Hidup Penuh Inovasi

228

Oleh: Akbar, Pendamping Etos Aceh

Pernah ditertawakan saat pencetus air mineral kemasan dibuat, untuk apa air minum dikemas dalam botol kan bisa masak sendiri, namun ternyata saat ini guyonan itu berubah menjadi fakta bahwa hampir disetiap aktivitas kehidupan, kita butuh air mineral kemasan. Ide sederhana inj bahkan menghasilkan keuntungan triliunan.

Begitu juga dengan apa yang dilakukan seorang buruh pabrik yang berinovasi dengan mengubah fungsi web. Dulu web hanya digunakan sebagai portal berita, sekarang berubah menjadi lapak berdagang daring dan menjadi fasilitas perantara antara penjual dan pembeli sehingga semua keperluan barang dan jasa tersedia tanpa harus menyewa tempat, membayar gaji karyawan dan biaya lainnya. Ide sederhana ini mengantarkan pemilik alibaba.com menjadi miliarder dunia.

Apa sebenarnya yang mereka lakukan ?

Inovasi. Inovasi selangkah lebih maju dari kreasi karena inovasi bukan hanya menambah sudut baru tapi lebih dari itu, orang-orang yang memiliki kemampuan inovasi mampu membuat sesuatu yang baru dan belum pernah ada dan sangat dibutuhkan berdasarkan perkembangan zaman sehingga seorang inovator mampu menerawang segala sesuatu yang belum pernah ada dan sangat dibutuhkan.

Banyaknya sarjana pada abad ini menuntut kita harus mempu berinovasi sehingga kita tidak tergerus oleh kerasnya kompetisi dunia bahkan lebih dari itu sang inovator juga bisa membuka pekerjaan untuk orang lain.

Selamat berinovasi dalam kehidupan ini.


***


Donasi Pendidikan
Mari bantu anak-anak Indonesia agar merdeka dari kemiskinan dan kebodohan melalui :

Yys Dompet Dhuafa Republika
Rekening BNI Syariah 2880 2880 13

Kantor:
Bumi Pengembangan Insani Jl. Raya Parung Bogor KM, 42 Ds. Jampang Kec. Kemang Kab. Bogor Jawa Barat 16310

Telp:
(0251) 8610817, 861818, 8612044
SHARE