Satu Tahun Kinerja Jokowi-JK

399

Oleh: Erwin Pratama, Universitas Sriwijaya

Tanpa terasa pemerintahan Jokowi-JK sudah genap satu tahun memimpin Indonesia. Tepat tanggal 20 Oktober 2015 genap satu tahun Jokowi-JK memimpin Indonesia. Selama kurun waktu tersebut, 54,7% masyarakat tidak puas dengan kinerja pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla. Berbagai pertemuan pun dilakukan untuk membentuk kabinet dan berbagai kebijakan. Meskipun sekian pencapaian sudah diraih, tidak sedikit kontroversi muncul dari kebijakan Jokowi dan orang-orang yang dipilih dalam menjalankan roda pemerintahan.

Jokowi-JK merupakan orang yang terkemuka dan terpandang di Indonesia karena mereka memiliki tugas dan tanggung jawab yang besar untuk perubahan suatau bangsa. Namun genap satu tahun ini belum ada langkah-langkah kongkret yang beliau lakukan terhadap bangsa Indonesia ini. Permasalahan semakin menjadi, labil ekonomi yang semakin rendah, di sana-sini ribuan mahasiswa, masyarakat melakukan demo menuntut langkah-langkah nyata dan kinerja yang sesunggunya untuk bangsa ini.                                       Adapun prestasi dan hasil kinerja yang dilakukan Jokowi-JK selama kurun waktu satu tahun menurut beberapa sumber adalah sebagai berikut :

  1. Jokowi Pandai Melempar Bola Panas

Menilai bahwa Jokowi adalah pemimpin yang pandai dalam melempar bola panas, misalnya saja ketika memutuskan mutasi jabatan Kapolri. Jokowi meminta nasehat dari berbagai kalangan baik yang kalangan orang cendikiawan terpandang sampai pendapat dari berbagai pihak termasuk dari masyarakat sembari memperhatikan perkembangan di social  media. Setelah bola panas dilempar kesana kemari dan secara alamiah akhirnya bola panas itu dingin dengan sendirinya maka Jokowi memutuskan Badron Haiti menjadi Kapolri.

  1. BBM Naik, Bahan Pokok Naik

Melihat kondisi ini seharusnya Jokowi-JK memberikan langkah yang jelas dan tegas dalam menyikapi masalah BBM dan kenaikan bahan pokok. Bukan dengan mudahnya menaikkan harga BBM yang berdampak kepada masyarakat akan kebutuhan pokok yang begitu tinggi dan begitu mahal.

  1. KPK dilemahkan

Jokowi kian menjadi di negeri ini bahkan sampai lembaga yang menangani korupsipun di ikuti dan dicampuri sampai dibuatnya lemah dimata bangsa. Inilah tindakan yang tidak seharusnya dilakukan seorang presiden yang seharusnya menjadi penengah dan solusi untuk masyarakat bukan untuk mengadu domba kebijakan dan lembaga demi kepentingan politik.

  1. Permasalahan Freeport

Nasionalisasi aset sumber daya alam di Freeport belum bisa diatasi sampai saat ini. Kini negara-negara asing sudah mulai menguasai wilayah Indonesia terutama daerah Papua. Pengasilan yang begitu besar dan sumber daya akan kekayaan di dalam tanah Papua dengan hasil buminya seperti emas, tembaga, timah dan lain-lain kini telah dikuasai negeri orang. Tinakan pemerintah yang tidak tegas dengan perjanjian dan perpanjangan Freeport membuat negeri ini semakin dijajah. Disinilah seharusnya Jokowi-JK menjadi solusi untuk bangsa ini dan memberikan kenyamanan serta pemasukan yang bear untuk tanah papua.

  1. 12 Kegagalan Setahun Jokowi-JK  Berkuasa di Indonesia

Mengulas tentang gebrakan yang telah dibuat oleh Jokowi dan menghapus stigma masyarakat bahwa ia telah melakukan kegagalan. Salah satu poin yang dituliskan Ninoy adalah tentang kegagalan Presiden Jokowi mengikuti kemauan dan tekanan para mafia bola di PSSI dan FIFA. Presiden Jokowi dengan tegas memerintahkan Menpora untuk menghancurkan mafia sepakbola yang menghancurkan ranking sepakbola Indonesia di posisi 171.

  1. Pemerintahan Jokowi Tidak Transparan dan Penakut Terkait Bencana Asap

Fakta terbaru tentang satu tahun pemerintahan Jokowi, yaitu tentang bencana kabut asap. pemerintahan Jokowi tidak transparan dalam menanggapi bencana asap, misalnya saja tidak diketahuinya oleh masyarakat tentang identitas para pelaku pembakar hutan. Opini tersebut berkaitan dengan pernyataan Menteri Kehutanan dan Lingkungan, Hidup Siti Nurbaya yang menegaskan, pemerintah tidak akan membuka nama-nama perusahaan yang telah ditetapkan sebagai tersangka pembakaran hutan dan lahan.

  1. 365 Hari Bidang Ekonomi Pemerintahan Jokowi-JK Gagal

Jokowi telah gagal dalam memimpin Indonesia dalam bidang ekonomi, salah satu penyebabnya adalah anjloknya nilai tukar rupiah terhadap dolar yang semakin mengkhawatirkan, bahkan sudah sudah melampaui level terparah sejak krisis 1998 yaitu Rp. 14.450/Dollar AS.

Demikian prestasi 1 tahun terhadap kinerja Jokowi-JK. Semoga kita sebagai bangsa yang peduli, mahasiswa yang berintelektual, dan mahasiswa yang siap berkontribusi segera bersiap-siap untuk merancang Indonesia menjadi bangsa yang lebih makmur dan sejahtera di kanca dunia maupaun internasional.

Negarawan muda, pelopor bangsa !!!
Negarawan muda, belajar merawat Indonesia !!!
Hidup negarawan muda, hidup mahasiswa !!!

 


***


Donasi Pendidikan
Mari bantu anak-anak Indonesia agar merdeka dari kemiskinan dan kebodohan melalui :

Yys Dompet Dhuafa Republika
Rekening BNI Syariah 2880 2880 13

Kantor:
Bumi Pengembangan Insani Jl. Raya Parung Bogor KM, 42 Ds. Jampang Kec. Kemang Kab. Bogor Jawa Barat 16310

Telp:
(0251) 8610817, 861818, 8612044
SHARE