Etoser Adakan Program Desa Produktif di Medan

153

Oleh: Fherdes Setiawan

Salah satu agenda monitoring dan evaluasi (monev) Beastudi Etos ialah kunjungan ke wilayah program Desa Produktif (Despro) dan diantaranya Desa Produktif Etos Medan.

Program Desa Produktif Etos Medan terletak di Desa Ndeskasti, Kecamatan Namentran, Kabupaten Tanah Karo Sumatera Utara, kurang lebih 6 km dari lokasi Gunung Sinabung. Lokasi Despro Etos Medan cukup jauh dari asrama Etos yakni sekitar 100 KM dengan lama perjalanan 2-3 jam. Setiap pekan, Etoser (penerima manfaat etos) bergantian mengisi kegiatan di Desa Ndeskati sesuai pembagian jadwal yang telah disepakati.

Masyarakat di Desa Ndeskati sebagian besar bekerja sebagai petani dengan tingkat pendidikan yang cukup rendah (sebagian besar hanya menyelesaikan pendidikan tingkat SD dan SMP). Demografi sosial antara muslim dan kristen memiliki perbandingan jumlah yang hampir sama. Minimnya ulama dan basis pendidikan Islam menyebabkan masyarakat muslim di sini mudah berpindah agama melalui “bantuan” ekonomi dari para misionaris.

Hal inilah yg menjadi latar belakang bagi para Etoser untuk mengadakan program Desa Produktif dengan fokus program pendikan agama bagi orang tua dan anak-anak.  Program-program desa produktif yang dilakukan diantaranya mengajar baca tulis Al-Quran, pendikan umum, kesenian dan minat bakat, Festival Ramadan, Festival Anak Soleh dan pengajian untuk para orangtua.

Semoga Etoser dan program Desa Produktif bisa terus membentang kebaikan di sini.

#Monevetos2016
#kunjungandespro
#Pemudakontributif

SHARE