Kegagalan Bukan Akhir Dari Perjuangan

507

Oleh: Mohammad Firda Ari Sanjaya

Depok, BEM KM STEI SEBI menghelatan gebyar ekonomi syariah nasional, dalam rangkaiannya terdapat berbagai event salah satunya business plan se-nasional. Business plan ini merupakan kompetisi yang dapat diikuti oleh mahasiswa S1/D3 dari seluruh PTN di Indonesia. Business Plan Competition ini bertemakan ‘Indonesia Berdikari’.

Saya dan dua orang teman terdorong untuk mengikuti kompetisi tersebut, mengingat jurusan kami sangat sesuai dengan kompetisi ini. Tim kami mengangkat judul ” B-On (Burger Ocean) Sebagai Inovasi Kuliner Burger Isi Olahan Ikan Laut Dalam Mengangkat Sumberdaya Perikanan Kelautan di Indonesia”. Dari judul tersebut dan proposal yang kami susun ternyata berhasil menduduki 10 besar terbaik yang diundang ke STEI SEBI Depok untuk mempresentasikan hasil karya kami tersebut.

Pada 11 Mei saya berangkat menuju Depok dengan transportasi kereta api. Perjalanan sekitar 16 jam. Kami tiba di Depok keesokan harinya pukul 04.00 di Stasiun Jatinegara. Kemudian setelah Shalat Jumat kami memulai sesi presentasi. Sungguh suatu perjuangan dan pengalaman pertama bagi saya mengikuti ajang kompetisi tingkat nasional. Alhamdulillah berkat usaha dan doa yang kuat, presentasi kami lancar meskipun ada kendala seperti rasa demam panggung yang muncul. Setelah sesi presentasi selesai, kami mengikuti sesi field trip dengan panitia mengunjungi destinasi wisata di Depok dan Jakarta. Sekali lagi hati rasanya sangat senang bisa menginjakkan kaki di Jakarta, Ibu Kota Indonesia yang merupakan salah satu destinasi impianku dari kecil.

Keesokan harinya momen yang ditunggu-tunggu tiba juga yakni acara puncak sekaligus pengumuman pemenang business plan. Setelah sempat membuat hati penasaran dengan pengumuman yang kami nanti, tibalah panitia menyebutkan tiga tim terbaik. Kami sempat merasa kecewa dan kesal karena tim kami gagal menduduki tiga besar, kami hanya mampu menduduki peringkat 6. Akan tetapi, kami sadar bahwa pengalaman ini tidak boleh disesali justru harus menjadi suatu motivasi untuk ke depannya bisa lebih baik lagi. Kami yakin untuk kesempatan dihari esok akan menjadi hari di mana kami bisa membanggakan nama universitas dan Beastudi Etos dalam setiap kompetisi.

***

Donasi Pendidikan
Mari bantu anak-anak Indonesia agar merdeka dari kemiskinan dan kebodohan melalui :

Yys Dompet Dhuafa Republika
Rekening BNI Syariah 2880 2880 13

Kantor:
Bumi Pengembangan Insani Jl. Raya Parung Bogor KM, 42 Ds. Jampang Kec. Kemang Kab. Bogor Jawa Barat 16310