Future Leader Camp

670

flcbaligho

Future Leader Camp merupakan wahana inkubasi bagi kaum pemimpin muda. Sebuah sinergisitas yang mempertemukan dan menyatukan kekuatan perubahan dari para pemuda. Future Leader Camp berupaya memberikan ruang kepada pemuda Indonesia untuk berkontribusi dan membentuk kekuatan perubahan dari para pemuda.

Future leader camp terdiri dari 13 rangkaian acara, di antaranya:

1. Orientasi
Kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai dalam acara FLC sebelum memulai kegiatan. Kegiatan ini akan diisi oleh Bambang Suherman (Deputi Direktur Dompet Dhuafa) dan Sri Nurhidayah (General Manager Divisi Pendidikan Dompet Dhuafa)

2. Bandung dalam Syair
Mengenal Bandung melalui syair menjadi langkah awal untuk memahami local wisdom dalam masyarakat. Kegiatan ini akan diisi oleh Abah Iwan, seorang seniman asal Bandung.

3. Opening Ceremony
Kegiatan ini berupa penyambutan dan prosesi sebelum rangkaian acara dimulai yang akan diisi oleh Ahmad Juwaini selaku Presiden Direktur Dompet Dhuafa dan juga Ahmad Heryawan sebagai Gubernur Jawa Barat.

4. Seminar Negarawan Muda
Seminar Negarawan Muda merupakan salah satu rangkaian FLC yang disuguhkan untuk para pemuda generasi penggerak perubahan dalam upaya mengumpulkan semangat kolektif yang tercipta untuk memecahkan permasalahan bangsa. Kegiatan ini akan diisi oleh 4 tokoh negarawan daerah dan juga 4 orang pemuda inspiratif dengan berbagai gebrakan yang telah diciptakannya.

5. Leadership Class
Untuk melakukan perubahan, tentunya dibutuhkan keahlian yang beragam. Sesi ini bertujuan untuk memberikan perspektif baru dalam membuat inovasi dalam berbagai bidang. Sesi ini akan diisi oleh Rina Fatimah (Direktur YPDD), Purwa Udiutomo (GM Beastudi Indonesia DD), Agung Pardini (Direktur SGI), Sunaryo Adhiatmoko (Journalist and humanitarian activity), dan Mursida Rambe (Penggagas Baitul Maal Wet Tamwil Beringharjo).

6. City Sight Seeing
Sesi ini mengajak peserta mengenal Bandung lebih dekat dengan menggunakan Bandung Tour on Bus (Bandros) bersama Pemkot Bandung).

7. Satu Jam Lebih Dekat
Dalam sesi ini, peserta akan diajak makan malam serta mendapatkan pembelajaran mengenai cara mengelola masa muda, yang akan diisi oleh Ahmad Heryawan dan Netty Heryawan.

8. Mozaik
Kegiatan ini akan mengasah daya inovasi peserta melalui pembekalan desing thinking, kunjungan pada beberapa lokasi inovasi di Bandung dan diakhiri oleh studi kasus yang harus dipecahkan bersama Dwi Purnomo (akademisi dan socio-entrepreneur)

9. Young Vision
Membuat visi merupakan bagian yang fundamental bagi setiap individu. Sesi ini fokus pada pengarahan untuk membangun visi yang terukur dan dapat direalisasikan. Sesi ini akan diisi oleh Erie Sudewo (Character Building Indonesia) dan Zaim Uchrowi (Kultura Leadership)

10. Activist Table
Hasil dari pembelajaran akan diterjemahkan ke dalam pergerakan sosial yang akan diimplementasikan di beberapa tujuan daerah di Indonesia

11. Youth and Crisis
Pemuda tentunya haruslah berani mengambil risiko. Hal ini akan didapatkan pula dalam rangkaian bedah film bersama Ahmad Fuadi

12. Design Action
Permasalahan yang muncul di lapangan dan di atas kertas sering kali terdapat gap sehingga banyak solusi yang tidak dapat diterapkan di lapangan. Kegiatan ini mengajak peserta langsung berhadapan dengan permasalahan dan didorong memunculkan solusi terhadap masalah yang dihadapi. Kegiatan ini dilakukan secara berkelompok dan akan dimentori oleh tim Bandung Creative City Forum

14. Closing
Penutupan kegiatan FLC akan diisi dengan presentasi solusi pada kegiatan Design Action, pembacaan hasil forum, serta malam budaya yang dilakukaj di Saung Angklung Udjo.

SHARE