IEIC Makasar

54

Indonesia Energy Innovation Challenge (IEIC) merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh HMM FT-UH dan telah memasuki tahun ke-4. Tahun ini IEIC 2017 mengangkat tema “Great Innovation for Indonesia Future” dan fokus pada inovasi teknologi energi terbarukan tentunyaa dengan luaran yang  dapat menghasilkan energi baru dan dapat digunakan secara langsung oleh masyarakat dari energi-energi dasar yang ada di indonesia. Kegiatan ini memiliki beberapa tujuan, yaitu:

  1. Mengembangkan potensi generasi muda dalam bidang teknologi inovasi energi agar mampu memberikan solusi alternatif mengenai masalah ketersediaan energi saat ini.
  2. Mewadahi kreativitas mahasiswa Indonesia untuk menciptakan karya atau menyalurkan ide yang dapat mengatasi ketergantungan pada energi fosil.
  3. Mempererat hubungan kerjasama antar Universitas se-Indonesia untuk menegembangkan energi lebih lanjut demi Indonesia yang lebih.

Dalam acara ini tedapat 15 Tim yang lolos salah satu tim tersebut adalah tim kami yang bernggotakan saya Inessa Putri Ayu Permata etoser 2014 dan juga M. Sony setiawan etoser 2014 dari Universitas Brawijaya Malang. Namun karena sebuah alasan teman saya M.Sony setiawan tidak dapat ikut ke makasar sehingga saya mengganti anggota tim yang lain.

Dalam acara ini tim yang lolos sangat luar biasa dalam mempresentasikan ide nya. Prototype yang begitu menunjang salah satunya. Acara ini dimulai dengan seminar Nasional dimana pemateri mengahdirkan dari kalangan Pengusahan di bawah BUMN yaitu PLN ,Dirjen ESDM dan dari pengusaha swasta. Dimana pada seminar ini semua pihak saling beragumen sesuai dengan bidangnya masing masing,terjadi adu pendapat yang cukup mengasyikan disana. Dimana ketidak setujuan PLN jika proyek proyek diserahkan pada swasta. Namun dengan adanya dialog ini membuat kami lebih terbuka terhadap masalah baru.

Pada hari ke 2 yaitu mulai sesi presentasi, semua yang dipresentasikan sangat memukau juri. Banyak banyak ide cemerlang yang dapat digali lebih jauh. Tim kami mendapatkan giliran terkahir yaitu pada hari berikutnya.Dalam tim saya mengakat tema terkait zero waste di perteenakan. Dimana limbah cair pada peternakan dapat dimanfaatkan menjadi listrik dengan bantuan mikroorganisme. Dengan cara yang cukup sederhana, rangkaian ini dapat menghasilkan listrik sebesar 12 Vollt pada hari pertama.

Selanjutnya selesai acara presentasi yang diakhiri dengan presentasi kami. Para finalis field trip bersama para panitia. Panitia cukup bagus dalam bekerja, untuk ukuran mahasiswa acara ini cukup mengcover ssemua dengan baik. Dalam acara ini pula kembali lagi saya dipertemukan oleh etoser 2014 wilayah Semarang. Hamper dalam setiap lomba yang saya ikuti selalu bertemu dengan etoser.

Malam harinya adalah acara puncak, dimana penutupan dilakukan di sebuah Hotel mewah di Makasar. Acara demi acara berlangsung dengan lancar.hingga tiba waktunya mengumuman pemenang. Kami belum cukup beruntung untuk memenangkan acara ini tapi saya sangat bersyukur karena masih diberi kesempatan untuk mengikuti acara ini. Dan yang menjadi juara pertama adalah saudara saya sendiri dari Etos Semarang 2014. Tentu saja ini sangat membanggakan bagi saya. Karena dimana pun berada etos selalu dapat menjadi juara. Saya merasa sangat bersyukur berada diantara orang orang yang luar biasa dengan dorongan tak hanya akademisi tetapi juga pretasi dan spriritual yang kuat.

 


***


Donasi Pendidikan
Mari bantu anak-anak Indonesia agar merdeka dari kemiskinan dan kebodohan melalui :

Yys Dompet Dhuafa Republika
Rekening BNI Syariah 2880 2880 13

Kantor:
Bumi Pengembangan Insani Jl. Raya Parung Bogor KM, 42 Ds. Jampang Kec. Kemang Kab. Bogor Jawa Barat 16310

Telp:
(0251) 8610817, 861818, 8612044
SHARE