Berbagi Kehangatan Keluarga Bersama Siswa Dhuafa

308

Ramadhan dan Idul Fitri memang telah berlalu, namun kesan dan pesan didalamnya tentu masih membekas didalam diri kita semua.  Namun boleh jadi, Idul Fitri yang menjadi hari  kemenangan dan kebahagiaan bagi setiap muslim diseluruh dunia tidak dirasakan oleh sebagian orang.  Termasuk diantaranya para siswa SMART Ekselensia Dompet Dhuafa.

Siswa SMART Ekselensia merupakan siswa yang berasal dari keluarga tidak mampu dari seluruh Indonesia yang bersekolah dan berasrama 5 tahun untuk menempuh  pendidikan tingkat  SMP dan SMA. Tentu,  ceria berlebaran dan tertawa riang bersama keluarga bagi mereka hanya impian. Hal ini, karena domisili  mereka yang jauh serta keterbatasan biaya, maka mereka  harus merayakannya dengan sederhana di sekolah.

Untuk mengobati dan menggembirakan mereka, SMART Ekselensia Dompet Dhuafa dan KFP (Komunitas Filantropi Pendidikan) Dompet Dhuafa mengadakan kegiatan HomeStay, yaitu siswa  dapat tinggal bersama Host Parents dan merayakan lebaran bersama-sama dengan keluarga host parents. Program kali ini merupakan program yang kelima sejak awal pelaksanaannya di tahun 2006.

Salah satu anggota KFP yang menjadi  host parents di Ramadhan dan Idul fitri kemarin adalah Ibu Budi Palupi. Ibu rumah tangga yang aktif sebagai Ketua Badan  Pengurus di  Yayasan Hulasko ini mengajak  dua orang siswa SMART Ekselensia untuk menikmati lebaran bersama keluarganya didaerah Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Siswa yang beruntung ini adalah Afdal Kurnia, siswa SMART asal Padang Pariaman dan Muhammad Azmy asal Bengkayang, Pontianak.

“Sungguh, suatu kegiatan yang menyenangkan, walaupun dalam waktu yang sangat terbatas, kami sekeluarga bisa bersama-sama dengan anak-anak cerdas, rajin, dan sholeh, seperti Afdal dan Azmy.” demikian penuturan dari ibu Budi Palupi.  Selama kurang lebih satu pekan Ibu Budi Palupi beserta keluarganya, melakukan berbagai kegiatan ramadhan dan juga menyambut, serta merayakan  Idul Fitri bersama Afdal dan Azmy.

Azmy, siswa kelas VIII SMART merasakan bagaimana indahnya program homestay ini. “Pengalaman HomeStay sangat enak dirumah bunda Budi Palupi, karena rumahnya besar, tanaman dan bunga-bunga yang indah. Saya lebih senang apabila saya disuruh menyiram tanaman yang begitu bagus, subur dan indah”. tuturnya polos. Selain itu, menurutnya di rumah Ibu Budi Palupi pun banyak hal yang didapat  “Saya banyak belajar hal-hal yang belum saya ketahui, seperti manajemen diri, manajemen waktu, kisah-kisah Rasul SAW, dan yang lain-lain”.

Tidak jauh beda dengan apa yang dirasakan oleh Azmy, Afdal pun merasakan hal yang sama “Selama HomeStay perasaan saya adalah gembira dan bahagia. Pokoknya selama HomeStay saya sangat gembira dan senang”. Dengan apa yang telah diterimanya ia pun tak lupa mengucapkan terima kasih kepada bunda Budi beserta keluarga, karena telah banyak mengajarkan berbagai ilmu, mengajak jalan-jalan, dan  telah memberi kami segala hal.

Melalui kegiatan Homestay ini, KFP Dompet Dhuafa berharap para siswa memperoleh pengalaman dan suasana baru yang dapat memperkaya wawasan mereka. Selain itupula, hal ini merupakan peluang bagi para dermawan atau filantropis untuk mengulurkan bantuan dan berbagi kasih sayang yang tidak hanya melalui pemberian materi kepada kaum dhuafa.

“ Selama menjalani HomeStay dirumah kami, saya membuat jadwal pembelajaran, yang saya sampaikan kepada mereka secara formal yang saya sajikan dengan laptop dan LCD (in-focus), termasuk tilawah Al-Qur’an bersama, dan yang non-formal melalui “pitutur” maupun perilaku kehidupan kami sekeluarga sehari-hari. Semoga anak-anak ini kelak bisa meraih cita-citanya.”Ungkap ibu Budi Palupi.(arya)


***


Donasi Pendidikan
Mari bantu anak-anak Indonesia agar merdeka dari kemiskinan dan kebodohan melalui :

Yys Dompet Dhuafa Republika
Rekening BNI Syariah 2880 2880 13

Kantor:
Bumi Pengembangan Insani Jl. Raya Parung Bogor KM, 42 Ds. Jampang Kec. Kemang Kab. Bogor Jawa Barat 16310

Telp:
(0251) 8610817, 861818, 8612044
SHARE