Hei Kamu Calon Pemimpin Strategis, Baca Tulisan Ini yuk!

0
24

Hei Kamu Calon Pemimpin Strategis, Baca Tulisan Ini yuk!

 

Seorang dengan kemampuan untuk memimpin sangat dibutuhkan  dalam berbagai aspek kehidupan. Komunikasi yang baik antara  pemimpin dan jajaran dibawahnya merupakan salah satu kunci sukses suatu kepemimpinan dalam berorganisasi. Namun, sebelum kita menjadi seoarang pemimpin maka kita harus menjadi pengikut yang baik. Pengikut yang baik merupakan orang yang berani mengatakan baik dan buruknya suatu kepemimpinan. Sedangkan kepemimpinan strategis adalah kemampuan seseorang untuk mengantisipasi, memimpikan, mempertahankan fleksibilitas, berpikir secara strategis, dan bekerja dengan orang lain untuk memulai perubahan yang akan menciptakan masa depan yang lebih baik bagi organisasi.Organisasi juga harus melihat arah perubahan lingkungan yang pasti dan yang tidak pasti. Artinya, organisasi adaptif atas perubahan yang terjadi pada lingkungan sekitarnya. Oleh karena itu, suatu organisasi haruslah mengembangkan strategi dalam mengadaptasi perubahan lingkungan, termasuk strategi dalam melakukan kontrol terhadap lingkungan. Untuk itu perlu kiranya merencanakan perubahan organisasi, termasuk di dalamnya yaitu mengembangkan organisasi.

Urgensi kepemimpinan strategis dalam organisasi sangat penting. Menurut Mudrajad Kuncoro, model kepemimpinan strategis mencakup dua aksi yaitu:

  1. Membimbing organisasi dalam menghadapi perubahan yang terus menerus, dan
  2. Menawarkan keahlian manajemen untuk mengatasi perubahan yang terus menerus. Inti dari kedua aksi itu, bermuara pada perumusan strategic intent (artikulasi atau karakteristik yang ingin dicapai organisasi), pengembangkan organisasi, serta pembentukan kultur organisasi.

Seorang pemimpin harus memiliki arah yang strategik dengan didukung oleh visi dan misi jangka panjang. Arahan yang jelas tersebut akan mampu membawa organisasi untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Selain itu, seorang pemimpin strategik harus membuktikan bahwa kompetensi organisasi yang ditekankan melalui usaha penerapan strategi melalui summer day and manusia yang berkompeten dan kompetitif. Modal sumber daya ini menjadi sumber kapital suatu organisasi dimana selurh jajarannya memiliki komitmen yang dapat dipertanggung jawabkan. Dengan demikian akan tercipta yang dinamis dalam kepemimpinan strategik.

Pada sisi lain, seorang pemimpin harus memiliki reputasi dan kredibilitas yang baik sehingga dia mampu menginspirasi serta memotivasi orang-orang di sekitarnya. Dalam upaya pencapaian arahan yang strategik pun, pemimpin harus menyadarkan setiap orang betapa pentingnya sebuah perubahan. Tidak cukup sampai disana saja, seorang pemimpin dapat menganalisa dan mengantisipasi perubahan-perubahan yang ada sehingga langkah-langkah yang tepat dapat diambil dengan baik. Dinamisasi perubahan tersebut dapat menjadi suatu keuntungan terhadap organisasinya. Ketepatan sikap yang diambil terhadap perubahan yang ada bergantung dari arahan pemimpin. Kolaborasi yang baik antara pemimpin dan anggotanya dalam suatu organisasi juga menciptakan suatu kepemimpinan yang strategik dimana pemimpin mengarahkan pergerakan dan anggotanya mengoptimalkan pergerakan tersebut bersama dengan pimpinannya.

Komentar via Facebook
BAGIKAN