Berinovasi dalam Kesederhanaan

0
176

Oleh: Raymon Kurniawan

Penerima Manfaat Beastudi Etos Wilayah Padang, Teknik Industri Universitas Andalas 2014

Mahasiswa Teknik Industri Universitas Andalas (Unand) ciptakan alternatif  box multi fungsi untuk keefektifan penggunaan kosan mahasiswa.

Kosan mahasiswa memiliki ukuran yang relatif kecil serta menjadi tempat serbaguna bagi keberlangsungan hidup mahasiswa. Mulai dari tidur, belajar, menyetrika, bahkan memasak dan makan dilakukan dalam ruangan yang rata-rata berukuran 3×4 M tersebut. Mengingat ruangan yang terbatas seringkali mahasiswa melakukan aktivitas di lantai. Kondisi seperti ini dipandang dari segi kesehatan merupakan kondisi yang tidak ideal dan jika dilakukan dalam jangka waktu yang lama akan bisa menimbulkan kelainan pada tulang punggung, rilis web penyakit.id pada 2016, skoliosis merupakan gangguan tulang belakang yang sering terjadi pada usia remaja, namun kejadiannya seringkali tak disadari oleh si penderita. Selain memang sehari-hari beraktivitas sebagai mahasiswa, hal ini yang menjadi dasar dan melatarbelakangi produk Usefull Box ini dibuat, Raymon yang juga merupakan penerima manfaat Beastudi Etos Dompet Dhuafa.

Pengerjaan produk ini dikerjakan oleh Raymon Kurniawan selaku ketua kelompok, Mulya Habibitullah selaku desainer, Harpha Nanda, dan Intan Nuru Cika selaku tim perancangan dan administrasi. Pengerjaan produk ini dilakukan secara bertahap dan berlangsung mulai dari akhir Maret sampai awal Juli 2017.

Produk inovatif ini diberi nama USB (Usefull Box). Sebuah box yang memiliki fungsi utama sebagai meja belajar dengan beragam keunggulan diantaranya menggunakan konsep ergonomi, modular, multi fungsi, hemat tempat dan memiliki elemen keamanan tersembunyi yang dibutuhkan anak kos. Semua konsep tersebut diimplementasikan secara sederhana dalam desain dan pembuatan Usefull Box.

Usefull Box dirancang menggunakan metode QFD (Quality Function Development) yang terdiri dari pernyataan misi produk, customer voice, desain produk, uji coba, dan penetapan spesifikasi produk. Voice of customer didapatkan melalui wawancara langsung kepada mahasiswa yang tinggal di kos, kemudian dilakukan interpretasi data voice of customer untuk menjadi acuan dalam mendesain produk Usefull Box ini. konsep ergonomi pada usefull box yaitu dalam pembuatannya mengunakan data antrhropometri hasil penelitian 3 etnis terbesar di Indonesia yang diambil dari jurnal internasional tentang engineering ergonomi.

Meskipun demikian, produk ini akan dikembangkan lebih lanjut, guna memberikan inovasi tepat guna, sesuai dengan jargon jurusan teknik industri yaitu continuous improvement,  semoga hal ini menjadi penyemangat bagi sesama, bahwa berinovasi itu sederhana namun padat makna.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY