Negarawan Muda, Menginspirasi Indonesia

0
737

Oleh: Muhammad Reza, Universias Indonesia – BA 5

Apakah Negarawan Itu?

Sudarsono menjelaskan bahwa negarawan biasanya merujuk pada seorang politisi atau figur lain yang memiliki karir yang mumpuni dan berkelanjutan baik di tingkat nasional maupun internasional. Dari defenisi tersebut dapat dilihat bahwa kenegarawanan dilihat dari kacamata politik, meskipun pada akhirnya politikus dan negarawan akan berbeda definisi pada akhirnya.

Kepemimpinan politik yang memiliki jiwa negarawan tentu berkaitan dengan komitmen kebangsaan dan kengearaan. Negarawan merupakan kata sifat, bukanlah jabatan tertentu. Setiap orang pastilah bisa menjadi pemimpin, tapi bagaimana setiap pemimpin itu bisa melekatkan sifat-sifat kenegarawanan pada dirinya sehingga bukan hanya menjadi pemimpin secara struktural atau dalam arti lain pimpinan, tapi benar-benar menjadi pemimpin yang memimpin dan mengayomi serta memikirkan nasib orang lain (Sudarsono, 2010).

Seorang negarawan adalah seseorang yang melakukan hal yang benar, dan bukan sekadar melakukan sesuatu dengan benar. Perhatian seorang negarawan adalah pada arah perjalanan negara, ia tidak tertarik dengan kepentingan sesaat, yang berjangka pendek, yang bisa menjerumuskan negara dalam kesulitan apalagi sampai terperosok di masa depan. Adanya seorang negarawan adalah sebagai penyelemat negara agar menjadi negara yang lebih baik di masa depan (Roswati, 2014).

Thomas Jefferson mempunyai definisi lain tentang politikus dan negarawan. Politikus memikirkan pemilihan yang akan datang, sementara negarawan memikirkan generasi yang akan datang. Politikus senantiasa menyibukkan dirinya dengan pertanyaan 3W 1H, sedangkan seorang negarawan menanyakan pertanyaan yang berbeda, yaitu “why” dan “where”.

Why adalah pertanyaan yang berfokus ke arah dalam, yaitu hati. Pertanyaan ini adalah yang terpenting yang harus ditanyakan seorang pemimpin ketika ia melangkah. Mengapa ia ingin memimpin? Apa yang menjadi motivasi terbesarnya dalam menjadi pemimpin? Mengapa ia berjuang sekuat tenaga dan sangat bersungguh-sungguh untuk semua ini? Seorang pemimpin akan melakukan pertanyaan “Why” secara terus-menerus. Hal ini layaknya sebuah alat (roof) dalam manajemen yang disebut “Why 5 Times”. Maksudnya adalah untuk bisa menemukan akar dari segala masalah, ia harus menanyakan “mengapa” sebanyak lima kali dan biasanya jawaban kelima atas pertanyaan “mengapa” itulah yang merupakan jawabannya yang sesungguhnya. Jawaban untuk pertanyaan “mengapa” yang kelima tersebutlah yang menjadi alasan utamanya dalam memutuskan sesuatu. Pertanyaan penting yang kedua adalah “Where”. Pertanyaan ini adalah pertanyaan mengenai visi atau tujuan. Kemana ia akan menuju? Ke arah mana ia akan berjalan bersama untuk mencapai apa yang ia cita-citakan? Visi itu menjelaskan tentang “Doing the right things” (melakukan hal yang benar). Oleh karena itu, bukan sekadar “doing things right” (melakukan dengan benar).

Salah Satu Gerakan Negarawan – ruangguru.com

Pada kesempatan kali ini, penulis akan mencoba untuk memaparkan salah satu gerakan negarawan yang diinisiasi oleh Adamas Belva dan Iman Usman pada April 2014. Ruangguru.com adalah sebuah website yang menghubungkan calon murid untuk menemukan calon guru yang tepat untuk menambah pelajaran di luar sekolah atau kampus, atau mengembangkan keahlian tertentu.

ruangguruMereka memiliki jargon yaitu “Belajar Apapun dari Siapapun”. Di dalam website Ruangguru.com.com terdapat berbagai pilihan guru berkualitas dengan beragam latar belakang. Para guru ini siap mengajarkan calon murid beragam pelajaran atau keahlian – mulai dari tambahan pelajaran sekolah, bahasa asing, kesenian, olahraga, maupun keterampilan lainnya.

Di Ruangguru.com kita bisa menjadi guru atau murid. Apa yang membuat Ruangguru.com berbeda adalah sistem fleksibel di mana guru dan murid bisa menentukan paket, lokasi, dan preferensi waktu belajar masing-masing, selain itu Guru terverifikasi dan mendapatkan rating sesuai dengan pengalaman belajar bersama murid. Ruangguru.com terbuka untuk calon guru (mahasiswa/profesional/lainnya) dengan keahlian apapun dengan akses jangkauan di seluruh Indonesia. Ruangguru.com.com bisa diakses secara online dari mana saja dan kapan saja.

Untuk Pendidikan Indonesia

Keberadaan Ruangguru.com bukan semata-mata sebagai sebuah bisnis, tapi lebih dari itu Ruangguru.com ingin menciptakan lapangan pekerjaan dan tambahan penghasilan bagi guru di Indonesia. Di sisi lain, murid juga dapat mendapatkan guru kursus yang berkualitas.

Selain itu, sebagian dari profit yang diperoleh oleh Ruangguru.com akan disalurkan untuk memajukan pendidikan anak Indonesia. Hal tersebut diwujudkan secara konkret dengan menyekolahkan anak Indonesia melalui program GN-OTA, di mana setiap murid belajar selama 1 jam di Ruangguru.com sama dengan menyekolahkan 1 anak Indonesia selama 1 hari. Selain itu, sebagian profit lainnya juga akan digunakan untuk mendukung program-program pemberdayaan pemberdayaan pemuda dan pengembangan masyarakat yang dikelola oleh pemuda secara sukarela melalui organisasi Indonesian Future Leaders. Sehingga belajar dengan wadah Ruangguru.com bukan hanya bermanfaat bagi perorangan, tapi secara langsung juga memajukan pendidikan dan pengembangan pemuda di Indonesia.

Beberapa waktu yang lalu, penulis mengikuti campus sharing dari ruangguru.com. Mereka menceritakan bahwa pendidikan merupakan salahsatu faktor terpenting dari kemajuan suatu bangsa. Adamas Belva dan Iman Usman percaya bahwa pendidikan dan teknologi adalah hal yang dapat disinergiskan untuk mencapai suatu tujuan mulia. Berbagai riset menyatakan bahwa orang tua dan guru adalah faktor terpenting dari pengembangan diri seorang manusia. Dengan RuangGuru.com, pendidikan dapat menyentuh Siswa, Guru, dan Orangtua sekaligus demi kemajuan bangsa.

Kenapa Indonesia Membutuhkan Negarawan?

Suatu negara akan maju bukan hanya dikarenakan mereka memiliki pemimpin yang bagus, tapi juga penduduk yang bagus pula. Negarawan tidak selalu tentang pemerintah. Bukan selalu tentang presiden, menteri, ataupun orang tua. Negarawan bisa juga muncul sejak usia dini. Kehadiran mereka dapat memberikan dampak positif kepada lingkungan sekitar dan Indonesia pada umumnya. Mereka dapat melihat permasalahan-permasalahan dan mengubahnya menjadi kesempatan yang berujung pada perubahan positif.

Ada beberapa cara sederhana yang dapat kita lakukan untuk menjadi negarawan. Dimulai di mana kita berada, dengan apa yang kita punya bisa menjadi modal untuk menjadi seorang negarawan. Misalnya, sebagai seorang insinyur, adalah suatu keharusan insinyur Indonesia membawa aspek keinsinyuran dengan baik untuk Indonesia. Jangan sampai kita kalah ataupun menjadi tamu di negeri sendiri.

            Negarawan tidak akan terjadi dalam waktu singkat. Kita harus pastikan kita bisa memulai dari diri sendiri, berfikir global dan melakukan aksi dari hal-hal sederhana sampai hal-hal yang besar.

 

Daftar Pustaka

  • (L. Hakiem, Ed.) Jakarta: Republika
  • Rais, A. (2004). Hubungan Antara Politik dan Dakwah: Berguru Kepada M. Natsir. (L. Nihwan, Ed.) Bandung: Mujahid.
  • Anonim. 2014. Tokoh negarawan.http://www.tokohindonesia.com/publikasi/article/322-opini/432-tokoh-negarawan Insani.
  • Panitia Peringatan Refleksi Seabad M. Natsir. (2008). M. Natsir di Panggung Sejarah Republik Anonim. 2014. Biografi Mohmmad Natsir-Pahlawan Indonesia.http://kolom-biografi.blogspot.com/2014/01/biografi-Muhammad-natsir-pahlawan.html
  • Husaini, A. (2009). Virus Liberalisme di Perguruan Tinggi Islam. (I. Satria, Ed.) Depok: Gema
  • . Husaini, A. (2012). Pendidikan Islam: Membentuk Manusia Berkarakter dan Beradab. (N. Hidayat, Ed.) Depok: Cakrawala Publishing
  • Sudarsono, Amin. 2010.  Ijtihad Membangun Basis Gerakan. Jakarta: Muda Cendekia
  • Ramadhon, Fajar. 2015. Sosok Muhammad Natsir.http://www.dakwatuna.com/2015/02/03/63446/sosok-Muhammad-natsir/#ixzz3SalSSerl
  • Roswati, Sri. 2014. Indonesia Butuh Banyak Negara.wan dan Bukan Politikus.http://www.tempokini.com/2014/05/indonesia-butuh-banyak-negarawan-dan-bukan-politikus/ diakses pukul 23.02 WIB 3 Februari 2015
  • http://www.kompasiana.com/khairunnisa_sy/teladan-bagi-negarawan-muda_552a8a64f17e61591cd623c6
  • http://ruangguru.com/tentang/tim
  • http://dailysocial.id/post/marketplace-les-privat-ruangguru-peroleh-investasi-dari-east-ventures/
BAGIKAN

LEAVE A REPLY