Training Cerdas Sosial Bersama Perwakilan OSIS SMA dan SMK Se-Tangerang Selatan

344
Kegiatan TCS Beasiswa Beastudi Indonesia

Training Cerdas Sosial kembali diadakan oleh School Sosial Responsibility-Beastudi Indonesia di SMAN 2 Tangerang. Training Cerdas Sosial  kali ini merupakan pelaksanaan  kegiatan serupa yang keempat di wilayah Jabodetabek dan sengaja mengundang para perwakilan OSIS SMA dan SMK se-Tangerang Selatan. Sekitar 50 peserta menghadiri acara yang dilaksanakan pada tanggal 1 Agustus 2012 ini.

Peserta yang merupakan para utusan pengurus OSIS ini diundang bukan tanpa alasan, hal ini dikarenakan program ini dapat menjadi bagian dari program kegiatan OSIS yang mereka lakukan disekolah masing-masing. Harapannya pula apa yang mereka dapatkan dalam Training Cerdas Sosial  kali ini, dapat menjadi inspirasi bagi teman-teman lainnya disekolah.

Agar nilai-nilai yang terkandung dalam Training Cerdas Sosial  (TCS) ini dapat teraplikasikan, diadakan pula workshop membuat proyek sosial.  Dalam sesi ini tiap utusan dibagi menjadi beberapa kelompok dan mereka diminta untuk membuat program atau proyek sosial yang kemudian dipresentasikan dihadapan peserta yang lain.

Hadir dalam kesempatan ini Bapak Drs. H. Ahmad P. Sopandy, MPd selaku Kepala Sekolah SMA N 2 Tangerang Selatan dan beliaupun berkenan memberikan sambutan, sekaligus membuka acara tersebut. Dalam sambutannya beliau mengapresiasi positif kegiatan Training Cerdas Sosial  (TCS)  dan workshop sebagai salah satu upaya dalam membentuk karakter siswa peduli dan kedermawanan. “Sekolah bukanlah satu-satunya lembaga yang bertanggung jawab untuk membentuk karakter peduli  dan dermawan,  peran serta dari lembaga seperti School Sosial Responsibility-Beastudi Indonesia  ini sangat membantu dan harus di dukung”  lanjut beliau.

Dalam kegiatan kali ini, tampil sebagai trainer , Aris Setyawan dari ABCo, lembaga training  yang ber fokus pada pengembangan kapasitas dan karakter SDM serta pelajar. Para peserta sangat antusias mengikuti berbagai jenis permainan dan juga  materi  yang disampaikan. Sebagai penutup materi diadakanlah  kontemplasi, yang membuat sebagian besar peserta larut dalam renungannya dan tidak sedikit pula  yang meneteskan air mata.

Sesi kedua diisi oleh workshop bersama Eko Sriyanto selaku Koordinator Program Sekolah Desa Produktif Beastudi Indonesia. Dalam workshop ini kepedulian dan kecerdasan peserta dalam membuat proyek sosial benar-benar diasah. Mereka  diajarkan bagaimana membuat proposal kerja sosial yang kongkrit, secara program menyentuh langsung kepada masyarakat yang membutuhkan dan secara dana tidak terlalu besar.

Surya Eka Setyawati Kelas XI IPA 4 yang merupakan perwakilan dari OSIS SMAN 7 Tangerang Selatan berkomentar “ Kegiatan ini sangat menyenangkan dan memotivasi, semoga pelajaran yang kami dapat bisa kami terapkan di kehidupan sehari-hari”. Sedangkan Ayunota Maitary kelas XI Akuntansi dari SMKN 1 Tangerang Selatan mengatakan bahwa banyak motivasi yang didapat, serta banyak arahan untuk lebih peduli dengan lingkungan sekitar, dan kita diajarkan pula bahwa kepedulian itu tidak hanya berasal dari materi, namun dapat pula  dari ilmu yang kita punyai dan dari informasi yang  kita dapat. (aidil)


***


Donasi Pendidikan
Mari bantu anak-anak Indonesia agar merdeka dari kemiskinan dan kebodohan melalui :

Yys Dompet Dhuafa Republika
Rekening BNI Syariah 2880 2880 13

Kantor:
Bumi Pengembangan Insani Jl. Raya Parung Bogor KM, 42 Ds. Jampang Kec. Kemang Kab. Bogor Jawa Barat 16310

Telp:
(0251) 8610817, 861818, 8612044
SHARE