Berkompetisi Lagi, Meraih Prestasi di Ajang Baru

0
45

Nama saya Amnan Haris biasa dipanggil Haris. Saat ini sedang menempuh studi S1 Biologi di Fakultas Sains dan Matematika, Universitas Diponegoro Semarang. Alhamdulillah saya merupakan Penerima Manfaat (PM) Beastudi Etos – Dompet Dhuafa Pendidikan.

Merupakan suatu kebanggaan bagi saya karena bisa ikut berkompetisi dengan mahasiswa lain se-Indonesia. Oleh karena itu, Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Beastudi Etos-Dompet Dhuafa yang telah memberikan support prestasi guna megikuti kegiatan SSE 2017 di Universitas Sriwijaya. Tak lupa saya ucapkan terima kasih juga untuk keluarga besar Etos Semarang dan keluarga di rumah yang telah memberikan motivasi untuk terus berkembang dan meraih cita-cita dalam hidup.

Alhamdulillah, pada 1 dan 2 November 2017 saya bersama tim yang terdiri dari M. Ashar (Biologi Undip 2014) dan Puteri Aryani (Biologi Undip 2015) bisa mengikuti kegiatan SSE (Sriwijaya Scientific Event) yang diadakan oleh Universitas Sriwijaya. SSE merupakan rangkaian kegiatan lomba dan seminar nasional yang diorganisir oleh panitia yang merupakan mahasiswa FMIPA yang terpilih melalui serangkaian proses open recruitment. SSE 2017 ini merupakan  kegiatan multi-event nasional tingkat mahasiswa yang diadakan pertama kali tahun ini. Rangkaian kegiatannya meliputi Lomba Fotografi, Lomba Cipta Puisi Berbahasa Inggris, Lomba Teknologi Tepat Guna dan Lomba Karya Tulis Ilmiah. Adapun kegiatan lainnya meliputi seminar nasional, pameran stand, kompetisi dan field Trip.

Seminar Nasional pada SSE ini mengusung tema yaitu inovasi dan teknologi pengelolaan sampah. Seminar yang bertempat di gedung Student Center (SC) UNSRI Inderalaya, Kab. Ogan Ilir ini mengundang tiga pembicara kompeten di bidangnya antara lain Hanar Dono yang membawakan materi tentang kelompok usaha pengelolaan sampah, dengan fokus utama pada startegi membangun dan merintis usaha pengelolaan sampah di lingkungan masyarakat; Tedy Aliudin yang membahas tentang strategi pengelolaan bank sampah, dan materi terakhir; dan yang terakhir Bambang dengan materi tentang pengelolaan sampah berbasis kimia, meliputi pirolisis pada kesempatam ini juga ada demo alat secara langsung oleh narasumber.

Setelah seminar acara dilanjutkan dengan rangkaian lomba seperti LKTI, Teknologi Tepat Guna, Fotografi dan Cipta Puisi. Saya dan tim mengikuti lomba KTI yang diikuti oleh 13 peserta dari berbagai universitas di Indonesia yaitu UNSRI, IPB, UNDIP, UIN Raden Patah, Poltekkes Lampung, Unimed dan Unsoed. Juara 1 dan 2 direbut oleh IPB sedangkan juara 3 diraih oleh UIN Raden Patah.

Setelah lomba, pada malam harinya diadakan makrab, atau sharing sharing bersama panitia dan seluruh peserta di Ruang SC, berisi tentang perkenalan serta kesan pesan selama berada di UNSRI. Pagi harinya dilanjutkan pengumuman dan upacara penutupan oleh birokrasi Fakultas MIPA UNSRI. Seusai acara dilanjutkan Field Trip keliling kota palembang dan mengunjungi beberapa spot atau lokasi wisata yang berada di palembang, yaitu Masjid Cheng Ho, Jaka Baring sport area, Jembatan Ampera dan Sungai Musi.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY