Kepedulian dan Inovasi Karya Nyata

628

Oleh : Rina Kholilatun Nisa, PM Beastudi Ekonomi Syariah Dompet Dhuafa

“Khairunnas Anfa’uhum linnas”
“The best of people are those that bring most benefit to the rest of mankind”
(HR. Bukhari Muslim)

INI adalah salah satu Hadits yang sering sekali dijadikan motto hidup seseorang, salah satunya adalah saya. Hadits ini menggambarkan bahwa jika ingin mengukur sejauh mana derajat kemuliaan akhlak seseorang, maka ukurlah sejauh mana nilai manfaat dirinya bagi orang lain. Yaitu: seseorang yang kehadirannya sangat dirindukan karena dapat memberikan manfaat bagi orang banyak, dicintai begitu banyak manusia karena kepeduliannya terhadap sekitar dan bisa menjadi agent of change.

Sungguh beruntung bagi siapapun yang dikaruniai Allah dengan kepedulian untuk mengamalkan segala peluang kebaikan yang diperlihatkan Allah kepadanya. Beruntung pula orang yang dititipkan Allah dengan beraneka potensi kelebihannya yang bisa dikembangkan dan dikaruniai pula kesanggupan memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya umat manusia.

Ketika kita sudah berusaha untuk mengembangkan potensi yang kita miliki dengan semaksimal mungkin, disitulah akan timbul sebuah inovasi karya nyata yang tentunya tidak hanya sekedar manfaat untuk orang lain tetapi juga dapat menginspirasi banyak orang dengan karya yang kita lakukan. Karena Pada dasarnya sebuah inovasi adalah kemampuan untuk menerapkan solusi kreatif terhadap masalah dan peluang untuk merubah sesuatu hal.

Dengan adanya inovasi, kita bisa menciptakan karya-karya baru untuk merubah sebuah perubahan kearah yang lebih baik. Salah satunya dengan inovasi sosial yang saat ini banyak bermunculan, seperti pemberdayaan masyarakat desa, pemberdayaan kreatif lokal, dll.

Inovasi sosial ini didefinisikan sebagai aktivitas yang termotivasi untuk memenuhi kebutuhan sosial, yang dikembangkan dan disebarluaskan melalui organisasi atau komunitas yang tujuan utamanya adalah sosial (mulgan, 2007, h.8).

Inovasi sosial ini biasanya timbul dari hati nurani yang peduli terhadap keadaan dan masyarakat sekitar. Salah satu bukti karya nyata yang sudah ada di negeri ini dan telah sukses dengan adanya inovasi berbasis sosial, yaitudi Desa Tegal Waru Bogor yang dilakukan oleh Ibu Tatiek Kancaniati Karimah dengan memberdayakan masyarakat Desa Tegal Waru Bogor, Ibu tatiek mampu menjadikan masyarakatnya menjadi lebih mandiri dengan berdirinya Kampung Bisnis Tegal Waru.

Ini membuktikan bahwa banyak potensi masyarakat yang dapat kita kembangkan bersama untuk mewujudkan perubahan negeri ini menjadi lebih baik lagi dan tidak ketergantungan dengan pihak asing.

Tentu untuk merubah itu semua, kita tidak bisa sendirian, harus ada wadah atau dukungan dari pihak lain. Salah satunya untuk mewujudkan itu, kita bisa bergabung dan berkontribusi dengan beberapa komunitas sosial terkait, seperti Islamic Student Center Foundation yang berubah nama menjadi Inspirasi Anak Negeri Foundation yang telah mampu memberdayakan masyarakat khususnya anak-anak negeri yang terbelakang menjadi punya semangat belajar dan cita-cita yang tinggi demi sebuah perubahan di negeri ini, serta masih banyak lagi wadah yang bisa kita temukan diluar sana.

Sudah saatnya kita sebagai pemuda untuk terus berkarya dengan inovasinya dan bisa menjadi agent of change terutama untuk masyarakat sekitar kita. Jika kita hanya berdiam diri mengikuti alur perekonomian yang semakin mengkhawatirkan ini tanpa adanya kontribusi karya nyata dari kita, maka kita akan terkalahkan oleh masyarakat asing diluar sana yang ingin merusak Negeri ini. Karena “kebaikan yang tidak terorganisir akan terkalahkan oleh keburukan yang terorganisir”.

Mari gunakan potensi dan peluang yang ada dengan hal-hal yang bermanfaat untuk diri kita dan juga untuk orang lain dan semoga ini menjadi output awal kita untuk membangun peradaban yang diidamkan. Salam Inspiratif!


***


Donasi Pendidikan
Mari bantu anak-anak Indonesia agar merdeka dari kemiskinan dan kebodohan melalui :

Yys Dompet Dhuafa Republika
Rekening BNI Syariah 2880 2880 13

Kantor:
Bumi Pengembangan Insani Jl. Raya Parung Bogor KM, 42 Ds. Jampang Kec. Kemang Kab. Bogor Jawa Barat 16310

Telp:
(0251) 8610817, 861818, 8612044