GEOMED 2016 “The 4th International Geography Symposium”

324

Kami mahasiswa dan mahasiswi S1 FMIPA UI  jurusan geografi angkatan 2013 dan 2014 yang terdiri dari M. Iqbal Januadi Putra, Rahmawati, dan Wahyu widi Astuti telah mengikuti conference di Kemer, Antalya Turki  pada 23-26 May dengan nama kegiatannya adalah GEOMED 2016 “The 4th International Geography Symposium”. kegiatan ini berlangsung selama 4 hari dengan dihadiri oleh sekitar 200 peserta dari lebi dari  30  negara meliputi Indonesia, Malaysia, Jepang, Malaysia, Al-Jazair, Azerbajian, Georgia, Israel, Libanon, Mesir,  Turki dan Lain Sebagainya.

Kegiatan ini di motori oleh Mehmet Akif University dan dihadiri oleh beberapa pembicara atau tamu-tamu khusus untuk memberikan keynote Speech dan materi seputar perkembangan geografi. Mereka adalah Prof. Dr. Abd Alla Gad selaku Otoritas nasional untuk penginderaan jauh dan ilmu ruang angkasa, Mesir. Beliau menyampaikan tentang penginderaan jauh dan GIS dalam pengelolaan sumber daya lahan untuk pembangunan berkelanjutan. Selanjutnya adalah penyampaian materi oleh Prof. Dr. Ibrahim Atalay dari Memmet Akif University Turki, beliau menyampaikan tentang  habitat dari wilayah Mediterania di Turki,  Dan terakhir adalah pemaparan maeri  Prof. Dr. Gulnara Nyussupova dari Al-Farabi Kazakh National University, Khazakhstan tentang pendekatan geografi dalam  Menilai kualitas hidup di republik Kazakhstan.

_20160626_082431

Hari pertama pada Senin, 23 Mei 2016.acara dimulai pukul 08.00 AM waktu Turki, peserta berkumpul di Rose Hotel untuk melakukan check in dan registrasi peserta. Kemudian kami masuk bersama seluruh peseta Geomed 2016 dan menyaksikan pembukaan acara, selanjutnya adalah Welome Coctail  untuk berkumpul dan saling mengenal di Indonsia kita mengenalnya dengan istilah Ramah tamah.  Seteh itu, kami di persilahkan masuk ruang auditoriun Rose Hotel kembali untuk mendengarkan pemaparan materi oleh berbagai pembicara terkemuka di bidang geografi seperti yang telah di paparkan di atas. Kemudian dilanjutkan dengan sesi Istirahat dan makan siang.

_20160626_082458

Setelah sesi makan siang, sesi selanjutnya adalah Oral Presentations. Pada sesi ini, seluruh peserta Oral Presentations dibagi menjadi beberapa ruangan dan beberapa tim presentasi sesuai dengan tema yang di bawakan. Dari jadwal yang telah di buat oleh panitian Geomed 2016, M. Iqbal Januadi selaku perwakilan dari tim kami mendapat jadwal pesentasi di Hari kedua, yaitu hari selasa, 24 Mei 2016  di sesi ke-29 dan diketuai oleh  Brigtta Toth. Karena jawal presentasi kami adalah besk, maka pada hari pertama ini kami menonton presentasi oleh perserta lain dari berbagai negara untuk kami pelajari dan sebagai bahan pembelajaran untuk persiapan prsentasi besok.

Hari kedua yaitu pada selasa, 24 Mei 2016. Adalah jadwal presentasi perwakilan tim kami, yaitu M.Iqbal Januadi Putera. Sesi 29 di mulai pukul 12.00 dengan ketua diskusinya adalah Brigtta Toth. Saat iqbal presentasi, kami memagi tugas dengan mendokumenasikan proses presentasi tersebut. Pada kesempatan ini, M.Iqbal Januadi mempresentasikan hasil penelitian kami yang berjudul “The Suitability of Upwellingward an Blooming Algae to Biofuel Develpment in Southern Makassar Strait Indonesia”

_20160626_082826

Hari  ketiga dan hari ke empat pada Rabu dan Kamis 25-26 Mei 2016 adalah sesi poster presentation dan sesi Field Trip. Karena kami adalah oral presntation dan tidak mengambil field trip, maka kami mengikuti kegiatan ini hingga hari kedua.

_20160626_082846

SHARE