Ngariung Alumni Etos Bandung

0
639

Oleh : Hassan Afif.

“Nyampe mana, kang?”.
Tadi malam, sy mendapat pesan seperti itu dari Kiki (Alumni Etos Bandung 2009/ITB).
Hari Jumat, 5 Februari 2016 pk 19.00 kami memang sudah bersepakat untuk kumpul-kumpul (ngariung) dengan Alumni Etos Bandung. Tiga orang yang datang pada acara tadi malam yang bertempat di Bakso Malang Karapitan Bandung, yaitu Kiki (2009), Iis Casmiati (2009), Fauziyyah Khairunnisa (2010). Sengaja kumpulnya tidak terlalu banyak karena pada malam itu kami ingin membahas program-program Alumni Bandung di tahun 2016.
Sebelum membahas program-program, kami dahului dengan santap makan malam & bercerita kabar masing-masing.

Ketiga Alumni yang datang sudah menamatkan pendidikan sarjananya. Kiki & Iis menjadi guru bimbel di salah satu tempat bimbingan belajar ternama di Bandung.
Tidak salah kiranya Bandung terkenal dengan ide kreatifnya. Ide-ide kreatif itu muncul pada saat kami bermusyawarah menyusun program Alumni Wilayah Bandung pada tahun 2016. Saya & teman-teman Alumni Bandung bersepakat untuk meningkatkan kontribusi bagi Dompet Dhuafa khususnya penerima manfaat aktif Etos (Etoser Bandung).

Ada pun dari berbagai ide yang muncul, kami sepakati 2 program untuk dikonkritkan.
Pertama yaitu kegiatan “Alumni Berbagi” Alumni Berbagi merupakan salah satu kanal kontribusi yang berasal dari alumni yang ditujukan kepada penerima manfaat Etos Bandung. Teknisnya nanti alumni diberikan kesempatan untuk berbagi keahliannya kepada etoser Bandung. Acaranya insya Allah dilaksanakan minimal sebulan sekali & kemungkinan tempatnya di asrama.Kegiatan Alumni Berbagi akan disesuaikan temanya dengan kurikulum pembinaan etos.

Sedangkan kegiatan kedua adalah “Ketok Alumni”. Ketok Alumni merupakan kegiatan silahtrahim ke rumah salah satu alumni. Selain untuk bersilahturahim, kami juga meminta alumni yang kita kunjungi tersebut untuk berbagi pengalaman/keahliannya.

Pengalaman/keahlian tersebut akan didokumentasikan untuk kemudian dibuat webinar & diupload di Portal Alumni Beasiswa DD (Insya Allah pada bulan Februari ini sudah mulai dibuat). Webinar tersebut nantinya bisa dinikmati teman-teman etoser & alumni dari wilayah yang lain melalui portal tersebut.Pelaksanaan “Ketuk Alumni” dilaksanakan sebulan sekali.
Itulah dua kegiatan yang coba diinisiasi oleh Alumni Etos Bandung. Semoga dapat bermanfaat dan menginspirasi etoser dan alumni di Bandung atau wilayah lainnya.

Oleh : Hassan Afif (Community Engagement @PendidikanDD/085817018530)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY