Mahasiswa IPB Berhasil Meraih Dua Medali Perak dalam PIMNAS 2016

0
499

Mahasiswa IPB kembali menorehkan prestasi di tingkat nasional. Tim CILUKBA IPB berhasil meraih 2 medali perak sekaligus dalam kompetisi Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 2016 yang diselenggarakan di Institut Pertanian Bogor. Kompetisi diadakan 8-11 Agustus 2016 dan diikuti 460 tim yang berasal dari 145 perguruan tinggi seluruh Indonesia.

Asep Saepulloh Sajali, ketua tim Cilukba, mengatakan mereka berhasil menyabet 2 medali perak setelah melalui kompetisi yang sangat ketat. Sebelumnya, mereka harus bersaing dengan 650 tim lain di bidang PKM- M dalam seleksi yang dilakukan dikti. Dari seleksi tersebut dipilih 81 tim terbaik yang maju ke tahap PIMNAS.

“Tim yang lolos PIMNAS ini mewakili selururuh perguruan tinggi di indonesia, dan dari semua itu banyak sekali ide-ide yang unik dan mengagumkan,” jelasnya, Jum’at (12/8) di Kampus IPB.

Asep bersama dengan anggota tim Cilukba lainnya, yaitu Dairul Fuhron , Dinda Ratnasari, Zainul Muzaki dan Hasna Ariqoh membuat suatu konsep perpustakaan terpadu cilukba. Pada awalnya, program perpustakaan Cilukba muncul sebagai suatu jawaban dari fasilitas membaca yang kurang memadai di SDN 03 Cihideung Udik Bogor. Selanjutnya program perpustakaan Cilukba berkembang menjadi suatu konsep baru perpustakaan sekolah dasar yang mengintegrasikan kegiatan membaca, olahraga, dan usaha memelihara lingkungan dalam satu kegiatan terpusat untuk dapat mengatasi permasalahan tersebut di atas.

Seperti yang kita ketahui bahwa minat untuk membaca buku di kalangan Masyarakat di perkampungan sangat rendah, oleh karena itu melalui perpustakaan Cilukba ini di harapkan minat baca anak yang tinggal di perkampungan semakin meningkat. Karena membaca merupakan salah satu cara untuk menambahkan wawasan anak, jelas Ketua tim Cilukba.

Asep mengaku bangga atas prestasi yang telah diperoleh. Capaian prestasi tersebut tidak lepas dari kemampuan tim menyelesaikan masalah secara komprehensif dengan cara berpikir yang sistematis. Selain itu, tim mencoba memberikan solusi kreatif dengan berbasis pendekatan pendidikan anak.

“Kami berharap ke depan akan semakin banyak lagi prestasi yang diraih oleh mahasiswa etos dari berbagai kompetisi nasional maupun internasional,” harapnya.

IMG-20160812-WA0004 1470907990882 1470907982602

BAGIKAN

LEAVE A REPLY