Indonesia Butuh Banyak Pengusaha

420

Saat ini, penduduk bangsa Indonesia banyak menganggur. Bangsa ini padahal memiliki banyak potensi. Entah salah siapa. Namun tidak akan banyak memberi hasil jika hanya fokus pada siapakah yang salah.

Baiknya, kita bisa menjadi pihak yang turut membantu masalah ini. Sebab, kita adalah bagian dari bangsa ini, negara ini, yakni negara Indonesia. Disisi lain, Indonesia masih banyak tertinggal dalam beberapa aspek. Hal ini misalnya saja dari segi keilmuan, teknologi, dan lainnya.

Padahal, banyak para generasi muda Indonesia yang dapat bersaing dan memenangkan dalam lomba internasional. Lomba matematika, fisika dan lainnya. Ini merupakan sebuah potensi yang bagus. Harus didukung dan didanai agar mereka semakin berkembang dan lebih maju.

Selain itu, ternyata banyak pula para ilmuwan yang besar dan berkembang di luar negeri. Hal ini disebabkan mereka kurang dapat perhatian di dalam negeri. Mereka khawatir tak dapat fee yang sesuai dengan ketika mereka di luar negeri. Atau bahkan terabaikan.
Dengan hadirnya pihak yang berkontribusi, misalnya saja dari segi wirausaha, kita bisa membantu mereka. Hal ini dapat menambah kemajuan bangsa, mengurangi kemiskinan, memberi peluang kerja dan memberi kehidupan bagi keluarganya.
Menjadi pengusaha memang tidak mudah. Tapi akan mudah bila kita punya tekad yang kuat, usaha yang dahsyat, ditambah doa hasilnya pun makin hebat. Justru dengan begitu akan mengasah mental para calon pengusaha lebih matang. Lebih punya jiwa kepemimpinan dan berani mengambil resiko dengan memperhitungkan terlebih dahulu sebelumnya.
Kita tentu berharap menjadi pengusaha yang sukses dalam waktu cepat. Tentu saja itu mungkin terwujud bila kita benar-benar berani menjalani apa yang sudah dituliskan atau diimpikan. Ketika kita dapat mewujudkan itu semua, kita menjadi pengusaha yang sesungguhnya.

Pengusaha yang sesungguhnya tidak menjadikan dirinya saja yang kaya, tapi mengajak orang lain kaya pula dengan memberi lowongan atau peluang kerja sama dengannya. Pengusaha yang sesungguhnya tidak serakah, namun berusaha menjadikan dirinya bermanfaat buat orang-orang disekitarnya atau orang lain. Ya, semoga itu adalah diri kita.

Iid Misbahuddin Nafis
BA 6 Bdg


***


Donasi Pendidikan
Mari bantu anak-anak Indonesia agar merdeka dari kemiskinan dan kebodohan melalui :

Yys Dompet Dhuafa Republika
Rekening BNI Syariah 2880 2880 13

Kantor:
Bumi Pengembangan Insani Jl. Raya Parung Bogor KM, 42 Ds. Jampang Kec. Kemang Kab. Bogor Jawa Barat 16310

Telp:
(0251) 8610817, 861818, 8612044
SHARE