Semangat Anak-Anak Cerdas di SDN Dukuh 02 Galuga

0
354

Cuaca mendung menyelimuti pagi ini, tetapi para Etoser Bogor Angkatan 51 dan 52 tetap melaksanakan rutinitas mengajar Best Learning di SDN Dukuh 02 dengan semangat.

Lho lalu Angkatan 53? Etoser 53 sedang melaksanakan kegiatan psikotes di Bumi Pengembangan Insani (BPI) Bogor. Okee kita mulai cerita dari kelas 1, Kelas 1 mengawali KBM dengan doa dilanjutkan materi Agama Islam, membaca Al Fatihah sampai Al Ikhlas. Untuk mengecek tulisan arab adik-adik kelas 1, kakak Etoser memberi tugas menulis huruf hijaiyah. Tidak sampai di sana, materi proyek Taman sesi 1 kakak Etoser sampaikan juga yaitu mulai dari pengenalan taman sampai menggambar pohon yang diwarnai.

Ada dua kakak Etoser yang menemani Kelas 2, mereka mengawali dengan operasi semut dilanjutkan dengan membaca doa sebelum belajar. Materi proyeknya masih mengenai Sanitasi dengan menjelaskan mengenai pertumbuhan tumbuhan dan fungsinya untuk kebersihan dan kesehatan. Supaya semakin dekat dengan adik-adik kelas 2, kakak Etoser memeriksa bacaanQAl Fatihah satu per satu. Pindah ke kelas 3, Kelas 3 dibimbing oleh dua kakak etoser. Seperti biasa diawali dengan doa dilanjutkan materi Agama Islam mengenai Al Lahab. Materi proyek kelas 3 Mini farm sesi 2 yaitu menanam biji bayam hijau di Tray Semai Tanaman yang insya Allah minggu depan akan dipindahkan ke polybag.

Mari bergeser ke kelas 4, kelas 4 tidak kalah seru dari kelas sebelumnya. Kakak Etoser mengawali dengan doa. Kemudian membaca, menulis, dan menghafal Al Ikhlas sampai Al Lahab serta bercerita kisah Abu Lahab. Materi proyeknya Mini Farm sesi 2 yaitu menanam biji bayam merah ke dalam Tray Semai. Tiap adik kelas 4 menanam biji ke Tray secara bergantian. Bagaimana dengan keas 5? Nahh di Kelas 5 ada satu kakak Etoser 51. Sebelum kegiatan, diawali dengan doa dilanjutkan dengan materi proyek Taman sesi 1 yaitu pengenalan dan penjelasan mengenai fungsi taman dengan memperlihatkan gambar taman sekolah di papan tulis. Selain itu, materi agama Islam yang disampaikan adalah Al Ikhlas. Mulai dari membaca, diskusi sampai cara membaca Al Ikhlas sesuai tajwid. Adik-adik juga dilatih sikap berani untuk berbicara di depan kelas mengenai Al Ikhlas.

Yuk lanjut ke Kelas 6, Kelas 6 didampingi oleh satu kakak Etoser. Kegiatan diawali dengan doa dan pembuka yang dilanjutkan dengan hafalan dan kandungan Al Falaq. Materi proyek yang disampaikan mengenai _Mini Farm sesi 1 yaitu penjelasan mengenai mini farm dengan teknik diskusi (bertanya lalu menjawab). Itu bertujuan untuk melatih keberanian siswa dan melatih siswa untuk aktif berfikir. Kemudian adik-adik kelas 6 diberikan penjelasan mengenai proyek untuk minggu depan dan KBM pun diakhiri dengan doa penutup majelis.

BERSAMBUNG~ 😉
Tunggu cerita kegiatan DESPRO Bogor selanjutnya yaa

BAGIKAN

LEAVE A REPLY