Gemar Berbuat Baik Meskipun Dalam Keterbatasan Finansial

0
204
Gemar Berbuat Baik Meskipun Dalam Keterbatasan Finansial
Gemar Berbuat Baik Meskipun Dalam Keterbatasan Finansial

Adalah Marlina, calon dokter yang mencoba memberikan kemanfaatan bagi masyarakat. Marlina membuka layanan pemeriksaan kesehatan secara gratis untuk warga di kampungnya. Anak gadis pasangan petani ini melakukan derma dari kantongnya sendiri. Meski keterbatasan finansial masih menjadi masalah dalam keluarganya, namun tak menyurutkan langkah Marlina untuk terus memberi.

 

Mahasiswi Kedokteran Universitas Hasanuddin ini adalah salah satu penerima manfaat dari program Beastudi Etos, atau biasa disebut dengan Etoser. Marlina menjadi Etoser sejak 2014 lalu. Setiap bulan, Marlina mendapatkan uang saku dari Beastudi Etos yang ia terima. Uang saku ini ia sisihkan untuk membeli alat-alat pemeriksaan kesehatan standar.

 

Setelah mendapatkan peralatan lengkap, Marlina ketika pulang kampung ke desanya di Makassar membuka pintu rumahnya untuk para tetangga yang ingin mengetahui kondisi kesehatan mereka secara gratis. Tak jarang Marlina juga memberikan konsultasi kesehatan secara cuma-cuma. Prestasi Marlina yang cemerlang di kampus membuatnya memiliki kompetensi mumpuni untuk melakukan aksinya ini.

 

Marlina merupakan bagian dari 2.305 Etoser dan alumni Etoser di 20 kampus favorit seluruh Indonesia, yang mendapatkan kemanfaatan dari dana zakat. Dana masyarakat ini dikelola oleh Dompet Dhuafa Pendidikan dan didayagunakan salah satunya melalui program Beastudi Etos.

 

Beastudi Etos sendiri merupakan program yang mengambil peranan dalam upaya menumbuhkan profil kontributif dalam diri para Etoser, sebagai target pengembangan diri mereka. Kontribusi adalah mata rantai yang tidak terpisahkan dari nilai kebermanfaatan yang menjadi value Dompet Dhuafa.

 

Kebermanfaatan tidak boleh hanya berhenti pada para penerima manfaat saja, akan tetapi perlu diperluas kepada orang yang berada di sekitar mereka. Hal ini seperti apa yang dilakukan Marlina di atas, juga teman-teman Etoser yang lain.

 

 

Komentar via Facebook