Beasiswa Bina Tunas Unggul

Program investasi sumber daya manusia yang berfokus pada pembinaan dan pendampingan karakter dan prestasi siswa atau mahasiswa yang berasal dari masyarakat marginal sebagai upaya membentuk SDM berkarakter, berprestasi, dan berdaya. Salah satu program BANTU yang sudah berjalan adalah Beasiswa Anak Tani (BAT) dan Program Beasiswa S1 India.

Beasiswa Anak Tani (BAT)

Beasiswa Anak Tani (BAT) adalah program pemberian beasiswa untuk anak petani kelas 3 SMA/ SMK/ MA dalam mendukung proses belajar mereka di tahun terakhir mereka di bangku sekolah sehingga diharapkan mereka bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Selain pembiayaan pendidikan, para penerima manfaat program yang dimulai sejak tahun 2014 ini juga memperoleh pembinaan dan pendampingan untuk mengakses Beasiswa Bidik Misi dan lolos seleksi masuk PTN.

Penerima manfaat program BAT pada tahun 2014 sebanyak 248 siswa dan total penerima manfaat program BAT hingga 2015 sebanyak 526 siswa yang tersebar di  9 provinsi, yaitu Gorontalo, Jawa Barat, Jawa Tengah, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, dan Sumatera Barat. Teknis penyaluran beasiswa dan pembinaan program BAT ini melibatkan mitra ataupun jejaring Dompet Dhuafa di wilayah. Pada tahun 2016 ditargetkan ada 474 penerima manfaat program beasiswa ini.

India S1 Scholarship Program

India S1 Scholarship Program (ISSP) atau Program Beasiswa S1 India adalah program investasi sumber daya manusia untuk mahasiswa dari masyarakat marjinal yang melanjutkan kuliahnya ke India sebagai wujud kepedulian dalam membentuk professional dan sebagai upaya pengembangan jaringan Dompet Dhuafa. India dipilih karena kemiripan sosio-kultur dengan Indonesia dengan kelebihan pada potensi kompetensi dan jaringan serta biaya pendidikan yang relatif murah. Selain pembinaan, para penerima manfaat program yang dimulai sejak tahun 2015 ini memperoleh biaya pendidikan, support aktivitas (uang saku), biaya sewa tempat tinggal dan uang buku.

Penerima manfaat Program Beasiswa S1 India pada tahun 2015 sebanyak 2 orang mahasiswa dan akan ditambah lagi 2 orang mahasiswa pada tahun 2016 sehingga total penerima manfaat mulai tahun 2016 adalah sebanyak 4 orang mahasiswa yang berkuliah di Aligarh University yang merupakan universitas favorit mahasiswa asal Indonesia yang melanjutkan kuliah di India dan masuk dalam daftar 10 universitas terbaik di India. Adapun lama program adalah 3 tahun dengan evaluasi dilakukan setiap tahun.