Guru yang Sering Bercermin

0
530

Oleh: Aang Hermawan, Staf Sekolah Literasi Indonesia

Aktivitas yang sering kita lakukan sebelum keluar rumah adalah bercermin. Ketika ada acara di luar dan dihadiri oleh banyak orang kita sering berulang kali melakukan kegiatan ini. Bukan hanya perempuan yang melakukan tapi juga laki-laki. Kita bercermin untuk melihat kerapihan, kecocokan dan keelokan.

Cermin adalah alat untuk melihat hal baik bahkan yang buruk yang ada di dalam diri seseorang. Dengan bercermin kita bisa lebih baik, lebih bagus bahkan lebih menarik. Bercermin menjadi hal rutinitas yang sering kita lakukan. Semakin sering bercermin maka kita pun akan merasa lebih puas dan lebih baik daripada sebelumnya.

Kalau diibaratkan ke dalam dunia pendidikan cermin ini sering kita temukan di sekolah-sekolah. Seorang guru yang baik, pasti suka bercermin. Bercermin bisa diartikan sebagai cara untuk melihat hal yang kurang dalam diri kita. Guru yang sering bercermin berarti dia sering melihat apa kekurangannya dalam mengajar, dan setelah bercermin dia melakukan perbaikan agar tampilan atau pengajarannya lebih baik lagi.

Apa sih cermin yang sering digunakan oleh guru-guru yang baik itu ?

Cermin yang baik untuk guru adalah ā€œs u p e r v i s iā€. Ketika guru mau disupervisi maka guru mau melakukan perubahan yang baik ke depannya. Supervisi bukan hal yang menakutkan tapi dengan supervisi guru bisa lebih baik lagi. Semakin sering di supervisi maka guru tersebut akan semakin baik lagi.

Guru ialah seorang panutan yang akan selalu dikenang muridnya, temannya, juga masyarakat sekitar. Guru juga bisa dikatakan sebagai cerminan dunia pendidikan. Banyak guru yang baik maka pendidikannya pun bisa dikatakan baik.

Jangan pernah malu jadi guru, jangan pernah berkecil hati ketika menjadi seorang guru.

Sumber kehidupan, sumber kesuksesan, sumber kemakmuran itu semua berasal dari seorang guru.

Banggalah jadi guru.

Bahagaialah jadi guru.

Hidup guru indonesia!

BAGIKAN

LEAVE A REPLY