Sudah Saatnya Indonesia Bersih dari Sampah

369

Oleh: Rahmawati, Pengurus Ranting Hijau UI

Sampah merupakan salah satu masalah yang masih belum selesai di Indonesia. Berbagai solusi penganggulan sampah telah di lakukan, seperti pemanfaatan sampah dengan 3 R (Reuse Reduce Recyle) , pemilahan sampah, fasilitas tempat pembuangan sampah, dan lain sebagainya. Namun, dari berbagai solusi tersebut, hingga saat ini masih belum menimbulkan dampak yang optimal bagi masalah sampah itu sendiri.

Sebelum kita membahas lebih jauh solusi untuk mengatasi masalah sampah tersebut, mungkin kita bisa melihat bagaimana negara lain mengatasi sampah penduduknya. Ini adalah pengalaman yang saya dapatkan di Turki dan di Qatar.

qatar1 qatar2

Tempat Pemilihan Pembuangan Sampah di Qatar

Dari gambar di atas, terlihat bahwa Qatar memilki tempat pemilihan sampah yang lebih spesifik di bandingkan dengan turki. Bagi saya, pemilihan sampah menjadi hal yang sangat penting dalam menyelesaikan masalah sampah, karena dengan pemilihan yang baik, maka pengolahan sampah akan berjalan lebih mudah dan lebih optimal.  Meskipun kedua negara tersebut memiliki perbedaan klasifikasi, namun kedua negara tersebut adalah negara yang bersih dan disiplin dengan keberadaan sampahnya. Dari kedua contoh kasusus diatas, kita dapat mengambil sebuah benang merah dengan membuat pertayaan “ bagaimana itu bisa terjadi?”

Menjawab pertanyaan tersebut, saya berpendapat bahwa, merubah gaya hidup membuang sampah di Indonesia adalah faktor yang sangat penting dalam suksesnya mengatasi sampah. Masyarakat Indonesia terbiasa untuk membuang dan menyatukan berbagai jenis sampah tanpa harus memilahnya tentu saja ini menjadi tantangan yang sangat besar dalam mengubah kebiasaan tersebut. dari sini, akan muncul pertanyaan baru, yaitu “bagimana cara megubah kebiasaan masyarakat Indonesia yang tidak terbiasa memilah sampah?”

Design Thinking merupakan cara yang saya gunakan untuk mengajukan solusi atas permasalahan sampah Indonesia. Design thinking akan membawa saya menjadi pelaku yang tidak disiplin terhadap sampah dan mempertanyakan kembali apa yang saya inginkan agar saya dapat disiplin dengan sampah tersebut.

Ketika saya mempertanyakan  pada diri sendiri mengapa saya tidak di siplin terhadap sampah? Maka saya akan menjawab:

  • Karena tempat sampah di sekitar saya hanya satu jenis
  • Karena sekalipun ada tempat sampah dengan klasifikasi pembuangan sampah, sangat jarang di temui
  • Merepotkan dalam pemilihan pembuangan sampah
  • Tidak menarik memilah sampah

Dari alasan ini, saya dapat mengajukan solusi dengan:

  • Penyediaan tempat pemilahan t sampah di setiap rumah
  • Keberadaan tempat pemilihan sampah di mana-mana
  • Membuat berbagai ajakan tertulis untuk memuliakan orang-orang yang mau memilah sampah
  • Tempat pemilihan sampah yang menarik, unik, dan khas.

***


Donasi Pendidikan
Mari bantu anak-anak Indonesia agar merdeka dari kemiskinan dan kebodohan melalui :

Yys Dompet Dhuafa Republika
Rekening BNI Syariah 2880 2880 13

Kantor:
Bumi Pengembangan Insani Jl. Raya Parung Bogor KM, 42 Ds. Jampang Kec. Kemang Kab. Bogor Jawa Barat 16310

Telp:
(0251) 8610817, 861818, 8612044
SHARE