Festival Menyambut Ramadan (FMR) 2016

0
715

4 Juni 2016

Festival Menyambut Ramadan 2016 merupakan salah satu program kerja dari Desa Produktif (DesPro) Bogor 2016, khususnya Divisi Kurikulum. Tema dari FMR 2016 adalah ‘Ramadan Tiba, Semua Ceria’. Dilaksanakan pada 4 Juni 2016 di SDN Dukuh 2, Desa Galuga, Kabupaten Bogor. Festival Menyambut Ramadan ini selain menjadi ajang perayaaan juga diharapkan menjadi sarana penanaman nilai-nilai kemuliaan bulan Ramadan bagi siswa/i SDN Dukuh 2 Galuga. Rangkaian acara direncanakan terdiri dari senam, perlombaan bernuansa Ramadan, pemutaran video Ramadan serta diakhiri dengan pembagian hadiah yang diikuti oleh siswa-siswi SDN Dukuh 2. Adapun perlombaan yang digelar terdiri atas lomba menggambar, lomba mewarnai, lomba hafalan doa sehari-hari, lomba adzan, lomba hafalan surat pendek, lomba hafalan bacaan solat, serta lomba ranking 1. Lomba menggambar dan lomba mewarnai dikhususkan untuk kelas 1 dan 2, sedangkan lomba hafalan doa sehari-hari, lomba hafalan surat pendek dan lomba adzan hanya dikhususkan untuk kelas 3 dan 4, sedangkan lomba hafalan bacaan sholat dan lomba ranking 1 hanya dikhususkan untuk peserta dari kelas 5 dan 6. Pelaksanaan lomba-lomba dilaksanakan di dalam ruang kelas.

Festival Menyambut Ramadan 2016 direncanakan akan diawali dengan pembukaan oleh MC, tilawah dan senam bersama pada pukul 09.00-09.30. Kemudian dilanjutkan berbagai perlombaan di tempat-tempat yang telah ditentukan secara serentak. Tetapi karena keterlambatan kedatangan panitia di lokasi, kegiatan senam ditiadakan sehingga setelah sesi pembukaan selesai acara  langsung dilanjutkan dengan pelaksanaan lomba. siswa/i sangat antusias mengikuti berbagai perlombaan, walaupun setiap siswa/i maksimal hanya bisa mengikuti 2 perlombaan saja.

Perlombaan berakhir pada pukul 10.45. Siswa/i dikumpulkan kembali di halaman sekolah untuk menyaksikan video dongeng. Sambil menyaksikan dongeng, peserta juga diberikan makanan ringan berupa jajanan pasar dan jeli. Selagi para peserta menyaksikan dongeng, para juri bertugas menentukan pemenang dari setiap lomba. Sekitar pukul 11.00 pemenang lomba diumumkan oleh MC, Pemenang lomba hafalan bacaan solat adalah diraih oleh Saeful (Juara 1), Sahrul (Juara 2) dan Salwa (Juara 3). Pemenang lomba menggambar diraih oleh Reza (Juara 1), Rival (Juara 2) dan Anis (Juara 3). Pemenang lomba mewarnai diraih oleh Lala (Juara 1), Salma (Juara 2) dan Hilda (Juara 3). Pemenang lomba doa sehari-hari diraih oleh Risma (Juara 1), Indah (Juara 2) dan Ucum (Juara 3). Pemenang lomba ranking 1 diraih oleh Yusuf (Juara 1), Pebri (Juara 2) dan Dede (Juara 3). Pemenang lomba adzan adalah juara 1 diraih oleh Sahrul (Juara 1), Dika (Juara 2) dan Hendra (Juara 3). Pemenang lomba hafalan surat pendek diraih oleh Jenar (Juara 1), Rima (Juara 2) dan Bintang (Juara 3). Rangkaian kegiatan diakhiri dengan foto bersama antara panitia FMR 2016 dan seluruh siswa/I SDN Dukuh 2.

fmr1

fmr2

 

BAGIKAN

LEAVE A REPLY