Etoser Bogor Unjuk Aksi Dalam Debat Economic Expo #6 di Yogyakarta

0
239
Etoser Bogor Unjuk Aksi Dalam Debat Economic Expo #6 di Yogyakarta
Etoser Bogor Unjuk Aksi Dalam Debat Economic Expo #6 di Yogyakarta

Lazuardi Bahrul Hidayat merupakan penerima manfaat Beastudi Etos Bogor angkatan 2016. Bahrul berkesempatan untuk mengikuti perlombaan debat di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Kegiatan debat kali ini merupakan rangkaian acara Economic Expo #6 yang diselenggarakan oleh BEM Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 17 sampai 19 November 2018 dengan mengusung tema Optimalisasi Ekonomi Digital Guna Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Bangsa Ke Arah Modernisasi. “Kegiatan lomba debat sangat membantu saya dalam mengembangkan argumentasi terkait bagaimana perkembangan perekonomian bangsa dalam ranah era digital”, jelas Bahrul.

Sebagaimana sebuah peperangan maka dibutuhkan persiapan yang tak kalah hebat. Meski masih dalam tahap belajar bukan jadi pembenaran untuk tidak berusaha semaksimal mungkin. Berbagai ajang kompetisi penalaran telah Bahrul ikuti terhitung sejak semester 3 sampai saat ini, semester 5. Bahrul telah membuat terget untuk mengikuti kompetisi minimal sekali setiap bulan dan rasa percaya diri pun semakin kuat. “Lomba debat berbeda dengan lomba karya tulis maupun essay. Hormon adrenalin lebih terpacu dalam kegiatan lomba debat karena ditantang untuk mampu menyusung argumentasi, menguatkan statement, menyanggah argumentasi lawan serta keselarasan penyampaian dalam tim harus dilakukan sepersekian menit”, jelas Bahrul ketika ditanya kesan setelah acara lomba debat.

Kegiatan lomba debat dimulai hari sabtu tanggal 17 November dengan agenda technical meeting. Agenda ini hanya membahas teknis perlombaan serta kesepakatan bersama terkait aturan lomba. Bahrul dan tim berjuang untuk bisa mengikuti lomba ini hingga lomba hari pertama masuk kedalam 8 besar.

Keesokan harinya bahrul dan tim kembali tanding dengan nomor urut pertandingan ke 3. Tanpa ada rasa ragu, Bahrul dan tim kembali sangat percaya diri, mampu mengemukakan argumen dengan jelas, membawa data, serta mendefinisikan dengan baik. Semoga kegiatan ini menjadi pengalaman berharga untuk Bahrul dan tim dalam mengikuti perlombaan, Aamiin

 

Komentar via Facebook