Profil

Deskripsi

Beastudi Indonesia adalah Divisi dalam Dompet Dhuafa Pendidikan yang fokus dalam pembentukan SDM berkarakter dan berkompetensi global menuju Indonesia Berdaya. Selain memberikan bantuan berupa pembiayaan pendidikan, Beastudi Indonesia juga mengelola pembinaan karakter, kompetensi, kepemimpinan, kemandirian serta kontribusi pelajar dan mahasiswa. Beastudi Indonesia mengusung visi  “Profesional dalam Membentuk SDM Unggul Menuju Indonesia Berdaya”.

Sejarah

Cikal bakal Beastudi Indonesia adalah program Beastudi Etos yang dirintis pada 2003 silam dan merupakan hasil metamorfosis berbagai program beasiswa yang telah digulirkan Dompet Dhuafa sejak 1993. Kata ‘Beastudi’ dalam Beastudi Indonesia mengacu pada terminologi Beastudi Etos sebagai program masterpiece Dompet Dhuafa yang melahirkan istilah baru: Beastudi. Beastudi sendiri ialah istilah yang digunakan untuk menggambarkan bantuan pembiayaan untuk dapat melakukan dan menyelesaikan studi dengan baik, termasuk pemberian uang saku, tempat tinggal dan pembinaan untuk pengembangan diri. Istilah Beastudi kemudian banyak diadopsi program serupa yang memberikan beasiswa plus, jadi bukan hanya sekadar banyuan biaya untuk siswa

Pada 2004, ketika Dompet Dhuafa memusatkan program pendidikan investasi SDMnya pada Bumi Pengembangan Insani–Dompet Dhuafa (BPI – DD), Beastudi Etos menjadi salah satu departemen yang bernaung di dalamnya. Pada pertengahan 2010, Departemen Beastudi Etos bertransformasi menjadi Departemen Pemuda dan Komunitas yang membawahi beberapa program seperti program Beastudi Etos. Seiring dengan perkembangan program dan kelembagaan, pada awal 2012, Departemen Pemuda dan Komunitas bertransformasi menjadi Beastudi Indonesia menjadi salah satu jejaring program pendidikan di bawah naungan Divisi Pendidikan Dompet Dhuafa. Seiring dengan pembentukan beberapa yayasan untuk menyalurkan ZISWAF yang dihimpun oleh Dompet Dhuafa, pada 2015 Beastudi Indonesia beralih menjadi salah satu divisi program dalam naungan Dompet Dhuafa Pendidikan.