Belajar Menulis Sambil Ngabuburit Yuk

0
328

Belajar Menulis Sambil Ngabuburit Yuk

Oleh: Suciyati Martinea, IPB IKK

Banyak orang yang mengatakan bahwa menulis adalah hal yang sulit, perlu bakat untuk menjadi seorang penulis, ketika menulis ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti EYD atau aturan lainnya, menulis itu membutuhkan bakat agar hasil tulisannya pun bagus. Pernakah kamu melakukan hal tersebut?

Oke sekarang saya ingin meminta satu hal sebelum kita lebih jauh menyelam lebih dalam, yaah hitung-hitung ngabuburit ya, bagaimana cara untuk kita bisa menulis. Silahkan kalian tulis “Aku bisa menulis.” Sudah? Oke mungkin hanya dalam hitungan detik kalian bisa menuliskan hal tersebut. Perintah kedua, sekarang silahkan tulis kembali kalimat yang sama. Dengan tangan kiri!

Bagaimanakah hasilnya? Apakah sebagus tulisan pertama? Saya kira tidak, mengapa? Karena kita tidak terbiasa. Tidak TERBIASA untuk menulis dengan tangan kiri. Sejak dulu, dari mulai taman kanak kanak, bahkan hingga detik ini perintah menulis dengan tangan kanan tidak pernah berubah sekalipun, kita biasa untuk menulis dengan tangan kanan untuk bertahun-tahun.

Bagaimana? Apakah kamu sudah melihat benangnya? Ya! Semua butuh proses. Dan perbedaan yang membuat seorang yang bisa menulis dan tidak adalah LATIHAN. Tentunya latihan yang dilakukan dengan keberlanjutan. Seperti yang kita lihat saat ini, pidi baiq, tere liye, dan penulis lainnya, bisa membuat jiwa kita tenggelam begitu saja ketika membaca buku mereka. Dengan mudah nya mereka memporak-porandakan hati kita hanya dengan sebuah tulisan. Sekali lagi, pasti mereka selalu melakukan latihan berkali kali, tidak mungkin hanya dalam beberapa hari mereka dapat menjadi seorang yang handal. Perbedaannya pun ada pada kata “Ingin”. Adakah keinginan kuat untuk dapat menulis? Bukan tidak bisa, tapi kita sendiri yang kadang tidak mau untuk berlatih lebih. Bahkan memang jika seseorang mempunyai bakat, hal tersebut memiliki proporsi 1%, dan sisanya? 99% adalah latihan!

Jadi, mulailah dengan free writing, jangan pikiran EYD atau aturan lainnya, tapi mulailah dulu dengan mengutarakan ide yg kamu miliki. So! Selamat berproses ya.

 

***

Mari bergabung dan bergandengan tangan bersama Dompet Dhuafa Pendidikan untuk menyalakan pelita harapan anak-anak yang kurang beruntung secara ekonomi melalui program-program pendidikan berkualitas. Salurkan zakat, infak, dan sedekahmu melalui nomor rekening: 2881 2881 26 BNI Syariah a.n. Yayasan Dompet Dhuafa Republika.

Komentar via Facebook
BAGIKAN