A huge collection of 3400+ free website templates, WP themes and more http://jartheme.com/ at the biggest community-driven free web design site.

Program

Berbagai program yang ada di Beastudi Indonesia diawali dengan program Beastudi Etos yang tersebar di 11 PTN dan 9 wilayah pada tahun 2003. Empat tahun kemudian, program beasiswa etos kemitraan mulai diselenggarakan dengan bekerja sama dengan beberapa perusahaan, di antaranya PT. Arutmin Indonesia dan PT. Esia Hidayah. Jumlah penerima manfaat dan cakupan wilayah program pun semakin luas. Pada tahun 2011, Departemen Pemuda dan Komunitas LPI – DD resmi me-launching program Beasiswa Aktivis Nusantara (Bakti Nusa) dan Komunitas Filantropi Pendidikan (KFP), yang menandakan semakin berkembangnya variasi program setelah di tahun sebelumnya Program Sekolah Desa Produktif (SDP) juga mulai digulirkan.

Setelah terbentuk sebagai salah satu organ program pendidikan Dompet Dhuafa, Beastudi Indonesia pun semakin berkembang dengan munculnya berbagai program beasiswa kemitraan dan paskasarjana. Lingkup program pun meluas baik di dalam maupun luar negeri. Selain menjalankan program investasi SDM, kekhasan dalam program-program yang ada di Beastudi Indonesia adalah adanya program sosial kemasyarakatan yang tersebar di wilayah-wilayah penerima manfaat program. Memasuki tahun ke-13 eksistensi program investasi SDM atau tahun ke-5 eksistensi organ program pendidikan Beastudi Indonesia, berikut sekilas program-program yang ada di Divisi Beastudi Indonesia:

Beastudi Etos

Program investasi sumber daya manusia yang berfokus pada pembinaan, pendampingan, dan pemberdayaan mahasiswa berprestasi dengan keterbatasan ekonomi.

Visi : Terdepan dalam membentuk sumber daya manusia berkarakter untuk Indonesia unggul dan berdaya

Misi

  • Menerapkan manajemen mutu dalam pengelolaan program Beastudi Etos
  • Mengembangkan dan menerapkan kurikulum Beastudi Etos yang berbasis karakter dan potensi individu
  • Mengoptimalkan peran pemberdayaan sebagai ruang tumbuh sumber daya manusia berkarakter
  • Menyinergikan program dengan kearifan lokal
  • Membangun dan mengoptimalkan jaringan Beastudi Etos

Sasaran

  • Lulusan SMA/ sederajat
  • Berasal dari keluarga tidak mampu
  • Berprestasi secara akademis
  • Diterima di salah satu PTN yang direkomendasikan oleh Beastudi Etos

Bentuk Fasilitas

  • Biaya pendidikan selama 8 (delapan) semester
  • Uang saku sebesar Rp. 500.000/ bulan selama 4 (empat) tahun
  • Asrama mahasiswa selama 2 (dua) tahun
  • Program pengembangan diri dan organisasi selama 4 (empat) tahun
  • Program pembinaan harian, pekanan, bulanan, dan skala nasional
  • Proyek gerakan sosial dan jaringan
  • Bantuan prestasi dalam dan luar negeri
  • Bantuan penelitian skripsi

Penerima Manfaat

  • Beastudi Etos saat ini tersebar di 14 wilayah dan 17 Perguruan Tinggi dengan penerima manfaat pada tahun 2015 sedikitnya 693 mahasiswa dan 1142 alumni program Beastudi Etos.
  • Wilayah sebaran Program Beastudi Etos meliputi Aceh, Medan, Padang, Jakarta, Banten, Bogor, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Malang, Surabaya, Samarinda, Makassar, dan Ambon.
  • Perguruan Tinggi Program Beastudi Etos meliputi Universitas Syiah Kuala, Universitas Sumatera Utara, Universitas Andalas, Universitas Indonesia, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, PPM School of Management, Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Bandung, Universitas Padjadjaran, Universitas Diponegoro, Universitas Gadjah Mada, Universitas Brawijaya, Universitas Airlangga, Institut Teknologi Sepuluh November, Universitas Mulawarman, Universitas Hasanuddin, dan Universitas Pattimura.
  • Masyarakat penerima manfaat program Desa Produktif di 14 wilayah program pada tahun 2015 mencapai 4.718 orang, termasuk 32 orang penerima beasiswa. Selain Desa Produktif, etoser juga mengadakan berbagai kegiatan misalnya Festival Anak Shaleh (FAS) dengan total peserta mencapai ribuan orang. Dalam proses seleksi Program Beastudi Etos, etoser mengadakan roadshow ke ratusan sekolah dan event Etos Expo yang dihadiri oleh ribuan siswa SMA.

Beasiswa Bina Tunas Unggul

Program investasi sumber daya manusia yang berfokus pada pembinaan dan pendampingan karakter dan prestasi siswa atau mahasiswa yang berasal dari masyarakat marginal sebagai upaya membentuk SDM berkarakter, berprestasi, dan berdaya. Salah satu program BANTU yang sudah berjalan adalah Beasiswa Anak Tani (BAT) dan Program Beasiswa S1 India.

Beasiswa Anak Tani (BAT)

Beasiswa Anak Tani (BAT) adalah program pemberian beasiswa untuk anak petani kelas 3 SMA/ SMK/ MA dalam mendukung proses belajar mereka di tahun terakhir mereka di bangku sekolah sehingga diharapkan mereka bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Selain pembiayaan pendidikan, para penerima manfaat program yang dimulai sejak tahun 2014 ini juga memperoleh pembinaan dan pendampingan untuk mengakses Beasiswa Bidik Misi dan lolos seleksi masuk PTN.

Penerima manfaat program BAT pada tahun 2014 sebanyak 248 siswa dan total penerima manfaat program BAT hingga 2015 sebanyak 526 siswa yang tersebar di  9 provinsi, yaitu Gorontalo, Jawa Barat, Jawa Tengah, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, dan Sumatera Barat. Teknis penyaluran beasiswa dan pembinaan program BAT ini melibatkan mitra ataupun jejaring Dompet Dhuafa di wilayah. Pada tahun 2016 ditargetkan ada 474 penerima manfaat program beasiswa ini.

India S1 Scholarship Program

India S1 Scholarship Program (ISSP) atau Program Beasiswa S1 India adalah program investasi sumber daya manusia untuk mahasiswa dari masyarakat marjinal yang melanjutkan kuliahnya ke India sebagai wujud kepedulian dalam membentuk professional dan sebagai upaya pengembangan jaringan Dompet Dhuafa. India dipilih karena kemiripan sosio-kultur dengan Indonesia dengan kelebihan pada potensi kompetensi dan jaringan serta biaya pendidikan yang relatif murah. Selain pembinaan, para penerima manfaat program yang dimulai sejak tahun 2015 ini memperoleh biaya pendidikan, support aktivitas (uang saku), biaya sewa tempat tinggal dan uang buku.

Penerima manfaat Program Beasiswa S1 India pada tahun 2015 sebanyak 2 orang mahasiswa dan akan ditambah lagi 2 orang mahasiswa pada tahun 2016 sehingga total penerima manfaat mulai tahun 2016 adalah sebanyak 4 orang mahasiswa yang berkuliah di Aligarh University yang merupakan universitas favorit mahasiswa asal Indonesia yang melanjutkan kuliah di India dan masuk dalam daftar 10 universitas terbaik di India. Adapun lama program adalah 3 tahun dengan evaluasi dilakukan setiap tahun.

Beasiswa Kemitraan

Program investasi sumber daya manusia yang merupakan bentuk kerja sama antara Beastudi Indonesia dengan berbagai pihak, baik instansi pendidikan, pemerintah, maupun perusahaan sebagai upaya membentuk SDM berkarakter, unggul, mandiri, dan kontributif.

Beasiswa Prestasi Chevron – DD

Beasiswa Prestasi Chevron – DD adalah program beasiswa plus pembinaan hasil kerja sama Dompet Dhuafa dengan Chevron Geothermal Salak (CGS) yang sudah terjalin sejak tahun 2011. Beasiswa ini diperuntukkan bagi kalangan dhuafa yang berdomisili di wilayah sekitar area CGS di Kabupaten Bogor dan Sukabumi serta memiliki prestasi hingga mampu melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Program Beasiswa Prestasi Chevron – DD memberikan fasilitas pembiayaan pendidikan, uang sewa asrama, dan pembinaan serta pengembangan diri mahasiswa.

Penerima manfaat Beasiswa Prestasi Chevron – DD sebanyak 40 mahasiswa angkatan 2010 – 2013 yang berasal dari tiga kecamatan di sekitar CGS, yaitu Kecamatan Kabandungan, Kalapanunggal dan Pamijahan. Lama program adalah empat tahun sehingga pada akhir tahun 2015, penerima manfaat eksisting program ini sebanyak 20 orang mahasiswa angkatan 2012 dan 2013. Program ini direncanakan akan berakhir pada tahun 2017.

Beasiswa Skripsi Yarob

Beasiswa Skripsi Yarob adalah beasiswa yang hadir dari hasil sinergi Beastudi Indonesia dengan Yayasan Sosial Yarob dari PT. Amythas. Program Beasiswa Skripsi Yarob merupakan bentuk dedikasi dari PT. Amythas yang diwakili dari lembaga sosialnya yang bernama Yarob yang bergerak sebagai penghimpun dana zakat, infak dan shodaqoh perusahaan. Dana yang berhasil dihimpun tersebut kemudian disalurkan melalui berbagai program salah satunya berupa pembiayaan skripsi dan pembinaan pengembangan diri penerima manfaat.

Beasiswa Skripsi Yarob adalah program beasiswa bantuan tugas akhir atau skripsi dengan sasaran penerima manfaat adalah mahasiswa yang kurang mampu secara finansial dan memiliki prestasi yang baik serta sedang menyelesaikan tugas akhir (skripsi). Sejak tahun 2014, Beasiwa Skripsi Yarob telah memberikan bantuan biaya skripsi dan pembinaan pengembangan diri kepada 17 mahasiswa yang tersebar di Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur. Jumlah tersebut terdiri dari angkatan 1 sebanyak 8 orang dari enam kampus dan angkatan 2 sebanyak 9 orang dari lima kampus. Program ini akan dilanjutkan kembali pada tahun 2016.

Beasiswa Kemitraan Kedubes Australia

Beasiswa Kedubes Australia adalah program beasiswa bagi anak-anak korban bom kuningan yang terjadi di Kedubes Australia pada tahun 2007. Program ini memfasilitasi biaya pendidikan, pembinaan dan pendampingan mulai dari pendidikan dasar hingga perguruan tinggi. Program kerjasama ini baru dimulai pada tahun 2015 dengan penerima manfaat sebanyak 8 orang yang tersebar di Jakarta, Tegal, Cirebon, dan Solo.

Beasiswa Aktivis Nusantara (Bakti Nusa)

Program investasi sumber daya manusia yang diberikan kepada para aktivis mahasiswa di berbagai bidang yang bertujuan membentuk negarawan pemimpin, berkarakter, kontributif, dan berprestasi. Beasiswa Aktivis Nusantara atau Bakti Nusa diwujudkan dalam tiga bentuk kegiatan. Pertama, pemberian dukungan aktivitas setiap bulan dan dukungan aktivitas dalam dan luar negeri. Kedua, fasilitas pengembangan diri, yakni pelatihan dan pembinaan. Pelatihan terdiri atas pembangunan karakter, pelatihan kepemimpinan, pelatihan kepenulisan, pelatihan komunikasi publik, dan training values. Pembinaan terdiri atas pembinaan aktivis, yakni pendampingan kepemimpinan praktis oleh fasilitator yang meliputi aspek agama, kepemimpinan, keterampilan manajerial, akademik, dan sosial yang juga berperan sebagai sarana berbagi, pemantauan, dan evaluasi bagi peserta program oleh fasilitator.

Sasaran

  • Mahasiswa muslim aktif S1 minimal semester V dan maksimal semester VII di kampus rekomendasi BAKTI NUSA (Unsri, UI, UNJ, IPB, ITB, Unpad, UNS, UGM, dan UNY)
  • IPK minimal 2.75 skala 4.00
  • Aktif sebagai pengurus organisasi minimal 1 (satu) tahun

 Bentuk Pendanaan

  • Dukungan aktivitas sebesar Rp. 800.000/ bulan
  • Dukungan aktivitas dalam dan luar negeri
  • Dukungan prestasi (bahasa asing dan magang)
  • Program pengembangan diri (pembangunan karakter, pembinaan, penugasan, pelatihan kepemimpinan, kepenulisan, komunikasi publik, dan nilai-nilai)
  • Proyek gerakan sosial

Sebaran Penerima Manfaat

Program BAKTI NUSA saat ini terdiri atas 96 mahasiswa dan 70 alumni dari Universitas Sriwijaya, Universitas Indonesia, Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Bandung, Universitas Padjadjaran, Universitas Sebelas Maret, dan Universitas Gadjah Mada. Selain penerima manfaat langsung, program BAKTI NUSA juga memiliki ribuan penerima manfaat tidak langsung dari gerakan sosial yang dilaksanakan di setiap wilayah maupun berbagai kegiatan pembinaan yang memberikan multiplier effect kepada masyarakat, misalnya dalam kegiatan Marching for Boundaries yang memberikan kebermanfaatan kepada masyarakat di wilayah perbatasan.

Beasiswa Kepakaran

Program investasi sumber daya manusia yang berfokus pada pembinaan, pendampingan dan pemberdayaan para calon pakar di bidang-bidang strategis untuk Indonesia berdaya. Saat ini, beberapa program beasiswa kepakaran eksisting antara lain  :

Program Beasiswa S2 Al Azhar

Program Beasiswa S2 Al Azhar merupakan program investasi sumber daya manusia dalam bentuk bantuan pendidikan, pendampingan, dan pemberdayaan mahasiswa pascasarjana Universitas Al-Azhar, Kairo – Mesir yang merupakan kerja sama antara Dompet Dhuafa dan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Mesir sebagai wujud kepedulian dalam membentuk kader da’i dan ulama yang berkarakter unggul, moderat, dan kontributif. Program beasiswa yang bersinergi dengan Corps Da’i Dompet Dhuafa (Cordofa) ini lahir karena tingginya kebutuhan da’i tanah air yang memiliki kepedulian dakwah di daerah marginal dan pedalaman. Asnaf zakatnya adalah fakir, miskin, dan fi sabilillah.

Program beasiswa S2 Al Azhar dimulai sejak akhir tahun 2013 dan saat ini sudah ada 2 angkatan dengan total penerima manfaat sebanyak 16 orang. Adapun jumlah penerima manfaat eksisting pada tahun 2015 sebanyak 14 orang. Penerima manfaat beasiswa ini diasramakan dan memperoleh pembinaan rutin termasuk pembinaan jarak jauh dengan tele conference. Para penerima manfaat juga mengadakan klinik akademik yang membantu masyarakat dalam pembelajaran bahasa sebagai proyek sosial mereka.

Program Beasiswa Dokter Spesialis

Program Beasiswa Dokter Spesialis merupakan program investasi sumber daya manusia Dokter Spesialis (Spesialisasi Penyakit Dalam, Anak, Obgyn, dan Bedah) dalam bentuk bantuan pembiayaan pendidikan, dukungan aktivitas, pembinaan dan pendampingan mahasiswa. Beastudi Indonesia bekerja sama dengan PROKAMI (Perhimpunan Profesi Muslim Indonesia) dan RS. Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa berupaya membentuk dokter spesialis yang memiliki karakter pro bono pubolico. Program beasiswa yang bersinergi dengan RS. Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa ini lahir karena tingginya kebutuhan akan dokter spesialis yang berpihak pada masyarakat marginal dan yang menjunjung tinggi nilai islam. Asnaf zakatnya adalah fi sabilillah.

Program Beasiswa Dokter Spesialis ini dimulai sejak tahun 2014 dengan 5 (lima) orang penerima manfaat dari Aceh, Sumatera Barat, DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Timur yang melanjutkan kuliah spesialis tertentu di Universitas Syahkuala, Universitas Indonesia, dan Universitas Brawijaya. Beastudi Indonesia fokus membina nilai-nilai dan keterampilan menulis sementara terkait pendampingan agama dan penajaman kompetensi dilakukan oleh pihak PROKAMI. Selepas program profesi, para penerima manfaat program beasiswa dokter spesialis ini terikat kontrak dengan RS. Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa.

Beastudi Ekonomi Syariah

Program Beastudi Ekonomi Syariah (BES) merupakan program investasi sumber daya manusia dalam bentuk pembinaan, support aktivitas, pendampingan, dan pemberdayaan mahasiswa S1 calon pakar ekonomi syariah yang merupakan kerja sama antara Dompet Dhuafa dengan STEI SEBI sebagai wujud kepedulian dalam membentuk calon pakar ekonomi syariah yang berkarakter unggul, berkompetensi global, dan kontributif. Program beasiswa yang bersinergi dengan STEI SEBI ini lahir karena tingginya kebutuhan akan pakar ekonomi syariah yang berakhlak baik, memiliki kompetensi spesifik, memiliki keterampilan public speaking dan menulis yang baik, serta memiliki kepedulian kepada masyarakat, umat Islam, bangsa dan negara. Asnaf zakatnya fi sabilillah.

Cikal bakal program Beastudi Ekonomi Syariah (BES) yang dimulai sejak tahun 2015 adalah program beasiswa Sumber Daya Manusia Ekonomi Syariah Pembangun Daerah (SDM Ekspad) yang digagas STEI SEBI. Sinergi program beasiswa SDM Ekspad dengan Beastudi Indonesia sudah dimulai sejak tahun 2012 dengan total penerima manfaat sebanyak 24 orang. Awalnya program ini masuk dalam ranah program beasiswa kemitraan sehingga inputnya pun relatif beragam. Setelah dilakukan evaluasi secara menyeluruh, program beasiswa ini dimasukkan dalam ranah beasiswa kepakaran pada tahun 2015 dan berganti nama menjadi Beastudi Ekonomi Syariah (BES) dengan penerima manfaat sebanyak 10 orang. Penerima manfaat beasiswa ini memperoleh support aktivitas, pembinaan kompetensi umum dan spesifik, serta menyelenggarakan program pemberdayaan masyarakat di sebuah desa binaan sebagai proyek sosial mereka.

Beastudi Kepemimpinan

Beasiswa Kepemimpinan merupakan investasi sumber daya manusia dalam mengembangkan kapasitas keilmuan & kepemimpinan para pegiat pembinaan sumber daya manusia strategis. Pengembangan kapasitas keilmuan dan kepemimpinan berupa dana dukungan S2 (bidang keilmuan yang dibutuhkan masyarakat), kepenulisan (mengisi rubrk media, publikasi jurnal ilmiah, menulis buku sesuai keilmuan), marketing tokoh (menjadi narasumber event), leadership laboratory (mengelola program Beastudi Etos di daerah), expertise & leadership coach, dan penugasan membaca dan resensi (12 buku diluar akademik per tahun).

Beastudi Indonesia Preparatory School (BIPS)

Program investasi sumber daya manusia Indonesia yang diberikan kepada para mahasiswa paska sarjana di kampus-kampus terkemuka di penjuru dunia yang bertujuan untuk menghasilkan SDM berkarakter, unggul, berdaya saing global dan berkontribusi terhadap masyarakat.

Program BIPS dimulai sejak akhir tahun 2014 dan hingga akhir tahun 2015 ini sudah memasuki batch 3. Batch 1 dilakukan di bulan November-Desember 2014 dengan peserta 10 orang, batch 2 di bulan Mei 2015 dengan peserta 15 orang dan batch 3 di bulan November-Desember 2015 dengan peserta sebanyak 11 orang. Peserta program BIPS akan mengalami masa orientasi sebelum diasramakan dan dikarantina selama sekitar 3 pekan untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggrisnya. Paska program, peserta BIPS akan dibantu untuk memperoleh LoA dari kampus luar negeri yang dituju dan memperoleh beasiswa dari LPDP atau dari lembaga pemberi beasiswa lainnya. Selain menjadi profesional yang mengembangkan kompetensinya dengan studi S2/ S3 di luar negeri, peserta BIPS diharapkan juga mampu menjadi duta Dompet Dhuafa untuk mengembangkan jaringan Dompet Dhuafa di luar negeri.

School of Leadership Engeenering (SLE)

Program pembinaan kepemimpinan yang spesifik, sistematis, bertahap dan berkelanjutan untuk mengorbitkan tokoh-tokoh baru. Profil pemimpin baru yang dibentuk oleh School of Leadership Engeenering adalah: Spiritual, Komunikatif, Pembelajar, Produktif. Pemimpin baru yang nantinya akan dibentuk oleh School of Leadership Engeenering meliputi 5 Kepakaran: Pakar Pendidikan, Cendekiawan Muslim, Professional (Dokter, Engineer, dll), Pengusaha, Pejabat Publik (Birokrat, Politisi, Kepala Daerah, dll)