Pengalaman Baru yang Menyadarkanku

300

Oleh: R. Wira Asmara Ganda (Etoser Jogja 2014)

Berawal dari kegelisahanku saat merasakan kuliah yang hanya mengejar nilai akademik saja. Lalu aku mencoba untuk ikut organisasi-organisasi yang ada. Dalam organisasi ternyata aku mendapatkan banyak teman-teman baru dari lintas fakultas yang ada. Bukan hanya itu saja, aku mendapatkan pengetahuan-pengetahuan  baru dalam organisasi yang tidak akan bisa kudapatkan hanya di ruangan kelas saja.

Ternyata dalam diri ini masih merasa ada yang kurang. Entah apa yang dirasakan tapi aku ingin sekali mendapatkan pengalaman baru yang kudapatkan di luar sana. Akhirnya kupustuskan pada semester ini aku ingin mengikuti lomba-lomba yang ada. Titik balikku untuk mengikuti lomba pertama kali ini terjadi pada semester tiga. Aku ingin sekali mengikuti lomba-lomba untuk mewakili universitasku. Awalnya targetku adalah menjadi juara dalam setiap perlombaan dan bukan hanya itu saja tapi untuk membanggakan universitas tetapi juga untuk membanggakan kedua orang tua, kalau ternyata anaknya benar-benar bersungguh-sungguh dalam menjalani kuliah.

Jujur saja, pengalamanku dalam mengikuti lomba ini terhitung baru selama hidupku. Kenapa demikian? Karena memang dulu sewaktu bersekolah di sekolah menengah kejuruan (smk) jarang sekali ada lomba-lomba dan kalau ada aku merasa tidak tertarik untuk mengikutinya. Tapi semangatku dalam mengikuti lomba tidak akan pernah kalah dan pudar hanya karena hal tersebut. Mulai kuberanikan niatku untuk mengikuti lomba-lomba yang ada. Alhamdulillah, lomba pertama yang aku ikuti ini di Universitas Padjadjaran yaitu Lomba Debat Nasional Pekan Prestasi Mahasiswa Bidikmisi (Prediksi) 2015. Bersama dua teman seperjuanganku di universitas kami mengikuti lomba ini, awalnya untuk mengikuti lomba ini ada seleksi esai untuk menentukan delegasi dari mana saja yang berhak dan lolos mengikuti lomba prediksi ini dan kami termasuk ke dalam delegasi yang lolos mengikuti lomba ini.

Pengalaman baruku ini telah banyak menyadarkanku bahwa dunia ini sangatlah luas. Mengapa demikian? Pada lomba ini aku mendapatkan banyak sekali pengalaman dan hal baru. Di mana aku mendapatkan teman baru dari berbagai universitas di Indonesia dan bahkan bertemu dengan satu naungan beasiswa Beastudi Etos. Aku juga mendapatkan pengalaman baru bahwa ketika mengikuti lomba yang terpenting bukanlah menang atau kalah tapi ketika kita sudah berusaha dengan sebaik mungkin untuk mengikuti lomba tersebut hasilnya kita serahkan kepada Sang Pencipta. Apalagi ketika sudah mengikuti debat di mana kami harus mempertahankan argumen meskipun berbeda dengan prinsip, ada hal lain yang membuat puas karena sudah memberikan yang terbaik.

Sedikit pengalaman baruku ini akan menjadi sebuah penyadar untukku untuk melakukan yang terbaik dalam setiap aktivitas yang dijalani. Selanjutnya aku akan mengikuti banyak lomba-lomba yang lain dan semoga masih diberikan kesempatan untuk memperjuangkan mimpi-mimpi.


***


Donasi Pendidikan
Mari bantu anak-anak Indonesia agar merdeka dari kemiskinan dan kebodohan melalui :

Yys Dompet Dhuafa Republika
Rekening BNI Syariah 2880 2880 13

Kantor:
Bumi Pengembangan Insani Jl. Raya Parung Bogor KM, 42 Ds. Jampang Kec. Kemang Kab. Bogor Jawa Barat 16310

Telp:
(0251) 8610817, 861818, 8612044
SHARE