FAS 2018 : Aku Anak Tangguh, Berani, Berakhlak Islami

0
106

Festival Anak Sholeh 2018 merupakan serangkaian lomba berbasis Islam yang diselenggarakan oleh Beastudi Etos Surabaya, Dompet Dhuafa. Latar belakang diadakannya Festival Anak Sholeh atau yang sering disebut FAS sendiri adalah dengan berjalannya waktu, tantangan datang silih berganti, munculah permasalahan-permasalahan baru yang membutuhkan ide cemerlang dari para generasi muda. Namun, perlu untuk disadari bahwa generasi muda tidak hanya membutuhkan penguasaan ilmu pengetahuan umum belaka melainkan juga perlu dalam pemahaman ilmu agama sebagai pondasi yang menjadi pijakan mereka dalam bertindak dan berpikir.

Melalui acara ini kami berinisiatif untuk memberikan wadah kepada generasi muda untuk mempersiapkan mental mereka dalam menghadapi kompetisi di masyarakat kelak yang berlandaskan nilai-nilai islami dan untuk menjadi sarana mempererat ukhuwah dengan merangkul segala aspek dalam menciptakan masyarakat yang madani melalui rangkaian acara “Festival Anak Sholeh” tahun 2018 dengan tema “Aku Anak Tangguh, Berani, Berakhlak Islami”.

Festival Anak Sholeh ini terdiri dari 4 cabang lomba, yaitu Lomba Kaligrafi, Lomba Cerdas Cermat Islam, Lomba Da’i dan Lomba Tahfidz. Tidak hanya diikuti oleh siswa SD/MI Sederajat se-Surabaya, melainkan ada beberapa siswa yang berasal dari luar Surabaya misalnya Sidoarjo. Meskipun acara ini diperuntukkan untuk adik-adik maksimal berumur 12 tahun, ada juga adik kelahiran 2012 yang sudah memberanikan diri untuk mengikuti lomba Tahfidz Al-Qur’an.

Untuk rangkaian acara dilakukan dalam 2 hari berturut-turut di Masjid Manarul Ilmi dan beberapa ruang kelas di ITS. Acara dibuka serentak dan diikuti oleh semua cabang lomba (Da’i, Cerdas Cermat Islam, Tahfidz dan Kaligrafi)di Serambi Utama Masjid Manarul Ilmi, ITS. Untuk rangkaian acara masing – masing lomba dibagi dalam 2 tahap yaitu babak penyisihan dan babak final, khusus untuk Cerdas Cermat Islam dibagi menjadi 3 babak yaitu babak penyisihan, babak semifinal dan babak final. Masing – masing lomba memperebutkan 6 juara yaitu Juara 1,2,3, Harapan 1,2,3. Untuk babak final dilaksanakan di Serambi Utama Masjid Manarul Ilmi setelah acara tabligh akbar yang menghadirkan Pak Andri dan Bunda Euis sebagai orangtua 3 anak homescolling dan motivator.

Komentar via Facebook
BAGIKAN