Kontribusi Sosial sebagai Bekal Kepemimpinan di Masyarakat

154

Yogyakarta, 24 April 2017. Bupati Sleman, Sri Purnomo menyambut hangat ratusan aktivis dari seluruh Indonesia di Pendopo bupati pada Gala Dinner Future Leader Camp (FLC) 2017. Ratusan aktivis ini merupakan penerima manfaat Basiswa Aktivis Nusantara (BAKTI NUSA) Dompet Dhuafa Pendidikan yang berasal dari berbagai kampus terbaik di Indonesia. Acara penyambutan dibuka dengan makan bersama hidangan khas Sleman.

Setelah acara makan malam bersama, Sri Purnomo berbagi pengalaman selama memimpin Sleman kepada para aktivis. Ia mengawali dengan pemaparan seputar kondisi sosial Kabupaten Sleman yang meliputi pendidikan dan kesehatan. “Kabupaten Sleman memiliki 7 universitas dan perguruan tinggi, sehingga tingkat pendidikan Kabupaten Sleman termasuk tinggi di Indonesia, bahkan jauh lebih tinggi daripada Jakarta,” papar Sri Purnomo. Ia juga meluruskan anggapan kebanyakan masyarakat tentang letak Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). “UGM dan UNY itu termasuk ke dalam Kabupaten Sleman, bukan kota Jogja,” jelasnya. Sedangkan di bidang kesehatan, Kabupaten Sleman memiliki berbagai fasilitas kesehatan untuk melayani masyarakat.

Sri Purnomo kemudian membagikan pengalamannya hingga menjadi Bupati Sleman. “Saya tidak pernah bercita-cita menjadi bupati,” kenangnya. Ia menyampaikan bahwa ada kesenangan tersendiri ketika terjun dan beraktivitas di masyarakat. Berbagai aktivitas kemasyarakatan ia ikuti, hingga akhirnya masyarakat mendorongnya untuk mencalonkan di bursa pemilihan Bupati Sleman. “Kekuatan kepemimpinan yang didukung oleh uang sesungguhnya sangatlah lemah. Sebab, kekuatan kepemimpinan yang sesungguhnya adalah kepemimpinan yang didukung oleh kepercayaan masyarakat,” ungkapnya.

Menurutnya, apabila masyarakat telah memberikan kepercayaan kepada seorang pemimpin maka dapat dipastikan bahwa pemimpin tersebut akan mendapatkan dukungan dalam rentang waktu yang lama. Ia menambahkan bahwa kepercayaan masyarakat tentunya tak dapat diperoleh dengan instan, sebab masyarakat perlu bukti nyata. “Oleh karena itu, mulailah untuk sebanyak mungkin berkontribusi di masyarakat, terjun aktif di masyarakat, dan berpartisipasi dalam kegiatan sosial kemasyarakatan,” nasihatnya kepada pada aktivis.

Mengakiri sesi berbagi pengalaman, Sri Purnomo menyampaikan kebanggaannya dapat bertemu dan berbagi pengalaman kepemimpinan di depan ratusan aktivis BAKTI NUSA. Ia berharap agar para aktivis yang hadir dapat menjadi pemimpin masa depan yang amanah, bertanggung jawab, dan menjunjung tinggi kebermanfaatan bagi masyarakat. (PM)


***


Donasi Pendidikan
Mari bantu anak-anak Indonesia agar merdeka dari kemiskinan dan kebodohan melalui :

Yys Dompet Dhuafa Republika
Rekening BNI Syariah 2880 2880 13

Kantor:
Bumi Pengembangan Insani Jl. Raya Parung Bogor KM, 42 Ds. Jampang Kec. Kemang Kab. Bogor Jawa Barat 16310

Telp:
(0251) 8610817, 861818, 8612044
SHARE