Fast Track Edition

227

Sebagian orang pasti merasa asing ketika ditanya tentang “fast track”. Bahkan tidak jarang menyebutkan “fast track” identik dengan balapan liar. Anggapan orang ternyata salah, “fast track” adalah bentuk beasiswa  dari Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Beasiswa ini berupa pembiayaan BOP dan UP S2, terdiri dari BOP 2 semester di semester 7 dan 8 S1, UP program S2 dan BOP semester 1 dan 2 di S2. Di Universitas Indonesia, program “fast track” merupakan program untuk mahasiswa-mahasiswa brilian di Fakultas Teknik Universitas Indonesia, untuk melanjutkan ke pascasarjana dengan total durasi S1+S2 selama 5 tahun.

Adalah M.Misbahul Muzakki, Jurusan Teknik Industri Universitas Indonesia angkatan 2008, Alumni penerima manfaat Beastudi Etos Jakarta 2008. Status seorang anak yatim karena Bapak sudah meninggal sejak umur 6 tahun, membentuk karakter mandiri dan kerja keras. Ibunya harus berjuang dan bekerja keras sendirian untuk mencukupi kebutuhan keluarga sampai sekarang. Latar belakang inilah yang menjadikan sosok Zakki (panggilan akrab M. Misbahul Muzakki) mengejar mimpi, ia menjadi satu di antara 153 mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Indonesia yang mampu mendapatkan beasiswa “fast track” angkatan pertama. Dengan demikian, ia mampu menempuh progam percepatan pendidikan S1 dan S2 dalam waktu 5 tahun.

Beasiswa “fast track” bukan hanya pemberian dana untuk menempuh pendidikan S2, namun juga ada sebuah kewajiban bagi penerima beasiswa untuk mengabdi di SMA/SMK selama 4 jam dalam seminggu. Tujuan pengabdian ini untuk saling berbagi kepada sekolah-sekolah di sekitar Universitas Indonesia. Pengabdian ini bisa berupa mengajar mata pelajaran sesuai kurikulum di SMA, berbagi ilmu tentang keteknikan sesuai jurusan dari mahasiswa “fast track”, pelatihan softskill seperti kepemimpinan serta pelatihan problem solving. Dengan progam pengabdian ini diharapkan mahasiswa penerima “fast track” mempunyai kepekaan dengan masyarakat sekitar akan saling berbagi ilmu yang sudah didapatkan di dalam kampus (edi).


***


Donasi Pendidikan
Mari bantu anak-anak Indonesia agar merdeka dari kemiskinan dan kebodohan melalui :

Yys Dompet Dhuafa Republika
Rekening BNI Syariah 2880 2880 13

Kantor:
Bumi Pengembangan Insani Jl. Raya Parung Bogor KM, 42 Ds. Jampang Kec. Kemang Kab. Bogor Jawa Barat 16310

Telp:
(0251) 8610817, 861818, 8612044
SHARE