Kegiatan Lomba Memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia

634

Rabu (17/08/2016), tim Desa Produktif Etos Bogor telah melakukan kegiatan lomba dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia di Desa Galuga, lebih tepatnya di SDN Dukuh 02. Kegiatan ini dimaksudkan untuk berbagi makna dan kebahagiaan atas kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-71. Acara ini digarap oleh seluruh Etoser Bogor angkatan 2014 dan 2015, sebanyak 45 Etoser turun untuk eksekusi acara.

Pagi sekali sekitar pukul 05.45 WIB panitia lomba mulai berkumpul di asrama Etos putra untuk mengambil jatah sarapan pagi lalu pukul 06.00 sebagian panitia sudah mulai berangkat ke lokasi. Meski sempat terhambat oleh pergantian angkot karena angkot yang pertama kehabisan bensin, namun panitia masih dapat sampai di lokasi tepat waktu. Sesampainya di lokasi seluruh panitia mulai melakukan tugasnya masing-masing.

Kegiatan ini diawali dengan pelaksaan upacara bendera yang seluruh petugasnya adalah siswa/i SDN Dukuh 02 atas bimbingan panitia. Upacara bendera dimulai pukul 07.30 dan selesai tepat pukul 07.58, kemudian acara dilanjutkan dengan senam bersama. Pukul 08.30 acara lomba memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia yang dipandu oleh Azhari dan Yusman Ferdian ini dimulai dengan pembacaan surat Al-Fath ayat 1-10 oleh Alam Anshori.

Sebelum memobilisasi siswa/i SDN Dukuh 02 ke lapangan di samping gedung sekolah, seluruh penanggung jawab kelas mengatur para siswa/i untuk berbaris di teras depan kelas. Rangkaian perlombaan dimulai sekitar pukul 09.00 WIB yaitu dengan cabang lomba balap kelereng dan balap karung, dilanjutkan dengan cabang lomba makan kerupuk dan pecah air, dan yang terakhir adalah lomba joget balon. Sesi perlombaan selesai pukul 10.45 dan dilanjutkan dengan mobilisasi siswa/i kembali ke pelataran SDN Dukuh 02 untuk menyaksikan tampilan para finalis lomba puisi dan persembahan paduan suara oleh para siswa/i beasiswa.

Pukul 11.30 WIB sampai 11.45 WIB seluruh nama pemenang diumumkan. Jargon salut dan senam Trekjing berulang-ulang di menambah riuh kebahagiaan para pemenang lomba. Rangkaian acara lomba diakhiri dengan pembagiaan bendera mini, bubur kacang dan snack kepada seluruh peserta.

Kami selaku panitia berharap dengan diadakannya lomba dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia di SDN Dukuh 02 dapat menambah pemahaman mereka akan arti kemerdekaan dan suka cita di dalamnya. Evaluasi untuk acara ini adalah untuk kedepannya, perhatikan jadwal supir angkot dan sampaikan kepada mereka untuk mengecek keadaan angkot sebelum keberangkatan demi keamanan perjalanan dan kelancaran acara.

bi12 bi13


***


Donasi Pendidikan
Mari bantu anak-anak Indonesia agar merdeka dari kemiskinan dan kebodohan melalui :

Yys Dompet Dhuafa Republika
Rekening BNI Syariah 2880 2880 13

Kantor:
Bumi Pengembangan Insani Jl. Raya Parung Bogor KM, 42 Ds. Jampang Kec. Kemang Kab. Bogor Jawa Barat 16310

Telp:
(0251) 8610817, 861818, 8612044
SHARE