Idul Adha ala Keluarga Mahasiswa Etos Jogja (KMEJA)

2580

jogja3

Oleh: Ahmad Zaini Pratama (Zain)
Teknologi Informasi 2016 UGM. Etoser 2016 ‘EN16MA’

Jogjakarta- Minggu  11 September 2016 Keluarga Mahasiswa Etos Jogja (KMEJA) kembali hadir di tengah-tengah masyarakat Popongan Baru dalam serangkaian perlombaan untuk memeringati Hari Raya Idul Adha 1437 Hijiah. Kegiatan yang bertemakan “Pacu Prestasi dan Takbir Keliling TPA Al-Amin Idul Adha 1437 H” ini  bertujuan mengasah perkembangan kemampuan, pengetahuan, dan kreativitas adik-adik TPA Al-Amin ini, juga sebagai sarana silaturahmi antara keluarga mahasiswa Etos Jogja dengan orangtua dari adik-adik binaan TPA Al-Amin dan dengan pemuda-pemudi Popongan Baru.

Perlombaan yang diketuai Andika Prima Shandi dari Prodi Teknik Fisika  2015 UGM ini dimulai setelah Shalat Dzuhur di Masjid  Al-Amin  dengan kegiatan lomba mewarnai dan kaligrafi yang diadakan secara bersamaan sampai pukul 13.30 WIB. Acara dilanjutkan dengan lomba adzan, hafalan surah pendek serta do’a sehari-hari, dan dilanjutkan dengan perlombaan cerita Islami tentang kisah nabi dan rasul sampai menjelang waktu  Ashar. Anak-anak sangat antusias dan memiliki kreativitas tinggi untuk anak seusia mereka.

Kegiatan dilanjutkan ba’da Ashar dengan lomba cerdas cermat agama dalam tiga tahapan yaitu babak penyisihan, kemudian masuk ke babak semi final, dan tiga kelompok terbaik melanjutkan perlombaan sampai final lomba cerdas cermat agama. Kegiatan ini berlangsung sampai pukul 17.00 WIB. Acara diakhiri dengan pengumuman pemenang dan pembagian kelompok untuk untuk ikut takbiran yang telah ditentukan oleh panitia dengan  porsi sama setiap kelompok.

jogja2
Ketika penat terasa dan peluh bercucuran, akhirnya waktu untuk berbuka puasa Arafah tiba, beberapa Etoser putra mengadakan buka bersama di Asrama Monjali tercinta. Walau badan terasa lelah, namun semua panitia tetap melanjutkan kegiatan perlombaan ini hingga semua kepenatan terbayar dengan senyuman bahagia seluruh warga dan anak-anak TPA Al-Amin saat acara puncak yang dilaksanakan setelah Isya. Ini merupakan  momen yang sulit untuk dilupakan, momen di mana rasa kekeluargaan itu terjalin erat.

Malam itu bumi Popongan Baru digoncang dengan suara takbir yang menggetarkan hati-hati setiap muslim yang mendengarnya. Setelah selesai takbir keliling Popongan Baru, kami langsung merapikan adik-adik dan mengajak mereka bermain serta mengulas kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini. Semuanya berseru, SERU dan menggembirakan. Kemudian acara pembagian hadiah pun tiba,adik-adik TPA Al-Amin tampak antusias dan bahagia. Setelah selesai acara ditutup dan panitia memohon maaf kepada adik-adik serta seluruh warga Popongan Baru. Kegiatan ini diakhiri oleh berjabat tangan antar peserta lomba kepada panitia perlombaan dalam kegiatan ini.

Alhamdulillah acara ini selesai tepat pada waktu yang telah disusun oleh panitia. Walau terasa begitu melelahkan, kami segenap panitia tetap melanjutkan membersihkan sisa-sisa makanan yang telah dibagikan kepada adik-adik peserta lomba di Masjid Al-Amin Popongan Baru ini. Setelah selesai membersihkan sisa-sisa makanan dari kegiatan perlombaan ini, kami, segenap panitia kegiatan lomba ini mengadakan perkumpulan sejenak sebagai evaluasi dan istirahat untuk melepas rasa letih ini. Lega rasanya, karena tetesan keringat yang keluar saat acara lunas terbayar dengan segenap senyuman warga Popongan Baru yang antusias dalam mengikuti kegiatan ini. Pelajaran yang didapat pada kegiatan ini adalah ukhuwah yang terjalin antar sesame terasa mengikat kuat ketika kita menyebarkan senyuman dan kebahagiaan kepada sesama muslim di dunia ini.

jogja1


***


Donasi Pendidikan
Mari bantu anak-anak Indonesia agar merdeka dari kemiskinan dan kebodohan melalui :

Yys Dompet Dhuafa Republika
Rekening BNI Syariah 2880 2880 13

Kantor:
Bumi Pengembangan Insani Jl. Raya Parung Bogor KM, 42 Ds. Jampang Kec. Kemang Kab. Bogor Jawa Barat 16310

Telp:
(0251) 8610817, 861818, 8612044
SHARE