Jambore Koperasi Solo

165

Jambore Koperasi Solo adalah sebuah wadah di mana hampir seagian besar Kopma sebagai kader penggerak perkoperasian Indonesia berkumpul kegiatan ini sendiri berlangsung selama empat hari di mana setiap harinya penuh dengan berbagai kegiatan dan lomba-lomba mulai dari hari pertama para peserta diajak untuk masuk dan terlibat dalam acara jamboree, semua peserta dikumpulkan disebuah ruangan dan diberikan pengetahuan tentang acara secara jelas dan memberikan pengarahan tantang teknis lomba.

20161008_1316551Acara kedua kami diajak berkeliling kampus Universitas Sebelas Maret dan sekitar pukul 08:00 kami masuk ruangan seminar dari berbagai parktisi dan profesional salah satunya datang juga dari dinas koprasi dan juga perwakilan kemntrian koperasi menjelaskan tentang bagaimana keadaan perkoperasian di Indonesia. Selepas acara ini dilanjutkan dengan seminar tentang enterprenur, pada sesi ini pengetahuan kaki dirangsang sampai kami paham bagaimana menjadi seoarang tecnoprenur yang menyeseuaikan dengan kemajuan zaman. kemudian kami dibentuk kelompok untuk mendiskusikan sebuah kasus yang nantinya dipaparakan di depan. Selepas itu kami indah ke sebuah aula untuk melakuakan lomba lcc lomba ini terbagi pada 3 bagian, setiap wilayah akan mengirimkan 3 kontingen terbaiknya. Alhamdulilah kami masuk tahap final meskipun tidak mendapatkan juara pertama. selepas itu malam harinya kami melakukan lomba duta koperasi di sini dari seluruh Indonesia dipilih dua orang terbaik sebagai wakil dari kopma selepas itu pada hari kedua kami melakukan persentasi lomba karya tulis dari yang lolos.

Kemudian pada hari terakhir (hari ke-4) kami diajak oleh panitia dikenalkan dengan kebudayaan Solo kami diajak ke  car free day kemudian ke Kraton Solo di sana kami memperkenalkan bagaimana sistem koperasi baha koprasi yang dianggap masyarakat kolot justru punya masa depan yang cerah

20161007_2356141Banyak pelajaran yang bisa diambil dalam kegiatan ini mulai dari mencari jaringan dan berbagai pengalaman bagaimana cara menyelesaikan permasalahan-permasalahan koperasi di setiap kampus kemudaian bawa kami tahu untuk membangun sebuah perekonomian agar rakyat sejahtera tidak bisa dilakukan sendiri konsep koperasi sebagai soko guru perekonomian Indonesia yang dicetuskan Muhamad Hatta memang sejatinya belum bisa dijalankan tetapi jika konsep ini bisa berjalan maka bukan tidak mungkin negara Indonesia bisa jaya dan bisa lebih hebat lagi.

Selain itu untuk menjadikan Indonesia sebuah negara yang masyoritas penduduknya muslim koperasi justru sangat selaras dengan konsep Islam yang memberdayakan kepentingan orang lain, berbeda dengan perusahaan yang notabene alur geraknya ditentukan oleh pemegang saham. Koperasi sangat toleran karena haluannya ditentukan oleh anggota.

20161007_1557331


***


Donasi Pendidikan
Mari bantu anak-anak Indonesia agar merdeka dari kemiskinan dan kebodohan melalui :

Yys Dompet Dhuafa Republika
Rekening BNI Syariah 2880 2880 13

Kantor:
Bumi Pengembangan Insani Jl. Raya Parung Bogor KM, 42 Ds. Jampang Kec. Kemang Kab. Bogor Jawa Barat 16310

Telp:
(0251) 8610817, 861818, 8612044
SHARE