Development Economic Festival 2017 Universitas Teknologi Sumbawa NTB

0
403

Oleh: Muhammad Taufik

Segala puji syukur senantiasa kami panjatkan kepada Allah swt. yang telah memberikan nikmat tiada tara berupa kesehatan dan kesempatan sehingga kami selaku Pengurus Forum Resmi Mahasiswa Ekonomi Pembangunan ( FORMASI-EP) Fakultas Ekonomi dn Bisnis Universitas Teknologi  Sumbawa diberi kesempatan untuk melaksanakan program kerja kami,yaitu “Development Economic Festival 2017”. Acara ini terdiri dari seminar nasional,  Research Competition tingkat mahasiswa se-Indonesia dan field trip. Momentum Pelaksanaan UU No. 6/2014 memberikan dorongan yang lebih kuat terhadap Pembangunan Desa. Undang-undang ini dianggap membawa harapan baru untuk kesejahteraan masyarakat desa. Terpilihnya Pemerintahan yang baru juga memberikan power bagi UU tersebut melalui 9 (Sembilan) agenda prioritas yang dikenal sebagai NAWACITA, dimana salah satu agendanya adalah ; “Membangun Indonesia dari pinggiran dengan Memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan”.

Hal tersebut di atas merefleksikan diperlukan berbagai regulasi-regulasi dan instrumen kebijakan dari pemerintah yang lebih mendukung perekonomian pedesaan. Mengingat Indonesia merupakan negara agraris dan sektor pertanian umumnya berada di kawasan pedesaan, tentunya melalui penguatan ketahanan pangan dan sektor keuangan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat pedesaan memberikan fokus tersendiri dalam konsep NAWACITA tersebut. Development Economic Festival (DEF) 2017 adalah kegiatan naungan Forum Resmi Mahasiswa Ekonomi  Pembangunan (FORMASI EP) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Teknologi Sumbawa (UTS). Acara tahunan seperti ini akan terlaksana dan berkesinambungan pada tahun-tahun berikutnya.

dev1

Lomba Karya Tulis ilmiah ini terdiri dari lima tahap. Tahap Pertama adalah Process of Registration and Paper Gather, Tahap Kedua adalah Paper Selection, Tahap ketiga adalah Announcment Paper Selection, Tahap Keempat adalah Presence Confirrmation, hingga akhirnya sampai pada acara utama.

  1. Process of Registration and Paper Gather

Pada tahap pertama ini, peserta lomba mendaftarkan timnya dan mengirimkan full paper via email kepada panitia. Peserta sudah membayar uang pendaftaran sebesar Rp 50.000,00/ full paper, sebagai biaya registrasi awal untuk dapat melanjutkan ke tahap Paper Selection.

  1. Paper Selection

Peserta yang telah mendaftar dan mengirimkan papernya dengan benar akan diseleksi oleh perwakilan juri dan panitia. Di mana peserta yang lolos seleksi akan diundang ke Universitas Teknologi Sumbawa untuk mempresentasikan karya tulisnya dan mengikuti rangakaian kegiatan spektakuler lainnya yang kami adakan. Penseleksi berhak untuk tidak mempublikasikan skor yang diperoleh oleh setiap tim. Sedangkan hak cipta tetap dimiliki oleh peserta.

Development Economic Festival 2017 merupakan kegiatan yang bertujuan untuk memberikan sumbangsih pemikiran dan memperluas wawasan mahasiswa terhadap permasalahan ekonomi. Baik dalam ruang lingkup nasional maupun internasional terhadap strategi penguatan ketahanan pangan dan sektor keuangan dalam refleksi konsep “NAWACITA” serta memupuk semangat mahasiswa untuk menulis guna membuka cakrawala dan rangsangan ilmu pengetahuan khususnya dalam bidang ekonomi, pangan, dan keuangan. Upaya menggali isu-isu program pemerintah baik dari ketahanan pangan dan sektor  keuangan, FORMASI EP Universitas Teknologi Sumbawa berupaya menciptakan wadah-wadah kegiatan bagi generasi muda di Indonesia, serta menciptakan suatu formulasi yang efektif guna membangun penguatan ketahanan pangan dan sektor keuangan. Oleh karena itu FORMASI EP memulai beberapa langkah awal sebagai upaya progresif guna meningkatkan kualitas pendidikan dari lembaga-lembaga terkait yang dapat berkontribusi dalam mewujudkan tujuan tersebut di atas dengan menyelenggarakan rangkaian acara yang terdiri dari Lomba Karya Tulis Ilmiah se-Nusantara.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY