Ini Dia Urgensi Kepemimpinan Strategis yang Kita Butuhkan

0
50

Kepemimpinan strategis merupakan pola kepemimpinan yang mampu menganalisis masa depan suatu organisasi. Analisis dilakukan untuk menggerakan suatu organisasi sehingga melangkah jauh dalam mencapai visi dan misinya. Seorang pemimpin dalam kepemimpinan strategis mampu mengantisipasi dan berpikir strategis pada setiap kemungkinan yang akan dihadapi dalam suatu organisasi. Pemimpin strategis bergerak fleksibel, memberikan arah, dan bekerja sama dengan orang lain, serta memaksimalkan kemampuan setiap individu didalamnya. Kepemimpinan strategis dilakukan oleh pemimpin-pemimpin yang memiliki kredibilitas, integritas, keterampilan yang tidak biasa, dan cerdas dalam menelaah setiap tantangan yang ada.

Pemimpinan strategis merupakan pemimpin degan tingkat teratas, setelah pemimpin kelompok dan pemimpin operasional. Oleh karena itu, cakupan pemimpin strategis lebih luas dan mencakup organisasi secara keseluruhan. Saat ini, perkembangan dalam setiap aspek kehidupan semakin kompleks, terjadi perubahan yang dapat dapat bergeser dengan cepat sewaktu-waktu, sehingga banyak perubahan yang sulit diprediksi dan diatasi dengan tepat.

Kepemimpinan strategis berfungsi untuk mendesain dan membentuk organisasi sesuai dengan visi dan misi yang ingin dicapai. Dalam pelaksanaannya, kepemimpinan strategis bergerak bersama untuk mencapai tujuan dengan mengembangkan setiap individunya. Kepemimpinan strategis tidak lupa memfokuskan tujuan melalui evaluasi, sehingga efektivitas kepemimpinan dapat terukur. Kepemimpinan strategis tidak mudah dilakukan namun sangat mungkin tercapai.

Bill Gates adalah salah satu contoh nyata yang mampu menggerakan bisnisnya dengan kepemimpinan strategis. Semua orang mengenal Bill Gates sebagai orang terkaya atas aset dari bisnis Microsoft yang dimilikinya. Bill gates berjuang tanpa lelah untuk membesarkan serta mengembangkan bisnisnya. Bergerak menuju visi perusahaan dengan kreativitas tanpa batas. Bill Gates terus melakukan transformasi kepemimpinan pada bisnis yang ia lakukan hingga mampu bersaing dengan kompetitor yang begitu banyak.

Kepemimpinan strategis sendiri telah banyak diperlihatkan pada sejarah Islam, diantaranya Sultan Mehmed II atau Muhammad Al-Fatih. Muhammad Al-Fatih merupakan seorang jenderal perang yang dikenal sebagai “Sang Penakluk” dalam sejarah perang Islam. Muhammad Al-Fatih merupakan sosok pemimpin yang sangat cerdas dalam membuat taktik dan strategi perang. Sehingga pada masanya, Islam mampu menaklukan Konstantinopel sebagai sebuah kemenangan yang begitu besar dan berharga.

Penerapan kepemimpinan strategis dilakukan pada setiap aspek kehidupan. Mulai dari organisasi terkecil hingga terbesar, baik di dunia politik hingga bisnis. Strategi kepemimpinan yang tepat akan membawa suatu organisasi tersebut pada titik keberhasilan atas tercapainya visi dan misi yang didesain. Oleh karena itu, kepemimpinan strategis sangat dibutuhkan dan memiliki peran penting dalam suatu organisasi untuk mencapai tujuannya

BAGIKAN

LEAVE A REPLY