kabupaten/kota yang artinya beraneka ragam suku, adat dan budaya. Salah satu yang menjadi sorotan orang bahwa di Sumatera Selatan tepatnya di Palembang pernah berdiri Kerajaan Sriwijaya. Kerajaan Sriwijaya yang merupakan peradaban awal masyarakat SumSel hingga saat ini adat dan kebudayaannya masih lestari. Baik dalam segi perayaan hari raya, perkawinan dan rumpun bahasa yang digunakan.

Adat perkawinan Palembang adalah suatu pranata yang dilaksanakan berdasarkan budaya dan aturan Palembang. Melihat adat perkawinan Palembang, jelas terlihat bahwa busana dan ritual adatnya mewariskan keagungan serta kejayaan raja-raja dinasti Sriwijaya yang mengalaimi keemasan berpengaruh di Semananjung Melayu berabad silam. Pada zaman kesultanan Palembang berdiri sekitar  abad ke-16 lama berselang setelah runtuhnya dinasti Sriwijaya, dan pasca Kesultanan pada dasarnya perkawinan ditentukan oleh keluarga besar dengan pertimbangan bobot, bibit dan bebet. Pada masa sekarang ini perkawinan banyak ditentukan oleh kedua pasang calon mempelai pengantin itu sendiri.

Selain itu, Palembang memilki keanekaragaman budaya yang menarik. Provinsi yang beribu kota di Palembang ini banyak menyimpan khasanah seni dan budaya. Selain potensi wisatanya yang mempesona sebut saja Danau Ranau yang indah , Kota Pagaralam, Sungai Musi, Jembatan Ampera yang menjadi landmark kota Palembang serta Pulau Kemaro. Juga ada makanan khas yang sangat populer seperti pempek Palembang, pindang tulang, sambal jokjok yang nikmat, model, tekwan, pindang patin, berengkes dan tempoyak. Provinsi Sumatera Selatan juga memiliki kebudayaan yang menjadi ciri khas dari daerah Provinsi ini.

Kemudian, rumah tradisional yang berasal dari Sumsel ini memiliki atap yang berbentuk limas, sehingga rumah tradisional Sumatera Selatan ini di namakan dengan Rumah Limas. Dengan ciri khas lantai yang bertingkat tingkat dan bagi masyarakat Sumsel disebut dengan nama Bengkilas. Rumah tradisional Limas biasanya hanya dipergunakan untuk acara keluarga seperti hajatan. Tamu yang datang biasanya diterima di bagian teras atau lantai kedua.

Tidak kalah pentingnya ada seni Tari Tradisional Sumatera Selatan. Ada beberapa seni tari yang menjadi kekayaan seni dan budaya Sumatera Selatan diantaranya adalah Tari Madik (Nindai, Tari Mejeng Besuko, Tari Rodat Cempako, serta Tari Tenun Songket. Selain rumah tradisional dan tari seperti yang tersebut di atas, Provinsi Sumsel juga memiliki beberapa lagu daerah di antaranya adalah Cuk Mak Ilang, Dek Sangke, Gending Sriwijaya, dan Kabile-bile.

Inilah beberapa gambaran terkait seni, budaya, adat dan kultur masyarakat yang ada di Sumatera Selatan. Mudah-mudahan bisa menginspirasi kita semua sebagai negarawan muda yang nati akan merawat Indonesia dengan potensi yang kita miliki masing-masing saat ini.

Negarawan Muda !!!
Belajar Merawat Indonesia !!!
Hidup Mahsiswa !!
Hidup Rakyat Indonesia !!

SUMBERFoto: www.jayanjayan.com
BAGIKAN

LEAVE A REPLY