Dua Juz untuk Etoser

215

Diminta untuk menjadi juri Lomba Tahfizh bagi penerima beastudi ETOS adalah kesempatan terindah yang pernah kumiliki. Tidak terbayang sebelumnya jika ternyata ada program tahfizh yang harus diikuti oleh para penerima beastudi ETOS. Mereka diwajibkan hafal Al Quran minimal 2 juz selama dalam pembinaan 5 tahun.

Hari ini (Ahad,20/3/2016) seharian penuh menjadi juri lomba tahfizh 2 juz (juz 29 dan juz 30) yang diikuti oleh 20 peserta Etoser. Lomba tahfizh dilaksanakan secara online via Skype.

Di luar dugaan, peserta pertama bernama Randi Tuangke, dari Unpatti Ambon, ternyata memiliki nada tilawah a la Syaikh Musyari Rasyid Al Afasyi yang merdu. Bahkan kualitas tilawah Randi sangat baik. Saya sendiri sangat berminat agar bisa menjadi mentor tahfizh untuk Randi.

Berikutnya di urutan peserta ke-11 ada Etoser dari Fakultas Kedokteran Gigi USU Medan, Hisyam Ali Harahap, juga memiliki kualitas tilawah yang sangat baik dan hafalannya pun sangat lancar.

BERBAGI IDE:

Berdasarkan hasil test lomba tahfizh yang sudah dilaksanakan, mayoritas peserta lomba mahasiswa dan mahasiswi etoser memiliki kualitas tilawah yang baik. Ini merupakan modal utama dalam menghafal Al Quran. Saya sarankan agar Beastudi Etos lebih menyeriusi lagi program tahfizh, setidaknya setiap wilayah Etos bisa melahirkan 1 etoser yang hafal Al Quran. Saya sendiri siap membantu sepenuh hati dengan metode Quranuna. Insyaallah metode Quranuna sangat cocok untuk mahasiswa berprestasi dalam menghafal Al Quran. Sebab di dalam metode Quranuna ada 10 pendekatan, yang satu di antaranya menghafal dengan pendekatan angka-angka dan bahasa.

CONTOH QURANUNA PENDEKATAN ANGKA-ANGKA

Kita bisa mengetahui halaman awal juz, pertengahan dan akhir juz dengan sangat mudah. Bahkan setiap halaman dari Al-Quran.

Mengetahui Halaman Awal juz:

Kaidah:
Juz x 2, hasilnya dikurang 2, dan letakkan angka 2 di akhir.

Contoh:
Halaman Awal juz ke-15
15 x 2 = 30
30-2 = 28
Letakkan angka 2 dibelakang 28,
Jadi halamannya 282

Mengetahui Halaman Akhir Juz:

Kaidah:
Juz x 2, letakkan angka 1 di akhir hasilnya.

Contoh:
Halaman akhir juz 15:
15 x 2 = 30, letakkan angka 1 di akhirnya,
Jadi halamannya 301.

Selanjutnya bagaimana mengetahui halaman pertengahan dan bahkan setiap halamannya?
Jawabannya hanya ada di Quranuna 😀😀😀

By: Syahid Kelana Quranuna.

SHARE