Berbagi Keceriaan Di Posyandu Desa Penanggungan Bersama Etoser Malang

645

Oleh: Elok Puji, SPV Desa Produktif Malang.

Tahun baru 2016 adalah momen yang bagi sebagian orang merupakan saat yang pas untuk membuat resolusi selama 1 tahun ke depan, Targetan, harapan, dan doa berebut untuk mendapatkan tempat dalam daftar resolusi 2016 di buku agenda. Berbagai macam kegiatan bermanfaat yang akan dilakukan tersusun rapi dalam catatan. Seperti pada 5 Januari 2016, kami para penerima manfaat Beastudi Etos wilayah Malang mengadakan kerjasama agenda rutin Posyandu bersama ibu-ibu kader Posyandu di daerah Panjaitan, Desa Penanggungan, Malang. Posyandu rutin diadakan sebulan sekali setiap hari Selasa diawal bulan. Kegiatan Posyandu pun bermacam-macam, tidak hanya pelayanan kesehatan bagi para balita dan anak-anak namun juga pelayanan kesehatan bagi para lansia. Kami, para Etoser Malang memiliki kesempatan untuk turut berkontribusi di dalamnya, membantu ibu-ibu kader Posyandu menjalankan tugasnya.

Keceriaan terlihat di wajah para balita yang diantar ibu mereka untuk melakukan cek kesehatan di Posyandu. Cek kesehatan yang biasa dilakukan untuk para balita dan anak-anak adalah pengukuran berat badan, pengukuran tinggi badan, pemberian imunisasi atau vitamin sesuai kebutuhan dan usia, evaluasi kesehatan anak yang diberikan oleh kader Posyandu kepada para ibu. Etoser Malang mendapatkan kesempatan untuk membantu dalam hal pengukuran berat badan dan tinggi badan adik-adik. Berbagai ekspresi yang ditunjukkan oleh adik-adik pada proses menimbang menjadi momen menyenangkan yang kami rasakan. Ada yang berekspresi ketakutan untuk ditimbang dengan timbangan gantung, menangis menolak ditimbang hingga membuat kami pun bingung, kasihan tetapi juga harus tega mengukur berat badan mereka. Ada yang menunjukkan ekspresi senang karena akan ditimbang gantung, mungkin bagi mereka ini adalah mainan yang menyenangkan. Ah…. dunia anak-anak memang selalu unik dan menggemaskan. Tak jarang kami harus meladeni tingkah polah mereka yang berlari ke sana ke mari sehingga suasana kian meriah. Hal yang sangat ditunggu oleh para adik-adik ialah pada saat proses pengecekan kesehatan mereka telah usai, mereka sangat tahu jika sepulang dari Posyandu ada makanan enak seprti bubur sum-sum, bubur kacang hijau atau makanan lain yang akan mereka bawa.


Selain pelayanan kesehatan untuk para balita, para lansia pun juga tak luput dari program Posyandu hari ini. Pelayanan kesehatan yang biasa dilakukan oleh para lansia misalnya adalah cek kadar gula darah, konsultasi kesehatan dan lain-lain. Kegiatan Posyandu ini berlangsung dari pukul 08.30 hingga 10.30 WIB di Balai Desa Penanggungan. Hal menarik bagi kami pada hari ini adalah melihat salah satu adik yang diantarkan oleh ayahnya atau bapaknya untuk pergi ke Posyandu, yang notabene pada saat itu semuanya didominasi oleh para ibu. Disaat para ibu berhalangan hadir untuk menemani sang buah hati ke Posyandu, maka memang tidak ada salahnya jika ayah yang mengantar untuk kesehatan si kecil. Meski dengan kontribusi kecil yang kami lakukan untuk membantu di Posyandu ini, ada banyak sekali pemahaman baik yang kami dapatkan. Kami tersadar bahwasanya kesehatan itu hak untuk semua orang, tidak memandang apakah dari kalangan miskin maupun kaya.


Berkontribusilah sekecil apapun itu, selalu tebarkan kebaikan di mana pun kita berada, karena kami yakin, bahwasanya seorang muslim yang paling baik adalah yang paling bermanfaat untuk orang lain. Melalui desa produktif inilah langkah kecil kami untuk terus menjadi pribadi yang selalu bermanfaat bagi sekitar. Melalui kegiatan posyandu ini juga salah satu ikhtiar kami untuk turut menjamin kesehatan para generasi bangsa.

Salam Bermanfaat


***


Donasi Pendidikan
Mari bantu anak-anak Indonesia agar merdeka dari kemiskinan dan kebodohan melalui :

Yys Dompet Dhuafa Republika
Rekening BNI Syariah 2880 2880 13

Kantor:
Bumi Pengembangan Insani Jl. Raya Parung Bogor KM, 42 Ds. Jampang Kec. Kemang Kab. Bogor Jawa Barat 16310

Telp:
(0251) 8610817, 861818, 8612044
SHARE