Subandi Rianto “Sang Aktivis Cumlaude”

323

“Saatnya MENJADI MAHASISWA PARIPURNA di KAMPUS, dengan TARGET menjadi AKTIVIS MAHASISWA yang LULUS dengan AKADEMIK CUMLAUDE’’

Demikian status Subandi Rianto di Grup IKATAN ALUMNI SMART EKSELENSIA INDONESIA tertanggal 12 April 2012. Untuk mahasiswa sekaliber Subandi, status tersebut tentu bukan hanya isapan jempol semata.  Beberapa prestasi akademik yang telah diraihnya selama kuliah antara lain dengan mendapatkan indeks prestasi (IP) Cumlaude 4.00 pada semester pertama, menjadi delegasi Universitas Airlangga pada Dialog Sejarah Kementerian Budaya dan Pariwisata di Medan-Sumatera Utara pada tahun 2010, Juara I Debat Bahasa Indonesia Pekan Ilmiah Mahasiswa UNAIR pada tahun 2011, Juara I Mahasiswa Berprestasi FIB UNAIR 2011, Finalis Mahasiswa Berprestasi tingkat Universitas Airlangga 2011, dan Juara I Kompetisi Essay Sejarah se-Jawa, Bali dan Kalimantan yang diadakan oleh Departemen Sejarah Program PHKI Batch V 2011.

Mahasiswa semester enam jurusan Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga ini tak hanya berprestasi di bidang akademik, tapi juga aktif di beberapa organisasi kemahasiswaan UNAIR. Tahun 2010, ia terpilih menjadi Sekjen Himpunan Mahasiswa Sejarah sekaligus menjadi Kadiv Marketing Yayasan Sosial UKM Kerohanian Islam UNAIR. Dan di tahun berikutnya ia terpilih menjadi Ketua Umum Lembaga Dakwah Fakultas SKI FIB UNAIR. Bahkan di tahun ketiganya ini ia mulai merambah kelembagaan kampus yang lebih tinggi lagi. Ia terpilih menjadi Sekretaris Umum Lembaga Dakwah Kampus Jamaah Nuruzzaman UNAIR dan Menteri Kebijakan Publik BEM KM UNAIR 2012.

Aktivitasnya yang padat bahkan tak pernah menyurutkan semangat dan kegemarannya untuk terus menulis. Beberapa tulisannya sempat dipublikasikan di beberapa media cetak maupun elektronik, seperti  opini “Dewasa dalam Berpolitik” dimuat di JAWA POS 2010, Opini “Tradisi Tawuran” dimuat di HARIAN SURYA JATIM 2010, Cerpen “Telat Kuliah’ dimuat di Rubrik Cerpen JAWA POS 2010, Opini “Menjaga Cagar Budaya” dimuat di JAWA POS 2011, Opini “Hari KA: Momentum untuk Berubah” dimuat di HARIAN SURYA 2011, dan Opini “Transformasi Arah Pergerakan Mahasiswa” dimuat di www.kampus.okezone.com.

Subandi adalah anak pertama dari 3 bersaudara, berasal dari Jogja dari latar belakang keluarga sederhana. Ketika masih bersekolah di SMART Ekselensia, ia juga sempat terpilih menjadi ketua mading OASE dan bahkan menjadi ketua OASE di kepengurusan berikutnya. Ketika ditanya tentang segudang prestasinya, ia hanya menjawab “Alhamdulillah, itu semua karena izin Allah dan support dari Dompet Dhuafa juga. Semoga menjadi inspirasi buat yang lainnya..”. semoga prestasi Subandi ini akan memacu teman-teman alumni SMART yang lain untuk terus berprestasi.


***


Donasi Pendidikan
Mari bantu anak-anak Indonesia agar merdeka dari kemiskinan dan kebodohan melalui :

Yys Dompet Dhuafa Republika
Rekening BNI Syariah 2880 2880 13

Kantor:
Bumi Pengembangan Insani Jl. Raya Parung Bogor KM, 42 Ds. Jampang Kec. Kemang Kab. Bogor Jawa Barat 16310

Telp:
(0251) 8610817, 861818, 8612044
SHARE