Training Kerelawanan Despro Semarang

174

Minggu, 16 April 2017 bertempat di gedung D305 Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Diponogoro, Komunitas Filantropi Pendidikan (KFP) bersama Desa Produktif (Despro) Beastudi Etos Semarang menghelat training kerelawanan bagi 52 Etoser yang bergerak memberdayakan masyarakat di desa Rowosari Semarang.

Semarang merupakan kota kelima yang disambangin, setelah sebelumnya hal serupa juga dihelat di Padang, Aceh, Bogor dan Bandung. Rencananya, pekan depan, tim juga akan menghelat kegiatan sejenis di Yogyakarta.

“Training kerelawanan untuk para Etoser penggiat Despro adalah sebuah kegiatan yang sengaja kami susun guna meningkatkan kapasitas Etoser dalam menjalankan aktivitas pemberdayaan desa di binaan, khususnya tentang pengelolaan kerelawanan,” jelas Dinis, Koordinator Pusat Desa Produktif Beastudi Etos. Dinis pun menambahkan, kalau kegiatan ini akan berlangsung sepanjang tahun, dan akan menyambangi 14 wilayah pemberdayaan Despro, mulai dari Aceh hingga Ambon.

Beberapa materi penting yang disampaikan pada Pelatihan tersebut antara  lain tentang pengetahuan dasar pemberdayaan, penyusunan program pemberdayaan berkelanjutan, manajemen kerelawan, komunikasi era milenial, crowdfunding dan kreatif fundraising.

Andi Angger Sutawijaya yang merupakan Koordinator Komunitas Filantropi Pendidikan serta penggerak beberapa komunitas kerelawanan didapuk sebagai fasilitator dalam rangakaian roadshow training kerelawanan ini.

“Saya belajar banyak hari ini, soal bagaimana mengelola sebuah gerakan, berfikir kreatif dan memandang masalah sebagai peluang kebaikan dan kolaborasi. Rasanya seperti mendapat suntikan semangat baru untuk terus hadir memberdayakan saudara-saudara kita di Rowosari,” ungkap salah satu peserta pelatihan di Semarang.

“Indonesia patut berbangga dan optimis atas masa depannya. Bagaimana tidak, hari ini kaum mudanya sudah mulai tumbuh semangat untuk ikut turun tangan menuntaskan pemasalahan-permasalahan sosial di sekitarnya. Saat ini gerakannya memang masih bersekala mikro. Tapi saya percaya, jika semangat kolaboratif sudah menjadi mindset setiap penggerak, maka gerakan yang bertransformssi sebagai raksasa hanya tinggal menunggu waktunya” pungkas Angger yang ditemui di sela-sela pelatihan


***


Donasi Pendidikan
Mari bantu anak-anak Indonesia agar merdeka dari kemiskinan dan kebodohan melalui :

Yys Dompet Dhuafa Republika
Rekening BNI Syariah 2880 2880 13

Kantor:
Bumi Pengembangan Insani Jl. Raya Parung Bogor KM, 42 Ds. Jampang Kec. Kemang Kab. Bogor Jawa Barat 16310

Telp:
(0251) 8610817, 861818, 8612044
SHARE