Festival Anak Tani 2016 dan Sosialisasi Beasiswa Aktivis Nusantara

746

Gerakan Cinta Anak Tani bersama Beasiswa Aktivis Nusantara menyelenggarakan kegiatan Festival Anak Tani dan Sosialisasi Beasiswa Aktivis Nusantara 2016. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari minggu tanggal 14 Februari 2016 di Auditorium Sumardi Sastrakusumah, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, IPB. Tema umum yang diangkat adalah mengenai “Tunas Emas Petani Muda Majukan Pertanian Indonesia”. Pembukaan acara diawali dengan penyampaian sambutan oleh Pembina GCAT sekaligus Manager Beasiswa Aktivis Nusantara IPB, Ach. Firman Wahyudi yang mengatakan bahwa GCAT hadir sebagai salah satu solusi untuk membantu advokasi anak-anak petani.

Acara ini juga turut mengundang Menteri Pertanian tahun 2004-2009, Anton Apriyantono dan petani sukses inspiratif, Wayan Supadno sebagai narasumber dalam sesi pertama.

“Tantangan bagi pertanian Indonesia adalah keberlangsungan kegiatan pertanian, produktivitas, efisiensi, nilai tambah, ketersediaan lahan serta teknologi pertanian” Ungkap Pak Anton.

Selanjutnya, sesi kedua diisi General Manager Divisi Pendidikan Dompet Dhuafa, Sri Nurhidayah, dua personel Band Padi, Fadly dan Rindra, dan Pemilik Al Bana Kelinci, Hafidz Ilman Albana.

“Beasiswa 1000 Anak Tani diperuntukkan bagi anak petani kelas 3 SMA/SMK dengan tujuan mendukung proses belajar ditahun terakhir dan diharapakan bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi” Ujar Ibu Sri Nurhidayah.

Beasiswa 1000 Anak Tani terinspirasi dari GCAT yang diresmikan pada tahun 2011. GCAT merupakan langkah kecil yang nyata yang dapat membantu anak-anak petani. Pada sesi kedua ini Fadly “Padi” juga mengungkapkan bahwa uang kertas itu tidak bisa dimakan, dinar juga tidak bisa dimakan, karena uang sebenarnya adalah kebutuhan pokok untuk makan setiap individu. Oleh karenanya, pertanian menjadi penting karena itulah uang yang sebenarnya.

“Kami, musisi juga punya tanggung jawab terhadap permasalahan negeri ini. Dari pada kami hanya sekedar mengumpulkan fans untuk menikmati karya kami, lebih baik kami membuat gerakan nyata bersama fans untuk bisa menjadikan negeri ini lebih baik.” Lanjut Fadly.

Selain itu, pada kegiatan ini juga menampilkan bakat dari anak-anak petani yang telah mendapatkan Beasiswa Anak Tani. Penampilan bakat berupa pidato bahasa arab, pidato bahasa jepang, dan penampilan drama.

Sesi ketiga yaitu kegiatan sosialisasi Beasiswa Aktivis Nusantara yang disampaikan oleh Manager pusat Beasiswa Aktivis Nusantara, Tri Dimas Arjuna mengenai penjelasan umum Beasiswa Aktivis Nusantara seperti kegiatan-kegiatan dan fasilitas yang didapatkan oleh penerima beasiswa. Kemudian juga ada penyampaian pengalaman dari beberapa penerima beasiswa Aktivis Nusantara. (fatma)

2 9 8 7 6 5 4 3

 


***


Donasi Pendidikan
Mari bantu anak-anak Indonesia agar merdeka dari kemiskinan dan kebodohan melalui :

Yys Dompet Dhuafa Republika
Rekening BNI Syariah 2880 2880 13

Kantor:
Bumi Pengembangan Insani Jl. Raya Parung Bogor KM, 42 Ds. Jampang Kec. Kemang Kab. Bogor Jawa Barat 16310

Telp:
(0251) 8610817, 861818, 8612044
SHARE