MFB Kepulauan Meranti, Tanamkan Gemar Membaca di Perbatasan

290

m2

Desa Sokop, Kecamatan Rangsang, Pesisir Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau merupakan wilayah yang berbatasan dengan negara Singapura dan Malaysia dengan perairan sebagai batasnya. Daerah ini merupakan daerah kepulauan terluar Indonesia. Masih banyak sektor yang jauh dari standar dan cenderung sangat minim, salah satunya sektor pendidikan. Sektor pendidikan di Desa Sokop didukung dengan adanya Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) satu atap yang berjarak 1 km dari pusat pemerintahan desa. Dilatarbelakangi oleh kurangnya minat membaca serta kepustakaan yang masih rendah dan tidak adanya perpustakaan di sekolah, tim Marching For Boundary (MFB) 2016 Kepulauan Meranti menginisiasi Perpustakaan Beranda Pintar yang dapat diakses dengan mudah oleh murid. Terlihat antusiasme dari murid SDN 12 dan SMP Satu Atap Sokop.

Pembukaan resmi Pustaka Beranda Pintar telah dilaksanakan pada 5 September 2016. Beranda Pintar melibatkan civitas SD dan SMP dalam upaya menjaga keberlanjutan perpustakaan. Setidaknya terdapat sembilan ketua kelas dan lima orang relawan yang terbentuk dalam kepengurusan Pustaka Beranda Pintar. Seluruh pengurus telah diberikan training manajemen pengelolaan perpustakaan mulai dari pengarsipan, penanggungjawab peminjaman, monitoring jumlah buku keluar dan batas waktu peminjaman. Buku yang baru terhimpun sebanyak 65 buah dan kebanyakan adalah buku dongeng. Tentunya, angka ini masih jauh dari harapan untuk menunjang belajar anak- anak. Kami berharap ada peningkatan kuantitas buku dengan segala macam bentuk donasi dan juga didukung oleh dinas pemerintah terkait.

Beranda pintar juga tidak sebatas perpustakaan biasa. Ada program- program yang diinisiasi dalam keberlanjutan Beranda Pintar tersebut. Program penunjang Beranda Pintar di antaranya ada belajar di alam bebas dengan tutor belajar murid- murid SMP, Ngabolang dan Ekspedisi Desa, kelas mendongeng, kelas bahasa Inggris, kelas matematika, kelas komik dan kelas cita- cita. Tagline Gemar Membaca diserukan kepada anak- anak dengan harapan antusias  belajar mereka bertambah dan semakin suka dengan buku- buku yang merupakan jendela ilmu pengetahuan.

m1


***


Donasi Pendidikan
Mari bantu anak-anak Indonesia agar merdeka dari kemiskinan dan kebodohan melalui :

Yys Dompet Dhuafa Republika
Rekening BNI Syariah 2880 2880 13

Kantor:
Bumi Pengembangan Insani Jl. Raya Parung Bogor KM, 42 Ds. Jampang Kec. Kemang Kab. Bogor Jawa Barat 16310

Telp:
(0251) 8610817, 861818, 8612044
SHARE