Roadshow Negarawan Muda Indonesia di Yogyakarta

0
421

 

Bekerjasama dengan BEM, LEM, dan Forkom UKM Universitas terkait, Roadshow Negarawan Muda Indonesia (NMI) berlangsung dengan sukses pada 29 September – 14 Oktober 2012. Setiap akhir pekan, secara berturut-turut, Roadshow diselenggarakan di kampus UIN Sunan Kalijaga, UNY, UMY, UII, dan UAD. Roadshow ini adalah sarana pengenalan terhadap gerakan Negarawan Muda Indonesia, sebuah gerakan berbasis komunitas intelektual yang diinisiasi oleh penerima manfaat Bakti Nusa (Beasiswa Aktivis Nusantara) Dompet Dhuafa.

Gerakan Negarawan Muda Indonesia dalam tiap roadshownya mengambil tema Belajar Merawat Indonesia. Tema tersebut dikemas dalam bentuk diskusi dan Talkshow dengan pembicara dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Akademisi Kampus penyelenggara NMI, dan penulis buku Belajar Merawat Indonesia. Tak ketinggalan, di setiap Roadshow juga dibagikan buku Belajar Merawat Indonesia bagi 30 pendaftar pertama.

Direktur program Beastudi Indonesia Dompet Dhuafa, Romi Ardiansyah dalam sambutannya menyatakan bahwa Indonesia membutuhkan perawat-perawat baru sebagai sebuah ikhtiar perbaikan bangsa ke arah yang lebih baik. Hal tersebut diamini oleh para ketua Lembaga kampus penyelenggara roadshow NMI.

Roadshow pertama berjalan dengan meriah di UIN Sunan Kalijaga. Dimulai dari pukul 08.00 pagi, diskusi berjalan menarik dengan fokus utama membahas konsep Negarawan Muda dari kampus. Fakta-fakta yang ditampilkan oleh Bapak Indraza Marzuki dari KPK tentang bangsa ini mampu memberi warna tersendiri dari diskusi yang dihadiri 58 mahasiwa ini.

Tak mau ketinggalan, saat roadshow berlangsung di UNY, 60 mahasiswa dari AMIKOM, UNY, dan UGM meramaikan diskusi yang membahas konsep negarawan dari kampus pendidikan. Meski berlangsung di akhir pekan dan dimulai pukul 08.00 pagi, diskusi yang diisi dan dipandu oleh Bapak Yanuardi, M.Si, dosen Fakultas IlmuSosial UNY, jual beli dan saling lontar gagasan berlangsung menarik dan tidak membosankan.

Diskusi berikutnya di UMY tak kalah bernas, peserta yang hadir mayoritas dari Fakultas Hukum UMY. Walaupun pembicara dari KPK berhalangan hadir, Pak Oce Madril dari Pusat Kajian Anti korupsi (Pukat) UGM bersedia hadir sebagai narasumber diskusi tentang aktivis sebagai corong gerakan anti korupsi di kampus.

Roadshow NMI berlanjut di Fakultas Ekonomi UII. Pada kesempatan ini, hadir pembicara dari KPK yaitu Ibu Dian Rachmawati dan dosen FE UII Bapak Danang. Fokus pembicaraan pada diskusi kali ini adalah pentingnya capacitiy & character building sebagai bekal utama mahasiswa di masa depan. Tak ketinggalan, fakta dan ulasan seputar pembenahan kasus korupsi di Indonesia yang dipaparkan oleh Ibu Dian.

Sebagai penutup, Roadshow diselenggarakan di kampus III UAD.Acara kali ini dihadiri Bapak Gatot Sugiarto M.H., dosen Farmasi UAD sebagai pembicara. Peserta talkshow kali ini lebih beragam, tercatat ada pendaftar dari UGM, UTY, AMIKOM, UNY, dan UAD. Diskusi tentang kontribusi nyata negarawan muda bagi Indonesia ini ditutup oleh pemutaran Video dari KPK tentang inspirasi kebaikan dalam kehidupan sehari-hari.

Pada tiap kegiatan Roadshownya, panitia NMI memberikan informasi tentang bagaimana pendaftaran terhadap komunitas Negarawan Muda Indonesia. Anggota komunitas yang telah disaring nantinya akan difasilitasi dengan Upgrading pada Capacity Building serta pelatihan Jurnalistik rutin selama satu tahun. Diharapkan, komunitas ini akan menjadi wadah aktivis kampus yang saling bersinergi, berkontribusi secara nyata, dan berikhtiar memperbaiki diri bersama agar menjadi Negarawan yang bisa merawat bangsa ini di masa depan.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY