Karena Kita yang Membutuhkan Mereka (Dhuafa)

95

Sejenak mari kita simak pesan indah dari baginda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam,

“Carikan aku orang-orang miskin. Karena, kalian diberi rezeki dan ditolong Allah dengan keberadaan orang-orang lemah di antara kalian” – (HR. Abu Dawud, An-Nasai, At-Tirmidzi)

“Sesungguhnya Allah menolong umat ini dengan orang-orang lemahnya, doa-doa, dan keikhlasan mereka” – (HR. An-Nasai)

Indah, mendalam, dan menghentak kesadaran pesan dari baginda Rasul di atas. Sejatinya, kehadiran orang-orang lemah (dhuafa) di sekitar adalah anugerah bagi kita. Karena, dengan kehadiran merekalah, Allah akan menolong dan memberi rezeki bagi kita.

Maka, kita meski mampu memaknai arti kehadiran orang-orang lemah di sekitar kita. Mulut mereka tak akan lantunkan doa-doa untuk kita jika kita hanya pamer kekayaan kepada mereka. Kita abai dan tak peka dengan perut mereka yang lapar. Kita tuli dengan rintihan mereka yang kesusahan.

Alih-alih doa yang terlantunkan, malahan sumpah serapah yang bisa saja terucapkan. Jika begini, celakalah kita. Pertolongan Allah tak akan turun di sekitar kita, di tengah masyarakat kita. Karena, kita abai dengan kehadiran orang-orang lemah di sekitar kita.

Mari jernihkan pikiran kita agar hadis baginda Rasul itu terealisasi sempurna. Ketika kita peduli dengan orang-orang lemah di sekitar kita. Kita peka dengan kelaparan dan kesusahannya. Lalu, mengambil langkah nyata bergandengan tangan untuk menyantun dhuafa. Di sinilah akan terlafadz dari mulut orang-orang lemah itu untaian doa-doa untuk kita. Dengan demikian, Allah akan menolong kita dan mencurah-curahkan rezeki untuk kita.

Maka, jangan sia-siakan orang-orang lemah di sekitar kita. Karena, kitalah yang membutuhkan mereka.

Transfer Infak dan Sedekah
2881 2881 26 (BNI Syariah a.n. Yys Dompet Dhuafa Republika)
Sertakan “38” di belakang nominal, contoh: “500.038”


***


Donasi Pendidikan
Mari bantu anak-anak Indonesia agar merdeka dari kemiskinan dan kebodohan melalui :

Yys Dompet Dhuafa Republika
Rekening BNI Syariah 2880 2880 13

Kantor:
Bumi Pengembangan Insani Jl. Raya Parung Bogor KM, 42 Ds. Jampang Kec. Kemang Kab. Bogor Jawa Barat 16310

Telp:
(0251) 8610817, 861818, 8612044
SHARE