Pemakalah dalam Kegiatan Industrial Engineering National Conference 2016 (IENACO)

0
434

Surakarta, 23 Maret 2016Industrial Engineering National Conference (IENACO) merupakan kegiatan tahunan yang dilakukan oleh Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Surakarta, dengan tema “Kewirausahaan untuk Kemandirian Bangsa”. Konferensi ini bertempat di The Alana Hotel, Surakarta. Para peneliti, praktisi, dan akademisi keilmuan teknik industri se-Indonesia diberi kesempatan untuk mempresentasikan makalah mereka setelah sebelumnya dilakukan proses penyeleksian yang dilakukan oleh para penilai terlebih dahulu. Yang menjadi penilai dalam kegiatan tersebut ialah Prof. Dr. Hari Purnomo (Universitas Islam Indonesia), Prof. Dr. Ir. Susy Susmartini, MSIE (Universitas Sebelas Maret), Dr. Rini Dharmastiti (Universitas Gadjah Mada), Dr. Tiene Gustina Amran (Universitas Trisakti), Ir. Heru Prastawa, DEA (Universitas Diponegoro), Hari Prasetyo, Ph.D (Universitas Muhammadiyah Surakarta), dan Eko Setiawan, Ph.D (Universitas Muhammdiyah Surakarta).

Alhamdulillah kami (Syaiful Adli dan Mora Akbar) yang merupakan mahasiswa Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Andalas, berhasil menjadi salah satu pemakalah dalam kegiatan tersebut. Makalah yang kami buat tentang kesehatan dan keselamatan kerja, dengan judul “Relations with Sleep Disorders Fatigue in The System Shift Work to Employees of Gas Station 24 Hours in By Pass Street, Padang”, dibawah bimbingan Ibu Prima Fithri, MT yang merupakan dosen Teknik Industri Universitas Andalas.

Kegiatan tersebut diawali dengan seminar yang disampaikan oleh Ir. Choirul Djamhari, Ph.D (Deputi kelembagaan, kementrian koperasi dan UKM RI) dan Hari Sumarsono (Human Resource and Organization Development Director PT. Tiga Serangkai Inti Corpora) selaku pembicara utama dalam konferensi tersebut. Dari materi yang dipaparkan diketahui bahawa peran wirausahawan begitu besar dalam mengurangi ketergantungan negara kita dengan negara lain, serta juga menciptakan lapangan kerja sehingga dapat mengurangi pengangguran. Kemudian setelah penyampaian materi dan juga diskusi, dibagi ke beberapa channel sesuai topik makalah yang diangkat. Kemudian oral presentation makalah kami disampaikan oleh Mora Akbar pada pukul 15.00 WIB. Kegiatan pun berakhir pada pukul 16.00 WIB.

Setelah menghadiri konferensi tersebut, kami lantas tidak langsung pulang ke Padang. Kami memanfaatkan momen tersebut untuk bersilaturrahim dengan teman-teman Etos yang ada di Pulau Jawa. Yang sempat kami kunjungi yaitu teman-teman Etoser di Asrama Etos Universitas Gadjah Mada Jogjakarta, Asrama Etos Institut Teknologi Bandung dan Universitas Padjajaran Bandung, serta Asrama Etos Universitas Indonesia Jakarta. Meski waktu bersama dan berbagi pengalaman tidak begitu lama, namun kami dapat merasakan kehangatan kekeluargaan yang begitu besar. Semangat teman-teman di sana baik dalam berkuliah maupun pengabdian dirinya bagi orang-orang di sekitar begitu luar biasa, sungguh menambah semangat kami juga.

Dari kegiatan serta perjalanan yang kami lalui kami menjadi sadar bahwa keterbatasan dalam bidang ekonomi bukanlah pembatas untuk aktif dan berprestasi. Kami sangat bersyukur menjadi bagian dari keluarga besar Beastudi Etos Dompet Dhuafa yang selalu memberikan semangat dan motivasi agar selalu menjadi lebih baik.

Terima kasih banyak kami ucapkan kepada pihak Universitas Andalas, Dompet Dhuafa, Semen Padang serta Ibu Prima Fithri yang telah mendukung kegiatan yang kami ikuti sehingga dapat berjalan dengan baik.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY