Gunung Kidul Menginspirasi

0
435

Ada kisah menarik yang kami alami ketika sedang melaksanakan agenda ETOS Road To School (ERTS) di Gunung Kidul. Kala itu kami berkumpul di Masjid Agung Wonosari dan terbagi dalam empat tim kecil, masing-masing tim ada yang ke Karangmojo, ke Panggang, ke Gedangsari, ke Semin untuk sosialisasi dan sebar surat izin.

Hari mulai gelap, jalan mulai sepi, udara semakin pengap, gerimis pun mulai datang menyapa kami. Teringat betul kala itu waktu menunjukkan pukul 16.30 sore dan serasa tidak mungkin dengan kondisi kami pada waktu itu untuk kembali ke Jogja. Suntuk, lelah, lapar, kehujanan, emosi, semua itu kami rasakan. Akhirnya, kami memutuskan mencari tempat untuk menginap, dan Rumah Allah menjadi pilihan kami untuk bermalam sebelum besok harus mampu mengembalikan semangat dan kembali menginspirasi.

_________

Masjid Darusallam Wonosari menjadi tempat motor kami berhenti, dengan harap-harap cemas kami diizinkan menginap dan beristirahat di rumah-Nya ini. Tak disangka ketua takmir masjid tersebut datang menghampiri, beliau menyambut kami dengan ramah dan sedikit penasaran karena kami semua terlihat muka lusuh dengan baju basah. Beliau langsung menunjukkan kamar mandi dan mempersilakan kami masuk. Alhamdulillah berkah-Mu ya Rabb..

_________

“Pak Agus,” jawab beliau ketika saya bertanya namanya. Saya berbincang dengan beliau cukup lama, sampai tiba pada pertanyaan “Adik-adik  ini rombongan mau ke mana? Ada acara apa?”. Saya menceritakan kondisi kami dan tanpa ragu saya meminta izin untuk bisa bermalam di masjid ini. Tanpa berpikir panjang, beliau mengizinkan kami untuk bermalam di sana. Alhamdulillah …

_________

Kebetulan di masjid tersebut akan berlangsung kajian rutin ba’da Magrib yangg akan dihadiri warga di sekitar masjid. Inisiatif kami untuk kemudian membantu pelaksanaan kajian tersebut, mulai jadi muazin, bantu menyiapkan makanan ringan, menyeduh teh, menyiapkan tempat, sampai ikut bantu beres-beres. Alhamdulillah …

_________

Warga sekitar yang datang kajian mulai penasaran dengan kami, karena mungkin kami terlihat asing bagi mereka. Percakapan diantara kami dan warga pun bermula “dek, nembe KKN nggih?  Dek, kuliah ting pundi?” Ada acara apa dek?” Kami dengan senang hati menjawab semua pertanyaan itu, karena dari sini kami bisa merasakan kehangatan dan keramahan dari masyarakat. Hingga sampai pada pertanyaan “adek-adek  nginep di mana?” tanya seorang ibu. “Di Masjid ini buk,” jawab salah satu anggota tim ERTS Gunung Kidul.

________

Entah apa yang menggerakkan hati beliau ini, tiba- tiba mendatangi kami ketika kajian selesai. Alhamdulillah, tak hentinya- hentinya saya tersenyum lebar melihat bagaimana warga peduli dengan  menawarkan untuk menginap di rumah mereka.

Hati ini bergetar, begitu indahnya ketetapan Allah. Selalu dipermudah setiap langkah kami oleh-Nya. Niat baik ini semakin dimantapkan oleh kemudahan yang diberikan oleh-Nya. Memang benar, jika ada niat baik InshaAllah jalan pun akan terbuka lebar.

Ya Rabb, Luruskan selalu niat kami, berilah kemudahan disetiap langkah kami. Ya Allah, jadikan lelah ini Lillah, semoga lelah ini berkah.

Dari kami untuk siapapun kalian, semangat untuk tetap menebar kebermanfaatan! ERTS 2018? Kuliah Tak Gentar!

Gunungkidul, 18 Januari 2018

Dadang Hidayat, PM Beastudi Etos Jogja 2016

 

Komentar via Facebook
BAGIKAN