Beasiswa Kepakaran

Program investasi sumber daya manusia yang berfokus pada pembinaan, pendampingan dan pemberdayaan para calon pakar di bidang-bidang strategis untuk Indonesia berdaya. Saat ini, beberapa program beasiswa kepakaran eksisting antara lain  :

Program Beasiswa S2 Al Azhar

Program Beasiswa S2 Al Azhar merupakan program investasi sumber daya manusia dalam bentuk bantuan pendidikan, pendampingan, dan pemberdayaan mahasiswa pascasarjana Universitas Al-Azhar, Kairo – Mesir yang merupakan kerja sama antara Dompet Dhuafa dan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Mesir sebagai wujud kepedulian dalam membentuk kader da’i dan ulama yang berkarakter unggul, moderat, dan kontributif. Program beasiswa yang bersinergi dengan Corps Da’i Dompet Dhuafa (Cordofa) ini lahir karena tingginya kebutuhan da’i tanah air yang memiliki kepedulian dakwah di daerah marginal dan pedalaman. Asnaf zakatnya adalah fakir, miskin, dan fi sabilillah.

Program beasiswa S2 Al Azhar dimulai sejak akhir tahun 2013 dan saat ini sudah ada 2 angkatan dengan total penerima manfaat sebanyak 16 orang. Adapun jumlah penerima manfaat eksisting pada tahun 2015 sebanyak 14 orang. Penerima manfaat beasiswa ini diasramakan dan memperoleh pembinaan rutin termasuk pembinaan jarak jauh dengan tele conference. Para penerima manfaat juga mengadakan klinik akademik yang membantu masyarakat dalam pembelajaran bahasa sebagai proyek sosial mereka.

Program Beasiswa Dokter Spesialis

Program Beasiswa Dokter Spesialis merupakan program investasi sumber daya manusia Dokter Spesialis (Spesialisasi Penyakit Dalam, Anak, Obgyn, dan Bedah) dalam bentuk bantuan pembiayaan pendidikan, dukungan aktivitas, pembinaan dan pendampingan mahasiswa. Beastudi Indonesia bekerja sama dengan PROKAMI (Perhimpunan Profesi Muslim Indonesia) dan RS. Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa berupaya membentuk dokter spesialis yang memiliki karakter pro bono pubolico. Program beasiswa yang bersinergi dengan RS. Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa ini lahir karena tingginya kebutuhan akan dokter spesialis yang berpihak pada masyarakat marginal dan yang menjunjung tinggi nilai islam. Asnaf zakatnya adalah fi sabilillah.

Program Beasiswa Dokter Spesialis ini dimulai sejak tahun 2014 dengan 5 (lima) orang penerima manfaat dari Aceh, Sumatera Barat, DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Timur yang melanjutkan kuliah spesialis tertentu di Universitas Syahkuala, Universitas Indonesia, dan Universitas Brawijaya. Beastudi Indonesia fokus membina nilai-nilai dan keterampilan menulis sementara terkait pendampingan agama dan penajaman kompetensi dilakukan oleh pihak PROKAMI. Selepas program profesi, para penerima manfaat program beasiswa dokter spesialis ini terikat kontrak dengan RS. Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa.

Beastudi Ekonomi Syariah

Program Beastudi Ekonomi Syariah (BES) merupakan program investasi sumber daya manusia dalam bentuk pembinaan, support aktivitas, pendampingan, dan pemberdayaan mahasiswa S1 calon pakar ekonomi syariah yang merupakan kerja sama antara Dompet Dhuafa dengan STEI SEBI sebagai wujud kepedulian dalam membentuk calon pakar ekonomi syariah yang berkarakter unggul, berkompetensi global, dan kontributif. Program beasiswa yang bersinergi dengan STEI SEBI ini lahir karena tingginya kebutuhan akan pakar ekonomi syariah yang berakhlak baik, memiliki kompetensi spesifik, memiliki keterampilan public speaking dan menulis yang baik, serta memiliki kepedulian kepada masyarakat, umat Islam, bangsa dan negara. Asnaf zakatnya fi sabilillah.

Cikal bakal program Beastudi Ekonomi Syariah (BES) yang dimulai sejak tahun 2015 adalah program beasiswa Sumber Daya Manusia Ekonomi Syariah Pembangun Daerah (SDM Ekspad) yang digagas STEI SEBI. Sinergi program beasiswa SDM Ekspad dengan Beastudi Indonesia sudah dimulai sejak tahun 2012 dengan total penerima manfaat sebanyak 24 orang. Awalnya program ini masuk dalam ranah program beasiswa kemitraan sehingga inputnya pun relatif beragam. Setelah dilakukan evaluasi secara menyeluruh, program beasiswa ini dimasukkan dalam ranah beasiswa kepakaran pada tahun 2015 dan berganti nama menjadi Beastudi Ekonomi Syariah (BES) dengan penerima manfaat sebanyak 10 orang. Penerima manfaat beasiswa ini memperoleh support aktivitas, pembinaan kompetensi umum dan spesifik, serta menyelenggarakan program pemberdayaan masyarakat di sebuah desa binaan sebagai proyek sosial mereka.

Beastudi Kepemimpinan

Beasiswa Kepemimpinan merupakan investasi sumber daya manusia dalam mengembangkan kapasitas keilmuan & kepemimpinan para pegiat pembinaan sumber daya manusia strategis. Pengembangan kapasitas keilmuan dan kepemimpinan berupa dana dukungan S2 (bidang keilmuan yang dibutuhkan masyarakat), kepenulisan (mengisi rubrk media, publikasi jurnal ilmiah, menulis buku sesuai keilmuan), marketing tokoh (menjadi narasumber event), leadership laboratory (mengelola program Beastudi Etos di daerah), expertise & leadership coach, dan penugasan membaca dan resensi (12 buku diluar akademik per tahun).